Gadget

Cara Mengirim Video Lewat Telegram, Mudah dan Cepat

Gunakan cara mengirim video lewat Telegram ini, lebih mudah!

Agung Pratnyawan

Ilustrasi Telegram. (Pixabay)
Ilustrasi Telegram. (Pixabay)

Hitekno.com - Ingin tahu cara mengirim video lewat Telegram dengan mudah? Layanan chating satu ini memang mendukung untuk melakukannya.

Di bawah ini adalah langkah-langkah cepat dan super mudah yang bisa kamu lakukan untuk mengirim video lewat Telegram. Tutorial ini berguna buat kamu yang baru bergabung dengan aplikasi perpesanan pesaing WhatsApp tersebut.

Yup, Telegram bisa dibilang sebagai aplikasi perpesanan pemain WhatsApp. Sebab selain dua aplikasi tersebut, tampaknya belum ada yang memiliki jutaan pengguna.

Telegram sendiri mulai dilirik setelah WhatsApp mengeluarkan kebijakan baru beberapa waktu lalu. Banyak pengguna ragu jika kebijakan tersebut akan aman bagi data mereka.

Sama seperti WhatsApp, aplikasi Telegram juga memungkinkan kamu mengirim berbagai jenis file hanya dengan beberapa kali sentuh.

Mulai dari teks, video, audio, foto, bahkan dalam berbagai format file bisa kamu kirim melalui aplikasi ini.

Sebelum tahun 2017, developer tidak membekali aplikasi ini dengan fitur berbagi video. Namun karena mereka memprioritaskan keingginan pengguna, maka aplikasi berbagi video bisa dinikmati hingga kini.

Ilustrasi Telegram. (Shutterstock)
Ilustrasi Telegram. (Shutterstock)

Seperti halnya merekam suara, untuk merekam video juga, pengguna hanya menekan tombol tersebut.

Tetapi cara lain untuk merekam video ini tanpa menekan terus-terusan, yakni dengan menggeser tombol tersebut ke atas. Paling lama kirim pesan video ini durasinya sampai satu menit.

Selain mengirim video yang diambil secara langsung, kamu juga bisa mengirim file video yang sebelumnya sudah ada di ponsel kamu.

Berikut cara mengirim video lewat Telegram:

  • Buka aplikasi telegram terlebih dahulu, lalu pilih pengguna yang ingin kamu kirim video.
  • Selanjutnya tekan “ikon clip kertas” di sudut kanan bawah dan  akan muncul pilihan foto dan video didalam galeri seperti gambar dibawah ini.
  • Disini kamu hanya tinggal gulir dan cari file video yang ingin kamu kirim.
  • Setelah itu tekan video untuk menandai video tersebut.
  • Kilik kirim. Disini akan terlihat proses upload video, pastikan koneksi internet tidak terputus agar video tidak gagal terkirim.

Ada kabar baik buat kamu pengguna Telegram, sebab batasan ukuran video yang bisa kamu kirim melalui aplikasi ini adalah 2GB.

Angka tersebut tentu jauh dari ketentuan WhatsApp yang hanya memperbolehkan kamu mengirim maksimal video dengan ukuran 100mb.

Namun jika ternyata video kamu lebih besar dari itu, kamu bisa mengkompresnya dengan aplikasi compress gratis yang bisa dicari di PlayStore ataupun platform kompres online.

Itulah cara mengirim video lewat Telegram dengan mudah. Selamat mencoba!

Kontributor: Damai Lestari

Berita Terkait