Gadget

Bawa Chipset Flagship, Microsoft Surface Duo 2 Muncul di Geekbench

Apakah Microsoft Surface Duo 2 menawarkan performa kencang?

Rezza Dwi Rachmanta

Microsoft Surface Duo. (Microsoft)
Microsoft Surface Duo. (Microsoft)

Hitekno.com - Microsoft dikabarkan sedang bersiap merilis generasi anyar dari Surface Duo. Perangkat yang diyakini sebagai Microsoft Surface Duo 2 telah menampakkan diri di situs benchmark populer, Geekbench.

Dalam kolom deskripsi di Geekbench, terlihat jelas bahwa model yang diuji mengusung nama sebagai "Microsoft Surface Duo 2".

Situs benchmark tersebut turut mengonfirmasi bahwa HP atau tablet yang dapat dilipat dari Microsoft ini bakal ditenagai oleh chipset kelas Qualcomm, Snapdragon 888.

Microsoft Surface Duo 2 mencetak tes single-core sebesar 1.091 dan tes multi-core sebesar 3.517 poin. Sebagai perbandingan, Samsung Galaxy Z Fold3 5G memperoleh tes single-core sebanyak 971 poin dan tes multi-core sebesar 3.441 poin.

Tes di atas mengindikasikan bahwa perangkat portabel anyar dari Microsoft ini mempunyai performa cukup kencang di kelasnya. Dikutip dari GSMArena, Surface Duo yang diuji menjalankan sistem operasi Android 11 dan RAM 8 GB.

Microsoft Surface Duo 2 muncul di Geekbench. (Geekbench)
Microsoft Surface Duo 2 muncul di Geekbench. (Geekbench)

Berdasarkan bocoran, Microsoft dikabarkan berencana untuk meningkatkan kapasitas baterai, kamera, dan layar lebih besar untuk Surface Duo 2. Beberapa fitur seperti NFC, lift to wake, dan refresh rate diprediksi akan ditingkatkan pada perangkat selanjutnya.

Channel YouTube Tech Rat beberapa waktu lalu membagikan video mengenai perangkat yang diduga sebagai Microsoft Surface Duo 2. HP lipat anyar ini nampak memiliki desain mirip pendahulunya.

Perangkat mengusung dua layar terpisah dengan engsel di bagian tengah yang dapat berputar 360 derajat. Perubahan ada di bagian belakang di mana HP lipat tersebut membawa tiga kamera.

Microsoft Surface Duo. [AFP/Microsoft/Ho]
Microsoft Surface Duo. [AFP/Microsoft/Ho]

Jika bocoran ini benar, tentu hal tersebut adalah peningkatan signifikan mengingat perangkat sebelumnya hanya membawa satu kamera beresolusi 11 MP.

Sebagai informasi, Microsoft Surface Duo meluncur pada September 2020 dengan membawa panel AMOLED 8,1 inci beresolusi 1800 x 2700 piksel (rasio 3:2). Dalam kondisi terlipat, perangkat mempunyai layar AMOLED 5,6 inci beresolusi 1350 x 1800 piksel (rasio 4:3)

Meski tak terlalu mencolok atau laris di pasaran, Microsoft Surface Duo 2 diharapkan menawarkan fitur lebih baik sehingga dapat memperbaiki pangsa pasar dibandingkan generasi sebelumnya.

Berita Terkait