Gadget

Twitter Hadirkan Caption di Fitur Voice Tweet, Mendukung Bahasa Indonesia

Bahasa Indonesia termasuk yang didukung dalam update ini.

Agung Pratnyawan

Ilustrasi Twitter. (Unsplash/Sara Kurfeß)
Ilustrasi Twitter. (Unsplash/Sara Kurfeß)

Hitekno.com - Twitter kembali memperbarui fitur-fitur di aplikasinya. Yakni hadirnya cation atau teks otomatis yang ada pada fitur voice tweet atau tweet berbasis suara.

Menariknya, dalam fitur di aplikasi Twitter ini mendukung teks ini juga sudah mendukung bahasa Indonesia.

"Kami meluncurkan teks otomatis untuk Voice Tweet ke iOS," jelas Head of Global Accessibility Twitter, Gurpreet Kaur, dikutip dari The Verge, Jumat (16/7/2021).

Fitur voice tweet ini sudah dirilis sejak Juni 2020 khusus di aplikasi berbasis iOS. Namun saat dikenalkan fitur ini banyak mendapat kritik karena tidak mendukung aksesibilitas seperti caption otomatis.

Kini aplikasi akan menampilkan caption yang mengubah audio ke dalam bentuk teks. Beberapa bahasa yang didukung mulai dari bahasa Inggris, Jepang, Spanyol, Portugal, Turki, Arab, Hindi, Prancis, Indonesia, Korea, dan Italia.

Ilustrasi aplikasi Twitter pada ponsel pintar (Shutterstock).
Ilustrasi aplikasi Twitter pada ponsel pintar (Shutterstock).

Untuk mengaktifkan teks, pengguna dapat mengklik ikon CC yang ada di sudut kanan atas. Menurut Twitter, teks ini hanya akan muncul di voice tweet yang baru. Artinya, tweet lama tidak akan bisa menampilkan teks.

Saat fitur voice tweet diluncurkan, disebutkan bahwa Twitter tidak memiliki tim khusus yang mengurus aksesibilitas. Sebagai gantinya, beberapa karyawan mereka harus menyisihkan waktunya untuk mengerjakan akses tersebut.

Sejak saat itu, Twitter akhirnya membenahi dengan mengumumkan bahwa mereka telah membentuk tim untuk fokus pada aksesibilitas pada bulan September lalu.

"Meskipun ini masih awal dan kami tahu ini tidak akan sempurna, ini adalah salah satu dari banyak langkah yang kami ambil untuk memperluas dan memperkuat aksesibilitas di seluruh layanan Twitter. Kami berharap dapat melanjutkan perjalanan untuk menciptakan layanan yang benar-benar inklusif," jelas Kaur.

Sayangnya Twitter belum membocorkan kapan fitur baru ini tersedia untuk aplikasi berbasis Android. Fitur voice tweet sendiri belum tersedia di Twitter Android.

Itulah update caption pada fitur voice tweet yang hadir ke aplikasi Twitter. (Suara.com/ Dicky Prastya).

Berita Terkait