Gadget

Cara Memindahkan SMS dari HP Android ke iOS, Praktis

Gunakan cara memindahkan SMS dari HP Android ke iOS ini, mudah kok.

Agung Pratnyawan

Ilustrasi SMS. (Pixabay)
Ilustrasi SMS. (Pixabay)

Hitekno.com - Ganti smartphone ketika model terbarunya rilis sudah menjadi hal yang umum di masyarakat. Meski begitu, tak sedikit masyarakat yang masih bingung bagaimana cara transfer data dari HP lama ke HP baru. Data yang disimpan biasanya penting dan tidak boleh dihapus atau hilang, salah satunya SMS.

Meski komunikasi telah beralih ke tren pesan instan seperti WhatsApp, Telegram, Line, dan sebagainya, namun tak sedikit pula pengguna yang masih menggunakan pesan singkat atau SMS. Selain itu, bisa saja kamu memiliki SMS yang cukup penting sehingga perlu untuk dicadangkan dan dipindahkan ke perangkat baru.

Terdapat beberapa cara memindahkan SMS dari HP lama ke HP baru yang bisa kamu lakukan, baik dengan menggunakan aplikasi khusus, atau dengan memanfaatkan fitur yang sudah tersedia pada smartphone kamu.

Berikut cara memindahkan SMS dari HP Android ke iOS yang HiTekno.com rangkum untuk kamu.

Cara Memindahkan SMS dari HP Android ke iOS dengan Aplikasi Move to iOS

Cara memindahkan SMS dari HP Android ke iOS setelah mengunduh aplikasi ini, kamu hanya perlu menghubungkannya melalui sambungan Wifi. Jika terhubung, maka kamu perlu memasukkan enam digit kode verifikasi untuk melanjutkan proses pemindahan pesan.

Cara Memindahkan SMS dari HP Android ke iOS dengan Aplikasi di Desktop

Cara memindahkan SMS dari HP Android ke iOS kedua dalam untuk memindahkan SMS dari Android ke iOS ialah dengan menggunakan aplikasi di desktop.

Ilustrasi SMS. (Pixabay)
Ilustrasi SMS. (Pixabay)

Aplikasi seperti Backuptrans dan Mobiletrans dikatakan dapat memindahkan pesan SMS dengan mudah. Sayangnya, aplikasi ini bersifat premium atau berbayar.

Cara Memindahkan SMS dari HP Android ke iOS

  1. Pilihlah Menu Pindahkan Data di Menu App juga Data di Android
  2. Kamu bisa mencari aplikasi backup SMS untuk dipindahkan ke HP iOS seperti SMS Backup & Restore, X-Transfer, atau Smart Transfer, lalu buka menu Pindah ke iOS pada Android.
  3. Pilih Lanjutkan, baca syarat dan ketentuan yang ada, kemudian pilih setuju, dan mulailah membackup semua data SMS pada HP Android, untuk dipindahkan ke HP iOS.
  4. Cara memindahkan SMS dari HP Android ke iOS pada beberapa aplikasi, tunggu sampai kode yang kamu minta muncul, biasanya berjumlah enam sampai sepuluh digit. Jika ada peringatan koneksi internet lemah, lebih baik abaikan saja.
  5. Masukkan kode yang kamu terima tersebut di perangkat Android, dan tunggu hingga verifikasi berhasil, dan transfer data muncul.
  6. Pada menu Transfer Data, kamu bisa memilih berikutnya dan tunggu sampai pemuatan di iOS selesai.
  7. Cara memindahkan SMS dari HP Android ke iOS kemudian kamu bisa memilih data mana yang ingin kamu transfer ke HP yang baru, kamu tinggal menunggu hingga proses selesai.
  8. Pilih 'Selesai' di kedua perangkat, lalu pilih 'Lanjutkan' dan ikuti langkah yang muncul di layar.

Mudah kan memindahkan SMS dari HP Android ke iOS. Cara ini memang simpel dan tidak ribet untuk dilakukan. Selamat mencoba.

Kontributor: Afifah Cinthia Pasha

Berita Terkait