Gadget

Tips dan Trik Reset Factory Laptop Paling Ampuh

Sebelum Reset Factory Laptop, perhatikan beberapa hal berikut ini.

Agung Pratnyawan

Ilustrasi laptop. (Pixabay/Free-Photos)
Ilustrasi laptop. (Pixabay/Free-Photos)

Hitekno.com - Berikut ini adalah tips dan trik reset factory laptop terampuh yang bisa kamu coba. Jika kamu berhasil, maka kondisi jeroan perangkat kamu akan kembali seperti baru.

Performa PC dan laptop akan semakin lemot seiring berjalannya waktu. Pernahkan kamu menemui kasus ketika laptopmu tidak bisa membuka aplikasi tertentu?

Atau ketika sedang membuka aplikasi, laptop kamu tiba-tiba eror? kemungkinan aplikasi tersebut tidak support dengan Windows 10.

Cara untuk mengatasinya yaitu dengan menuninstall kemudian install kembali aplikasi tersebut.

Atau dengan melalukan factory reset untuk mengembalikan notebook atau PC seperti baru lagi. Cara ini berguna agar aplikasi yang sempat eror bisa bekerja dengan leluasa di perangkat kamu.

Kamu tidak perlu melakukan instal ulang secara menyeluruh. Hanya cukup reset Windows 10, maka penyebab komputer lemot akan hilang.

Sebelum melalukan factory reset, pastikan laptop tersambung ke adaptor untuk menghindari kehabisan baterai dan tiba-tiba mati saat proses reset sedang berjalan.

Ilustrasi laptop. (Pixabay)
Ilustrasi laptop. (Pixabay)

Setelah semua siap, silahkan melalukan langkah-langkah Reset Factory Laptop di bawah ini:

  1. Pertama, tekan tombol Windows dan pilih setting.
  2. Kemudian pilih Update & Security.
  3. Lalu pilih Recovery pada bar navigasi di sisi kiri.
  4. Setelah itu klik Get started untuk reset PC.
  5. Pilih Keep my Files atau Remove everything sesuai dengan kebutuhan kamu (keep artinya menyimpan file, jika remove maka seluruh file kamu akan hilang.
  6. Jika kamu memiliki lebih dari satu hard drive, kamu akan diberikan opsi Only the drive Windows 10 is installed atau All drives.
  7. Pilih Just remove my files dan Remove files and clean the drive. (Just remove my files merupakan proses reset yang lebih cepat. Namun opsi ini kurang aman karena ada potensi bahwa file yang telah dihapus masih bisa dipulihkan. Sementara Remove files and clean the drive akan memakan waktu lebih lama untuk menjalankannya selama beberapa jam. Sebab proses ini memeriksa dan membersihkan file secara menyeluruh. Sehingga orang lain sulit untuk recovery file yang telah dihapus tersebut. Jika kamu berencana menjual PC Windows 10 Anda, maka opsi ini akan menjadi pilihan yang lebih aman).
  8. Selanjutnya Microsoft akan memberi tahu kamu bahwa factory reset ini menganjurkan kamu untuk menginstal ulang Windows 10.
  9. Klik Next
  10. Klik reset dan biarkan prosesnya berjalan. Proses ini membutuhkan waktu 30 menit bahkan beberapa jam tergantung opsi yang kamu pilih.

Begitulah tips dan trik reset factory laptop versi tim Hitekno.com. Jika kamu berhasil, maka laptop kamu akan kembali seperti pengaturan pabrik alias baru.

Kontributor: Damai Lestari

Berita Terkait