Games

Samsung Galaxy Z Flip3 Dibongkar, Begini Bagian Dalamnya

Jeroan Samsung Galaxy Z Flip3 memiliki komponen yang tersusun sangat rumit.

Rezza Dwi Rachmanta

Samsung Galaxy Z Flip3. (Samsung)
Samsung Galaxy Z Flip3. (Samsung)

Hitekno.com - Perusahaan telah meluncurkan HP layar lipat mereka, Samsung Galaxy Z Flip3 dan Z Fold3 beberapa waktu lalu. Mengingat perilisan hanya menampakkan bagian luar, kini kita dapat mengetahui bagaimana rupa bagian dalamnya.

Samsung Galaxy Z Flip3 dibekali dengan layar utama Dynamic AMOLED 2X berukuran 6,7 inci dengan resolusi Full HD+ (1080 x 2640). Fitur layar yang disematkan termasuk refresh rate 120 Hz, HDR10+, dan kecerahan hingga 1200 nits.

Terdapat layar Super AMOLED di bagian cover berukuran 1,9 inci (resolusi 260 x 512 piksel). HP layar lipat ini ditenagai chipset Snapdragon 888 5G bersistem fabrikasi 5 nm.

Samsung Galaxy Z Flip3 bisa dibanderol dengan harga mulai dari Rp 14.999.000. Channel YouTube PBKreviews baru saja mengunggah video yang berisi fase-fase pembongkaran bagian dalam Samsung Galaxy Z Flip3.

Dikutip dari GSMArena, prosedur pembongkaran dimulai dengan penggunaan heat gun di kedua sisi belakang yang memungkinkan kaca bagian belakang dilepas.

Jeroan Samsung Galaxy Z Flip3. (YouTube/ PBKreviews)
Jeroan Samsung Galaxy Z Flip3. (YouTube/ PBKreviews)

Setelah melepaskan kabel koneksi layar, beberapa sekrup dan kabel baterai, kita dapat melihat sisi atas perangkat. Bagian itu mencakup layar cover 1,9 inci, mainboard, kamera ganda dan baterai berkapasitas 930 mAH yang lebih kecil.

Total kapasitas baterai dari Samsung Galaxy Z Flip3 sendiri adalah 3300 mAh. Perlu dicatat bahwa mengeluarkan baterai bukanlah hal yang mudah karena Samsung tidak menyediakan tab penarik.

Pemilik channel PBKreviews harus menggunakan larutan alkohol untuk membebaskannya dari perekat.

Diperkenalkan di Indonesia pada Rabu (11/8/2021), harga Samsung Galaxy Z Flip 3 mulai Rp 15 juta. [Samsung Indonesia]
Harga Samsung Galaxy Z Flip 3 mulai Rp 15 juta. [Samsung Indonesia]

Area bagian dalam di bagian bawah ponsel memiliki bantalan grafit yang cukup besar untuk manajemen termal. Di sini, kita dapat melihat baterai 2.370 mAh, rakitan speaker dan port pengisian daya.

Terakhir, kita bisa melihat layar fleksibel sangat tipis yang berada di atas engsel lipat. Channel tersebut turut menjelaskan bahwa Samsung Galaxy Z Flip3 memiliki sistem cukup rumit sehingga perbaikannya membutuhkan langkah-langkah tertentu.

HP layar lipat itu mempunyai peringkat reparabilitas 4/10. Video pembongkaran bagian dalam Samsung Galaxy Z Flip3 bisa dilihat melalui LINK INI. 

Berita Terkait