Gadget

Sebelum Beli, Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Chromebook

Dengan mengetahui Kelebihan dan kekurangan Chromebook ini, bisa jadi pertimbangaan saat membeli.

Agung Pratnyawan

Samsung Chromebook 4. (Samsung)
Samsung Chromebook 4. (Samsung)

Hitekno.com - Inilah Kelebihan dan kekurangan Chromebook yang mungkin kamu harus tahu sebelum memutuskan untuk membelinya sebagai alat untuk meningkatkan produktivitasmu.Mungkin masih banyak yang belum tau ya karena pengguna Chromebook memang belum banyak di kalangan masyarakat luas.

Chromebook bentuknya tidak jauh berbeda dengan notebook atau laptop. Chromebook merupakan sejenis laptop yang dirancang untuk menyelesaikan berbagai hal dengan lebih cepat dan lebih mudah. Chromebook menjalankan Chrome OS, sistem operasi dengan penyimpanan cloud, memiliki fitur terbaik dari Google di dalamnya, serta keamanan berlapis

Beberapa merk Chromebook yang cukup terkenal di Indonesia adalah Acer, Asus, HP, Lenovo, bahkan Samsung. Chromebook sangat cocok untuk keperluan para pelajar dan juga pekerja yang selalu terhubung dengan jaringan internet.

Chromebook memiliki beberapa fitur menarik yang mungkin tidak kamu temui di OS lainnya. Nah, sebelum kamu memutuskan untuk membeli Chromebook ada baiknya kamu mengenal lebih jauh tentang berbagai kelebihan dan kekurangan Chromebook.

Beberapa kelebihan Chromebook diantaranya :

  1. Harga Yang Relatif lebih Murah
    Faktor harga menjadi salah satu faktor penentu, untuk Chromebook sendiri harganya bisa dibilang cukup murah, harganya mulai dari 3 jutaan saja
  2. Body Yang Tipis dan Ringan
    Salah satu kelebihan lainnya dari Chromebook adalah dalam hal kemudahan untuk dibawa ke mana - mana. Hal ini karena rata - rata chromebook memiliki ukuran yang tipis dan tentunya bobotnya juga ringan
  3. Tampilan yang sederhana dan mudah digunakan
    Chrome OS menghadirkan user interface (UI), dengan tampilan UI yang sederhana ini, kamu bisa dengan mudah menemukan aplikasi yang dibutuhkan lewat menu yang tersedia. Sekilas, tampilannya mirip Android
  4. Baterai yang tahan lebih lama
    Chromebook bisa kamu gunakan hingga 12 jam dalam sekali charge. Perlu kamu ketahui kalau daya tahan baterai akan menurun seiring dengan umur dan kondisi saat penggunaan.
  5. Bisa diakses secara offline
    Salah satu keunggulan Chromebook yaitu meskipun kamu tidak terhubung ke Internet, kamu tetap bisa melakukan berbagai hal menggunakan Chromebook. 
    Beberapa aplikasi yang bisa kamu gunakan saat tidak terhubung ke Internet yaitu: Membaca dan menulis email dengan Gmail Offline, Menulis catatan atau membuat daftar dengan Google Keep, Membuat dan mengedit dokumen, slide, atau spreadsheet menggunakan aplikasi Google Drive (Google Dokumen, Spreadsheet, dan Slide). 
    Melihat dan mengkonfirmasi kehadiran di acara dengan Google Kalender, Melihat dan mengedit foto yang tersimpan dengan editor foto dan Menikmati musik atau film dengan pemutar media.
  6. Bisa membuka dokumen Microsoft Office
     Chromebook juga bisa kamu gunakan untuk mengakses dokumen Microsoft Office, loh! Kamu bisa install aplikasi, seperti Microsoft Word, Excel dan Powerpoint lewat google Play Store.
  7. Punya dukungan fitur picture-in-picture
    Dengan Chromebook kamu bisa bekerja sambil menonton video looh. Jadi ketika kamu sedang bekerja, kamu bisa menampilkan sebuah jendela kecil yang terpampang di layar kamu untuk nonton video.
  8. Fitur backup secara otomatis
     Apabila kamu terhubung dengan jaringan internet, Chromebook akan melakukan backup secara otomatis terhadap dokumen yang kamu simpan. Kamu tidak perlu khawatir dengan dokumen yang ada di dalamnya apabila suatu saat Chromebook kamu rusak.  Cukup buka Google Drive, kamu bisa mengecek semua dokumen yang telah dibackup sebelumnya.
  9. Terhindar dari malware
    Chrome OS yang terpasang di laptop Chromebook telah menggunakan fitur Verified Boot. Setiap kali laptop Chromebook dinyalakan, sistem akan mengecek keamanan, termasuk aplikasi yang berjalan di background demi mencegah malware masuk.
  10. Menjalankan aplikasi Android
    Menjalankan aplikasi Android bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan di Chrome OS. Kamu bisa memasang berbagai aplikasi Android yang tersedia di toko aplikasi tersebut. Jadi kamu bisa install aplikasi Zoom, Google Meet, Microsoft Team atau aplikasi Android lainnya di Chromebook kamu.
  11. Booting yang kencang
    Tak perlu khawatir ketika membuka Chromebook harus menunggu loading yang lama. Chrome OS bisa boot atau mencapai layar utama ketika pertama kali dinyalakan dengan cepat hanya dalam hitungan detik.

