Gadget

Cara Mudah Membuat Long Screenshot di Android

Fitur long screenshot ini berguna untuk website maupun chat panjang yang perlu dibaca seperlunya.

Amelia Prisilia

Ilustrasi HP. (pexels/Pixabay)
Ilustrasi HP. (pexels/Pixabay)

Hitekno.com - Pada HP kekinian, fitur screenshot menjadi salah satu hal yang paling diminati. Tidak banyak yang tahu, berikut langkah mudah membuat long screenshot di Android.

Mirip fungsi screenshot pada umumnya, fitur satu ini memungkinkan pengguna untuk mengambil tangkapan layar dalam bentuk gambar yang kemudian bisa dibagikan melalui media sosial maupun aplikasi chat yang ada.

Pada umumnya, fitur screenshot hanya mengambil sebagian kecil dari layar. Namun dengan fitur long screenshot, kini pengguna dapat mengambil tangkapan layar secara full.

Biasanya, fitur long screenshot ini berguna untuk website maupun chat panjang yang perlu dibaca seperlunya dan ada gangguan dan terpotong sama sekali.

Tidak banyak yang tahu, berikut langkah mudah membuat long screenshot di Android dengan cepat dan praktis. Wajib dicoba untuk kamu yang penasaran ya.

(Sumber: Shutterstock)
(Sumber: Shutterstock)

Langkah pertama, tekan tombol volume bawah dan tombol power secara bersamaan. Cara ini biasanya dilakukan untuk mengambil screenshot biasa. Nantinya,  pada jendela pop up kecil usai melakukan screenshot, pengguna akan menemukan beberapa opsi.

Untuk mendapat long screenshot, kamu bisa memilih 'Scroll Capture' untuk menggulirkan layar saat melakukan long screenshot seperti yang diinginkan.

Selanjutnya, gulirkan layar hingga ke bawah untuk mengambil seluruh tampilan layar secara penuh. Sebelum memutuskan untuk menyimpan screenshot ini, pastikan untuk memeriksanya dengan baik ya.

Jika long screenshot yang kamu ambil sudah sesuai dengan yang diingankan, langkah berikutnya adalah menyimpan hasil screenshot tersebut untuk dikirimkan demi keperluan sendiri maupun keperluan lain.

Mudah, itu tadi beberapa langkah mudah long screenshot di Android. Untuk keperluan penting, long screenshot ini jelas saja sangat kamu butuhkan untuk dipahami dan dilakukan.

Berita Terkait