Gadget

Tawarkan Performa Kencang, MediaTek Dimensity 2000 Siap Rilis Tahun Depan?

Chipset bersistem fabrikasi 4 nm ini menawarkan efisiensi daya yang lebih baik.

Rezza Dwi Rachmanta

Logo MediaTek. (MediaTek)
Logo MediaTek. (MediaTek)

Hitekno.com - MediaTek dikabarkan sedang mengembangkan chipset kencang dengan sistem fabrikasi 4 nm. Mengusung nama komersial sebagai MediaTek Dimensity 2000, chipset ini diprediksi dapat meluncur pada awal tahun depan.

Seorang leaker di Weibo mengungkapkan bahwa chip 4 nm MediaTek Dimensity 2000 tersebut bakal diproduksi oleh TSMC.

Selain itu, ia membocorkan bahwa MediaTek telah mendistribusikan beberapa sampel chip ke mitra untuk pengujian internal.

Jika semuanya berjalan dengan lancar, smartphone pertama dengan Dimensity 2000 akan muncul di pasar pada awal 2022. Dilansir dari Gizchina, Dimensity 2000 bakal mengadopsi arsitektur ARM V9 baru serta core Cortex-X2.

Oleh sebab itu, kinerja SoC ini tidak akan berbeda dengan chip Qualcomm yang datang pada 2022 mendatang. Dibandingkan core Cortex X1 yang digunakan pada Snapdragon 888, kinerja core X2 juga akan meningkat setidaknya sebesar 17 persen.

Ilustrasi chipset MediaTek Dimensity 5G. (Gizchina)
Ilustrasi chipset MediaTek Dimensity 5G. (Gizchina)

Konsumsi daya diharapkan berkurang 10 persen yang berarti efisiensi energinya lebih baik. Tak hanya itu, peningkatan kinerja core A710 dan A510 juga sangat signifikan.

Leaker membocorkan bahwa grafis dari MediaTek Dimensity 2000 bakal lebih kuat dibandingkan Snapdragon 888. Selain GPU lebih bagus, konsumsi dayanya juga akan jauh lebih baik. Tak hanya lebih kencang dari Dimensity 1200, namun chipset terbaru MediaTek diharapkan lebih kuat dari Snapdragon 888 series.

Chip MediaTek Dimensity 1200. (MediaTek)
Chip MediaTek Dimensity 1200. (MediaTek)

Chip 4 nm dari MediaTek memakan biaya produksi lebih mahal dibandingkan chipset 5G kelas atas saat ini. Laporan terbaru mengklaim bahwa chipset anyar dari MediaTek dapat dibanderol dengan harga 80 dolar AS atau Rp 1,1 juta.

Menurut beberapa bocoran liar yang beredar, perangkat dengan chipset MediaTek Dimensity 2000 dapat dibanderol mulai dari 464 dolar AS atau Rp 6,6 juta. Jika bocoran di atas benar, persaingan chipset kelas atas bakal semakin menarik di tahun depan.

Berita Terkait