Nah, itu dia beberapa kelebihan Chromebook yang bisa membuat kamu berpaling dari laptop biasa ke Chromebook. 

Namun selain memiliki sejumlah kelebihan yang disebutkan diatas, tentunya Chromebook juga memiliki sejumlah kekurangan. 

Samsung Chromebook 4. (Samsung)
Samsung Chromebook 4. (Samsung)

Berikut ini adalah beberapa kekurangan Chromebook :

  1. Aplikasi yang sangat terbatas
    Aplikasi - aplikasi komputer yang biasa berjalan di Windows maupun MacOS akan sulit kamu temukan pada Chromebook. Meskipun begitu, kamu bisa mencari alternatif lain dengan menggunakan versi Android dari aplikasi yang ingin kamu gunakan
  2. Chromebook tidak mengizinkan kamu menginstall aplikasi dari pihak ketiga
    Semua aplikasi web maupun Android di Chromebook akan terdistribusi melalui saluran resmi milik Google, termasuk Chrome Web Store maupun Play Store. Itu semua dilakukan agar Chromebook lebih aman dan nyaman ketika kamu gunakan
  3. Ruang Penyimpanan Chromebook sangat terbatas
    Chromebook mempunyai ruang penyimpanan hardisk / ssd sebesar 16 GB saja atau 32 GB saja. Apabila kamu memerlukan ruang lebih luas untuk penyimpanan maka kamu bisa memanfaatkan layanan cloud seperti Google Drive, Google memberikan 15 GB penyimpanan di Google Drive atau kamu juga bisa menambahkan kartu memori eksternal pada Chromebook kamu
  4. Tidak direkomendasikan untuk bermain game menggunakan Chromebook
    Dengan spesifikasinya yang cukup rendah, Chromebook akan kesulitan untuk menangani game - game berat meski hanya versi seluler
  5. Hanya bekerja secara optimal saat terhubung dengan internet
    Karena pada dasarnya Chromebook ini menggunakan chrome browser sebagai user interface maka agar bisa bekerja secara maksimal, kamu harus terhubung dengan jaringan internet. Jadi chromebook ini kurang cocok jika dipakai di daerah - daerah yang minim koneksi internet

Itulah beberapa Kelebihan dan kekurangan Chromebook yang bisa menjadi bahan pertimbangan apabila kamu ingin membeli Chromebook.

Kontributor: Jeffry francisco

Berita Terkait