Gadget

Cara Mematikan Autocorrect di Android untuk Semua Tipe

Cara mematikan Autocorrect di Android untuk semua merek.

Dinar Surya Oktarini

Ilustrasi smartphone. (Pixabay/Pexels)
Ilustrasi smartphone. (Pixabay/Pexels)

Hitekno.com - Autocorrect adalah salah satu fitur yang cukup berguna di Google Keyboard. Fitur ini mempermudah kamu dengan ralatnya deretan kata-kata yang kamu ketik namun tak sesuai dengan kaidah bahasa.

Namun terkadang fitur autocorrect ini justru membuat kata yang kita ketik jadi pelenceng apalagi jika kamu terbiasa menulis singkat. Autocorrect kadang dianggap menjengkelkan oleh sebagian pengguna lantaran mengganggu kenyamanan mereka saat mengetik.

Fitur autocorrect umumnya secara default sudah tertanam di perangkat Android. Pengaturannya dapat dijumpai pada menu Setting > Language. Autocorrect biasanya mengoreksi kesalahan ejaan secara otomatis. Masalah lain yang mungkin dijumpai pada fitur autocorrect adalah keyboard akan berhenti mengoreksi kata tertentu dan membiarkan kata yang salah ketik atau salah eja.

Cara mematikan autocorrect di Android menjadi solusi yang tepat. Berikut cara mematikan autocorrect di Android yang HiTekno.com.

Ilustrasi smartphone. (unsplash/Tirza van Dijk)
Ilustrasi smartphone. (unsplash/Tirza van Dijk)

Cara Mematikan Autocorrect Di Android
• Buka menu pengaturan perangkat (“Settings”).
• Geser layar dan sentuh Language & input. Cara mematikan autocorrect di Android opsi ini berada pada segmen menu "Personal".
• Cara mematikan autocorrect di Android selanjutnya sentuh papan tik yang sedang aktif. Biasanya, papan tik yang aktif/ditampilkan adalah “Android keyboard” atau “Google keyboard”.
• Sentuh tombol Text correction. Cara mematikan autocorrect di Android umumnya, tombol ini berada di bagian tengah menu.
• Geser tombol "Auto-correction" ke posisi mati "Off". Cara mematikan autocorrect di Android setelah itu, warna tombol akan berubah menjadi putih.

Pada beberapa perangkat, tombol ini mungkin digantikan oleh kotak yang perlu kamu hilangkan tandanya. Fitur koreksi otomatis (auto-correction) mungkin bisa aktif kembali setelah Kamu melakukan pembaruan perangkat. Oleh karena itu, kamu perlu mematikannya kembali sekali lagi. Namun tidak semua perangkat seperti ini.

• Tekan tombol “Home”. Cara mematikan autocorrect di Android tidak akan dikoreksi secara otomatis kembali ketika kamu mengetikkan pesan melalui perangkat.

Bagaimana mudah bukan? Dengan dimatikannya fitur autocorrect berarti Android kamu tidak akan lagi memperbaiki kesalahan mengetik. Keputusan mematikan fitur autocorrect memang tepat, terutama bagi kamu yang sering menulis dalam bahasa slang atau berbeda. Bagi kamu yang tidak memiliki Google Keyboard, tetapi ingin mencobanya, kamu dapat mengunduh aplikasi ini secara gratis dari Google Play. Aplikasi ini bekerja pada perangkat yang berjalan di Android 4.0 atau lebih baru. 

Kontributor: Afifah Cinthia Pasha

Berita Terkait