12 Aplikasi Arah Kiblat Paling Akurat untuk Android dan iOS

Cek sederet aplikasi arah kiblat ini.

Agung Pratnyawan
Selasa, 20 Juli 2021 | 08:30 WIB
Ilustrasi salat. (Pixabay)

Ilustrasi salat. (Pixabay)

Hitekno.com - Berikut ini 12 aplikasi arah kiblat yang bisa berguna dalam keseharian, kamu bisa mendapatkannya untuk smartphone Android dan iOS.

Salah satu syarat sah Sholat adalah menghadap kiblat. Kiblat merupakan acuan arah bagi umat muslim yang ingin melaksanakan ibadah shalat. Arah kiblat sendiri mengacu pada Ka'bah yang berlokasi di Masjidil Haram, Kota Mekah, Arab Saudi. Bagi umat muslim Indonesia, arah kiblat berpatokan ke sekitar arah barat laut.

Dalam menentukan arah kiblat dapat ditentukan menggunakan kompas atau penunjuk mata angin. Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) menjelaskan bahwa kompas sebagai alat navigasi bisa turut digunakan untuk menentukan arah kiblat. Meskipun arah kiblat dapat mengacu pada bayangan dari cahaya matahari.

Baca Juga: Indonesia Peringkat Ke-2 di Dunia Terlama Buka Aplikasi HP

Ada beberapa cara mengetahui arah kiblat dengan mudah dan akurat yakni menggunakan aplikasi. Aplikasi arah kiblat ini sudah banyak tersedia di Google Play Store maupun Apple App Store. Aplikasi arah kiblat ini tentu akan memudahkan kamu menemukan arah kiblat saat sedang berpergian.

Berikut 12 aplikasi arah kiblat yang HiTekno.com rangkum untuk kamu.

1. Qibla Finder

Baca Juga: 8 Aplikasi Membuat CV Gratis Tanpa Ribet

Qibla Finder/qiblafinder.withgoogle.com
Qibla Finder/qiblafinder.withgoogle.com

Aplikasi arah kiblat Qibla Finder ini sudah didownload lebih dari 23 ribu pengguna di Google Play Store. Kamu juga bisa memilih tema desain saat menggunakan aplikasi pencari kiblat.

Aplikasi arah kiblat ini tak hanya membantu pengguna mencari kiblat yang langsung dengan melacak lokasi ka'bah, namun juga kamu bisa menemukan kalender Islam yang akurat.

2. Muslim Pro

Baca Juga: 6 Aplikasi Desain Rumah Gratis dan Mudah untuk Pemula

Situs resmi aplikasi Muslim Pro. (muslimpro.com)
Situs resmi aplikasi Muslim Pro. (muslimpro.com)

Aplikasi arah kiblat populer satu ini memiliki beragam fungsi, tak hanya mencari kiblat namun juga menyediakan waktu sholat beserta adzan. Tak hanya itu, dengan aplikasi ini kamu juga bisa belajar Al Quran serta terjemahan yang memperkuat ibadah puasa.

3. Arah Kiblat 100%

Aplikasi arah kiblat ini menggunakan fitur GPS yang akan menentukan arah kiblat dengan akurasi tinggi. Kamu bisa menggunakan aplikasi ini saat mengunjungi tempat baru untuk menemukan arah kiblat.

Baca Juga: 7 Aplikasi Alternatif Zoom Gratis untuk Meeting Online

4. Arah Kiblat Indonesia

Aplikasi Pencari Arah Kiblat. (Play Store)
Aplikasi Pencari Arah Kiblat. (Play Store)

Aplikasi arah kiblat ini sangat spesifik untuk menentukkan arah untuk orang Indonesia. Fitur kompas di sebelah pencari kiblat ini bahkan tak memerlukan internet dan GPS.

5. Prayer Times and Qibla

Tak hanya menentukan arah kiblat, namun aplikasi satu ini juga bisa mejadi pengingat waktu sholat. Aplikasi arah kiblat ini juga mendukung beberapa bahasa, termasuk Bahasa Indonesia.

6. Waktu Sholat, Imsak, dan Kiblat.

Waktu Sholat, Imsak, dan Kiblat bisa menjadi aplikasi yang paling diandalkan bagi banyak umat muslim. Lewat aplikasi ini, kamu tidak perlu khawatir tidak bisa menentukan arah kiblat.

Selain memiliki fitur penunjuk arah kiblat, aplikasi ini juga memiliki perhitungan waktu salat yang sangat akurat. Kamu tidak akan ketinggalan waktu shalat dan dipastikan tepat waktu.

7. Visual Qiblah.

Visual Qiblah menjadi aplikasi yang begitu menguntungkan banyak umat Islam, pasalnya aplikasi arah kiblat ini menghitung arah kiblat dari arah utara yang akurat dan mampu memberikan informasi tambahan soal arah kiblat. Aplikasi arah kiblat ini bahkan menggunakan rumus menghitung arah kiblat secara akurat untuk jarak 0,5 mm di bumi.

