Gadget

Nongol di Geekbench, Microsoft Surface Go 3 Bawa Performa Lebih Cepat

Microsoft Surface Go 3 membawa performa lebih baik dibandingkan generasi pendahulunya.

Rezza Dwi Rachmanta

Microsoft Surface Go 2, generasi sebelum Microsoft Surface Go 3. (Microsoft)
Microsoft Surface Go 2, generasi sebelum Microsoft Surface Go 3. (Microsoft)

Hitekno.com - Microsoft diprediksi dapat merilis perangkat portabel 2-in-1 mereka dalam waktu dekat. Perangkat dengan nama komersial sebagai Microsoft Surface Go 3 sudah terlihat di Geekbench.

Daftar pada situs benchmark populer tersebut mengindikasikan spesifikasi menawan dan juga performa cepat pada tablet anyar Microsoft.

Bukan sepenuhnya tablet, perusahaan menyebutnya sebagai tablet-to-laptop mengingat perangkat dapat dijadikan laptop berkat keyboard mini yang dibawanya.

Pengujian di Geekbench menunjukkan bahwa kemungkinan terdapat dua versi Microsoft Surface Go 3. Salah satu model akan ditenagai oleh Intel Pentium Gold dengan RAM 4 GB.

Sementara varian lain bakal mengusung Intel Core i3 dengan RAM 8 GB. Ini tak mengagetkan karena perangkat sebelumnya juga terdiri dari dua varian prosesor yang berbeda.

Microsoft Surface Go 3 muncul di Geekbench. (Geekbench)
Microsoft Surface Go 3 muncul di Geekbench. (Geekbench)

Sebagai informasi, Microsoft Surface Go 2 yang dikenalkan pada Mei 2020 hadir dalam opsi Pentium Gold dan 8th Generation Core m3. Kembali pada kabar Microsoft Surface Go 3, skor single-core dan multi-core pada perangkat menunjukkan bahwa kedua model mengusung kekuatan mengesankan di dalamnya.

Dikutip dari Gizmochina, Microsoft Surface Go 3 dengan prosesor Pentium Gold mencetak skor single-core sebanyak 3.197 dan multi-core sebesar 5.643 poin.

Sebagai perbandingan, skor ini jauh melebihi kinerja Surface Go 2 yang mencetak 2.200 poin di tes single-core dan 4.400 poin untuk multi-core. Surface Go generasi anyar yang ditenagai Intel Core i3 juga mengusung performa lebih baik.

Surface Go 2. [YouTube/@Microsoft Surface]
Surface Go 2. [YouTube/@Microsoft Surface]

Perangkat mencetak skor 4.359 poin untuk tes single-core dan 7.643 poin pada tes multi-core. Pada bocoran terpisah, itu bukanlah satu-satunya perangkat portabel dalam jajaran Surface yang bakal dikenalkan oleh Microsoft.

Kabar pada pekan lalu menyebutkan bahwa Microsoft Surface Duo 2 juga telah muncul di Geekbench. Situs benchmark tersebut turut mengonfirmasi bahwa HP atau tablet yang dapat dilipat dari Microsoft ini bakal ditenagai oleh chipset kelas Qualcomm, Snapdragon 888.

Mengingat dua perangkat telah muncul di situs benchmark, kita berharap perusahaan dapat mengeluarkan teaser terkait Microsoft Surface Go 3 dan Microsoft Surface Duo 2 dalam waktu dekat.

Berita Terkait