Gadget

Desain Paten Anyar, Huawei Diprediksi Siapkan HP dengan Layar Gulung

Leaker membocorkan bahwa Huawei Mate X Rollable mengusung mekanisme magnetik.

Rezza Dwi Rachmanta

Logo Huawei. (Huawei)
Logo Huawei. (Huawei)

Hitekno.com - Desain paten terbaru yang bocor mengisyaratkan kemungkinan Huawei dalam mengerjakan HP dengan layar lipat. Leaker memprediksi terkait pengembangan HP flagship "Huawei Mate X Rollable".

Menurut blog teknologi LetsGoDigital, mereka menemukan bahwa Huawei telah mengajukan paten ke World Intellectual Property Office (WIPO) pada awal tahun ini.

Paten tersebut menggambarkan perangkat dengan layar gulung yang dilengkapi mekanisme magnetik. Mekanisme yang ada membantu dalam merenggangkan serta meratakan panel saat ditarik keluar.

Dengan kata lain, sistem magnetik ini akan mencegah layar yang ditarik dari kemungkinan melipat atau menekuk begitu keluar dari bingkai.

Dikutip dari Gizmochina, paten mengungkapkan bahwa Huawei Mate X Rollable menampilkan layar POLED (Plastic Organic Light Emitting Diode) dengan lapisan dasar plastik.

Desain render HP layar gulung Huawei. (LetsGoDigital)
Desain render HP layar gulung Huawei. (LetsGoDigital)

Dalam bentuk yang portabel, desain paten perangkat tersebut mirip seperti konsep HP Xiaomi Mi Mix Alpha. Apabila dalam bentuk standar, HP Huawei memiliki layar 6,5 inci. Namun ketika ditarik, maka layarnya merenggang 70 persen hingga mencapai 11 inci.

Sebagai informasi, ini masih sebatas bocoran yang didapat melalui dokumen dari WIPO. Perusahaan masih belum mengonfirmasi apakah mereka benar-benar mengerjakan HP layar gulung atau tidak. Dengan kata lain, hal tersebut masih bisa saja masih sekadar konsep awal.

Jika bocoran benar, Huawei bukan satu-satunya produsen yang mengerjakan perangkat dengan layar gulung. LG Electronics merupakan pionir yang mengumumkan secara terbuka bahwa mereka sedang mengerjakan perangkat dengan layar gulung.

HP layar gulung Oppo X 2021. (Oppo)
HP layar gulung Oppo X 2021. (Oppo)

Namun sayangnya, proyek LG Rollable tak meluncur secara komersial seiring divisi mobile perusahaan yang gulung tikar.

Oppo juga mengenalkan purwarupa HP dengan layar gulung pada November 2020 lalu. Oppo X 2021 membawa layar OLED dengan ukuran 6,7 inci. Namun setelah ditarik ke samping, layar gulungnya bisa melebar dengan menyentuh ukuran hingga 7,4 inci.

TCL China turut memamerkan purwarupa TCL Fold 'n Roll pada bulan April lalu, di mana perangkat layarnya memiliki mekanisme lipat serta gulung. 

Tak hanya itu, Samsung dan Google diprediksi sedang menyiapkan layar gulung dengan teknologi anyar.

Mengingat Huawei dan beberapa merek sudah memiliki konsep HP layar gulung dengan inovasi masing-masing, cukup menarik dalam menantikan siapa produsen yang bakal memasarkan secara komersial pertama kalinya. Desain paten HP layar gulung dari Huawei bisa dilihat melalui link ini

Berita Terkait