Menariknya, Visual Qiblah mendukung berbagai pilihan bahasa, mulai dari Indonesia, Turki, Rusia dan Prancis.

8. Salaam

Salaam merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh PT Samsung Electronics Indonesia. Salaam menjadi aplikasi pengingat sholat pertama di Indonesia. Fitur yang bisa kamu dapatkan disana terbilang cukup banyak, seperti Al-Quran dalam media digital, jadwal waktu sholat, penunjuk arah kiblat, konten harian dan kontekstual berisi hadis, doa, ayat dan kontekstual berdasarkan kalender hijriyah, panduan haji dan umroh.

Aplikasi arah kiblat ini menggunakan Alquran versi digital yang telah mendapatkan Sertifikat Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Quran dari Kementerian Agama Republik Indonesia.

9. Qibla Compass: A Minimal Qibla Direction Locator

Aplikasi arah kiblat ini dikembangkan oleh developer Naaz Apps ini memungkinkan untuk bisa menemukan arah kiblat sholat yang akurat dan akan secara otomatis mendeteksi lokasi kamu berada. Aplikasi arah kiblat ini juga bisa kamu gunakan secara offline.

Jadi tak perlu khawatir jika tidak memiliki paket internet akan kebingungan menentukan arah kiblat. Namun, untuk tetap bisa menggunakan fiturnya, kamu harus mengaktifkan GPS.

10. Qibla Locator

Aplikasi arah kiblat ini dikembangkan oleh Soul Apps World dan dilengkapi berbagai fitur menarik. Mulai dari penentu arah kiblat, waktu sholat, suara adzan, kalender Hijriyah, dan beragam tema kompas kiblat yang bisa dipilih sesuai selera. Aplikasi arah kiblat Qibla Locator dapat digunakan secara offline.

11. Find Qibla Pro

Aplikasi arah kiblat ini menunjukkan arah kiblat dengan visualisasi kompas yang cantik. Untuk bisa memastikan presisi kompas, kamu bisa memeriksa ikon matahari di dial kompas.

12. Islamic Compass Qibla Direction

Serupa dengan Find Qibla Pro, aplikasi arah kiblat ini akan membantumu menemukan arah kiblat dengan menggunakan kompas yang didukung fitur GPS pada smartphone. Kamu juga bisa mengubah tema aplikasi ini sesuka hati.

Itulah 12 aplikasi arah kiblat yang tersedia untuk Android maupun iOS. 

Kontributor: Afifah Cinthia Pasha
Berita Terkait
TERKINI

Manfaatkan fitur AI di Samsung Galaxy Tab S9 series untuk memenuhi kebutuhan profesionalmu sehari-hari...

gadget | 10:21 WIB

Vivo V30 Series diklaim memiliki berbagai fitur yang mendukung perjalanan mudik lebih seru....

gadget | 10:20 WIB

Cek apa saja fitur andalan Realme 12 5G ini....

gadget | 10:11 WIB

Kamera FUJIFILM INSTAX mini 99TM ini merupakan seri premium terbaru dari kamera instan analog INSTAX sekaligus evolusi d...

gadget | 15:32 WIB

Cek berapa harga resmi dan spesifikasi yang ditawarkan Xiaomi 14....

gadget | 14:28 WIB

Ya, dengan HP Rp 1 jutaan sudah bisa jadi teman mudik dengan asyik....

gadget | 10:11 WIB

Jajaran Xiaomi 14, Xiaomi Watch 2, Xiaomi Watch S3, dan Xiaomi Smart Band 8 Pro ini telah resmi tersedia di pasaran....

gadget | 10:03 WIB

Xiaomi Indonesia resmi membawa jajaran produk terbarunya ini, cek apa saja....

gadget | 14:41 WIB

Xiaomi 14 dirancang dengan lensa optik Leica Summilux, desain compact dan performa handal....

gadget | 14:32 WIB

Pengguna Samsung Galaxy Z Flip5 dan Galaxy Z Fold5 bisa menikmatik kecanggihan Galaxy AI segera....

gadget | 17:08 WIB

Momen Lebaran yang sudah dekat bisa menjadi kesempatan bagi kita untuk bersama-sama mengarsipkan foto, video, hingga dok...

gadget | 15:46 WIB

PayDay Sale Maret 2024 menawarkan harga spesial HP POCO....

gadget | 11:29 WIB

Cek apa yang ditawarkan Huawei MateBook D 14 sebagai laptop premium....

gadget | 20:25 WIB

Lonjakan signifikan dalam laba bersih tersebut melebihi harapan pasar dan menandai tingkat profitabilitas tertinggi kedu...

gadget | 16:03 WIB

Berapa harga Huawei MatePad 11.5 PaperMatte Edition ini?...

gadget | 15:55 WIB

Catat tanggalnya, Xiaomi 14 siap rilis ke Indonesia....

gadget | 15:18 WIB

Berapa harga Samsung Galaxy A55 5G dan Samsung Galaxy A35 5G?...

gadget | 18:30 WIB
Tampilkan lebih banyak