Gadget

Sebelum Beli, Kenali Beda Chromebook dengan Laptop

Jangan sampai salah beda Chromebook dengan Laptop.

Agung Pratnyawan

Lenovo Chromebook 300e. (Lenovo)
Lenovo Chromebook 300e. (Lenovo)

Hitekno.com - Tahukah kamu beda Chromebook dengan Laptop meski bentuknya hampir sama namun kamu perlu tahu sebelum memutuskan untuk membeli Laptop atau Chromebook, cek informasi selengkapnya berikut ini.

Beda Chromebook dengan Laptop hanya terletak pada sistem operasi yang digunakan saja. Jika pada laptop menggunakan sistem operasi Windows atau Mac, maka pada Chromebook menggunakan sistem operasi Chrome OS. Bentuk fisik Chromebook dengan Laptop memang hampir sama, jadi wajar saja kalau kamu sulit membedakan antara Chromebook dengan laptop biasa. Tentunya chromebook dengan laptop memiliki kelebihannya masing-masing.

Chromebook sangat mudah untuk kamu gunakan karena tidak memerlukan update software apapun sehingga bisa langsung memakainya. Sebagai bahan pertimbangan utama dalam memilih Chromebook atau laptop adalah dengan mengetahui perbedaan antar keduanya.

Chromebook menjadi rekomendasi bagi kamu yang membutuhkan perangkat berbasis cloud dengan akses ke layanan Google, karena kinerja Chromebook yang lebih cepat dibanding laptop.
 
Sedangkan Laptop cocok untuk kamu yang sering melakukan banyak aktivitas seperti mengerjakan tugas, belajar, bermain game, hiburan, dan aktivitas lainnya. Karena ada berbagai aplikasi atau software yang bisa kamu install di laptop.

Untuk kamu yang masih bingung dengan perbedaan keduanya, berikut ini adalah Beda Chromebook dengan Laptop :

1. Kebutuhan koneksi internet

Hal utama yang membedakan Chromebook dan laptop adalah kebutuhan koneksi internet. Chromebook harus selalu terhubung dengan internet agar berjalan maksimal selama digunakan. Sehingga hal ini akan cukup merepotkan jika Chromebook digunakan di area dengan jaringan internet yang buruk atau bahkan tidak ada. Beberapa fitur aplikasi tidak akan berfungsi jika kamu tidak terhubung dengan koneksi internet.

Berbeda dengan laptop, bagi pengguna laptop tidak ada koneksi internet bukan masalah besar jika ingin melakukan pekerjaan seperti mengetik dokumen atau membuat file presentasi. Banyak aktifitas yang masih bisa kamu lakukan dengan laptop apabila tidak tersedia koneksi internet

Acer Chromebook 311. (Acer)
Acer Chromebook 311. (Acer)

2. Kapasitas penyimpanan

Chromebook umumnya menggunakan prosesor dengan kemampuan lebih rendah dibanding laptop biasa. Ukuran penyimpanan Chromebook lebih mirip dengan penyimpanan smartphone, misalnya kapasitas 16 GB, 32 GB, atau 64 GB. Cukup atau tidaknya kapasitas penyimpanan Chromebook bergantung pada seberapa banyak file dan aplikasi yang tersimpan.

Biasanya, Chromebook memiliki slot microSD untuk memperluas ruang penyimpanan. Tapi, kamu juga bisa memilih menyimpan file di dalam cloud untuk menghemat konsumsi memori internal. Sementara laptop, memiliki ruang penyimpanan SSD dengan kapasitas mulai dari 128 GB hingga 4 TB. Selain SSD, tidak sedikit laptop yang juga masih menggunakan hard-disk drive (HDD).

3. Harga

Alasan utama mengapa Chromebook menjadi sangat populer adalah harganya yang lebih murah dibandingkan dengan laptop. Laptop berbasis Windows memiliki lebih banyak variasi harga.

Harga laptop yang termurah akan sama dengan harga Chromebook, tetapi laptop dengan harga murah berperforma rendah.

4. Tampilan Layar

Chromebook dikenal karena layar yang lebih kecil, biasanya berukuran sekitar 10,5 hingga 12 inci, ada juga Chromebook dengan layar hingga 15 inci. Sedangkan Laptop biasanya memiliki ukuran kisaran 12 hingga 15 inci, dan beberapa laptop high-end menampilkan layar 17 inci.

Selain ukuran layar, Resolusi layar juga menentukan seberapa tajam gambar akan terlihat. Chromebook 10,5 dan 12 inci biasanya akan menampilkan resolusi layar yang lebih rendah daripada laptop.

ASUS Chromebook Flip C214. (Asus)
ASUS Chromebook Flip C214. (Asus)

5. Penggunaan aplikasi Office

Laptop menggunakan aplikasi Microsoft Office seperti Word, Excel, dan Power Point untuk mendukung aktivitas kerja. Bahkan pengguna MacBook pun biasanya akan memasang software tersebut pada perangkat mereka.

Di sinilah Perbedaan Chromebook dengan Laptop. Chromebook memang tidak menyediakan akses aplikasi software Microsoft Office. Namun, sebagai gantinya, kamu bisa menggunakan Google Docs, Slides, dan Sheets yang tidak kalah powerful. Fitur – fitur pendukungnya pun tidak kalah lengkap dari Microsoft Office.

6. Daya tahan baterai

Chromebook dikenal dengan ketahanan baterainya yang lebih awet dibanding laptop. Rata - rata Chromebook memiliki daya tahan baterai selama sekitar 9 jam penggunaan. Sedangkan masa pakai rata - rata baterai laptop adalah hingga 6 jam.

Itulah Beda Chromebook dengan Laptop yang bisa jadi bahan pertimbangan untuk kamu. Jadi, setelah mengetahui Perbedaan Chromebook dengan Laptop, mana yang lebih bagus menurut kamu? 

Kontributor: Jeffry francisco

Berita Terkait