Internet

Tingkatkan Kemampuan Diri Selama Pandemi Lewat Channel Telegram

Berbagai channel di Telegram membahas bermacam tips meningkatkan soft skill.

Dinar Surya Oktarini

Ilustrasi Telegram. (Pixabay/usolmz)
Ilustrasi Telegram. (Pixabay/usolmz)

Hitekno.com - Kita sudah memasuki pertengahan tahun 2021, namun tantangan pandemi COVID-19 masih belum kunjung usai. Kini, kita dituntut untuk bisa lebih beradaptasi dengan kebiasaan normal baru (new normal) dengan memakai masker saat bepergian, mencuci tangan dan menjaga kebersihan setiap saat, serta menghindari beraktivitas di luar rumah. Oleh sebab itu, tidak heran apabila kita sering merasa bosan, bingung, bahkan malas. Kalau sudah begitu, gimana ya solusinya? 

Telegram sebagai salah satu aplikasi layanan pesan instan menawarkan fitur channel yang menarik untuk kita coba ketika bosan di rumah saja. Khususnya bagi kamu yang ingin mencari kesempatan untuk terus mengembangkan diri dengan menambah skill atau mendapatkan pengetahuan baru selama pandemi.

Berbagai channel di Telegram membahas bermacam tips yang dapat membantu kita untuk terus meningkatkan kemampuan, baik soft skill maupun hard skill, lho. Penasaran? Yuk simak beberapa rekomendasi channel Telegram yang bermanfaat berikut ini! 

Ilustrasi Telegram. (Shutterstock)
Ilustrasi Telegram. (Shutterstock)

1.    Karir dan Pengembangan Diri  

Buat kamu para fresh graduate, pernah nggak sih merasa bingung saat mencari pekerjaan? Atau nggak tahu bagaimana caranya menyusun CV yang menarik di mata HRD? Nah, sekarang kamu nggak perlu khawatir lagi. Ada banyak channel di Telegram yang bermanfaat banget untuk menambah pengetahuan kamu seputar dunia kerja, lowongan pekerjaan, dan bahkan pelatihan. Beberapa rekomendasi channel Telegram yang bisa kamu coba, di antaranya @BisikanHRD, @tocpns, dan @skillacademyid. 

2.    Bisnis 
Selama pandemi, banyak orang yang memanfaatkan waktunya untuk mulai berbisnis. Namun, tentunya untuk bisa membuat sebuah bisnis yang berhasil perlu pengetahuan dan keterampilan terkait bidang bisnis yang mumpuni. Kalau kamu tertarik untuk mulai berbisnis, tapi masih bingung mulai dari mana, kamu juga bisa memanfaatkan channel Telegram untuk belajar, lho. Beberapa channel Telegram yang sering membagikan tips seputar bisnis, yaitu @OnlineBizSukses, @bisnisdigitalid, dan @bisnismillenial.  

3.    Bahasa Asing 

Pernah dengar kata ‘Polyglot’? Atau mungkin kamu familiar dengan YouTuber Fiki Naki yang jago berbahasa asing? Selain menambah skill untuk mempersiapkan diri di dunia kerja dan berbisnis, kemampuan bahasa asing juga sangat diperlukan di era digital dan globalisasi saat ini, teman-teman. Kalau kamu ingin coba metode belajar baru selain dengan menonton film atau membaca buku, kamu bisa menggunakan Telegram untuk belajar bahasa asing. Caranya, kamu bisa subscribe ke beberapa channel edukasi bahasa asing, seperti @Belajar_BahasaKorea, @bahasa_inggris_pemula, dan @BahasaJepang. Seru, kan? 

4.    Kecantikan 

Meskipun selama pandemi kita nggak bisa keluar rumah atau bepergian, bukan berarti kita nggak perlu tetap menjaga kecantikan. Betul kan, ladies? Daripada membiarkan alat-alat makeup atau skin care menganggur, kita bisa melatih kemampuan makeup kita di rumah. Selain dengan cara menonton tutorial di YouTube, kamu juga bisa mendapatkan tips dan trik kecantikan serta rekomendasi produk yang menarik di Telegram. Beberapa channel kecantikan yang bisa kamu ikuti, misalnya @KlikBiarCantik dan @skincareroleplayer. 

Nah, setelah mengetahui berbagai channel di Telegram yang edukatif dan bermanfaat, semoga masa-masa karantina kamu selama pandemi nggak membosankan, ya! Kamu juga bisa berikan informasi mengenai channel-channel tersebut ke teman, saudara, pacar, maupun keluarga kamu. Selamat mencoba! 

 Telegram adalah aplikasi pesan instan berbasis cloud di perangkat seluler dan desktop yang berfokus pada kecepatan dan keamanan. Dengan hampir 500 juta pengguna secara global, aplikasi Telegram dapat digunakan di beberapa perangkat pada saat yang sama - pesan dapat disinkronkan secara otomatis dengan mulus di ponsel, tablet, atau komputer Anda.

Dengan Telegram, pengguna dapat mengirim pesan, foto, video, dan semua jenis file (doc, zip, mp3, dll.) serta membuat grup hingga 200.000 anggota atau saluran untuk menyebarkan informasi ke jumlah penerima yang tidak terbatas. Pengguna dapat menulis ke kontak telepon dan menemukan orang lewat nama pengguna mereka. Telegram seperti campuran SMS dan email - dan dapat mengurus semua kebutuhan pesan pribadi atau bisnis Anda.

Untuk privasi ekstra, Telegram juga mendukung panggilan suara terenkripsi, dengan pengaturan lanjutan dan kebijakan yang revolusioner. Jika pengguna menginginkan privasi, Obrolan Rahasia (Secret Chat) di perangkat kami memiliki fitur Self-Distruct yang akan menghapus pesan, foto, dan video dengan sendirinya. Unduh aplikasi untuk iOS (9.0 ke atas), Android (4.1 ke atas), dan Windows Phone atau gunakan versi web Telegram atau pasang aplikasi desktop untuk Windows, macOS, dan Linux. 

Berita Terkait