Gadget

Ukuran Lebih Besar, iPhone Layar Lipat Dirumorkan Datang 2-3 Tahun Lagi

iPhone dengan layar lipat diprediksi mengusung panel fleksibel beresolusi tinggi.

Rezza Dwi Rachmanta

Logo Apple. (Pexels/Duophenom)
Logo Apple. (Pexels/Duophenom)

Hitekno.com - Beberapa produsen diketahui sudah meluncurkan purwarupa HP layar lipat hingga perangkat yang tersedia secara komersial. Bocoran teranyar mengklaim bahwa Apple juga bakal mengenalkan iPhone dengan layar lipat sekitar 2 hingga 3 tahun mendatang.

Leaker sekaligus pakar Apple dari Bloomberg, Mark Gurman memprediksi bahwa iPhone dengan layar lipat dapat menjadi kenyataan pada 2023 atau 2024.

Pernyataan terbaru Gurman mengindikasikan Apple Watch model titanium kemungkinan telah terjual habis di mana perusahaan tak berencana memproduksinya kembali.

Apple Watch Series 6 Titanium dibanderol dengan harga 799 dolar AS atau Rp 11,5 juta. Perangkat tersebut dilaporkan tak tersedia baik di toko Apple online maupun fisik.

Terdapat indikasi bahwa Apple Watch model titanium bisa saja terjual habis dan tidak ada rencana untuk memproduksi banyak perangkat baru.

iPhone 12 Pro Max. (Apple)
iPhone 12 Pro Max. (Apple)

Dikutip dari Gizmochina, mengingat versi Apple Watch Series 7 dijadwalkan meluncur pada September mendatang, hanya ada kemungkinan kecil perusahaan memproduksi model titanium generasi sebelumnya.

Meski begitu, ini masih sebatas bocoran karena Apple belum secara resmi menyatakan bahwa model titanium telah dihentikan.

Terkait dengan pernyataan Mark Gurman mengenai iPhone dengan layar lipat di tahun 2023, bocoran ini mirip seperti prediksi analis Apple lain, Ming-Chi Kuo beberapa waktu lalu.

Ming-Chi Kuo saat itu memprediksi bahwa iPhone dengan layar lipat berukuran 7,5 hingga 8 inci kemungkinan meluncur pada 2023.

Desain Ponsel Layar Lipat Apple. (CNET)
Desain Ponsel Layar Lipat Apple. (CNET)

Perangkat diharapkan membawa layar OLED 8 inci beresolusi QHD+ yang fleksibel sehingga dapat dilipat. Hampir mirip, Mark Gurman menyebutkan bahwa layar iPhone mendatang juga berukuran besar.

"Saya pikir Apple pada akhirnya akan melakukannya, tetapi setidaknya dua atau tiga tahun lagi. Saya melaporkan awal tahun ini bahwa Apple telah membuat prototipe iPhone dengan layar lipat. Dan secara pribadi, saya pikir iPhone dengan layar raksasa 7 atau 8 inci akan menjadi perangkat sempurna bagi saya dan banyak orang lainnya," kata Mark Gurman dikutip dari Apple Track.

Gurman turut menyoroti masalah umum pengisian daya Apple Watch dan menyarankan antarmuka USB-C adalah opsi pengisian daya yang lebih baik daripada saat ini.

Dari pernyataan leaker di atas, cukup menarik menantikan bagaimana penampakan dan fitur iPhone dengan layar lipat milik Apple. Bocoran render serta prediksi fitur diharapkan dapat beredar dalam beberapa waktu mendatang.

Berita Terkait