Gadget

10 Aplikasi Olahraga di Rumah Terbaik, Cocok untuk Pemula

Cek 10 rekomendasi aplikasi olahraga ini.

Agung Pratnyawan

Ilustrasi olahraga di rumah. (Pixabay)
Ilustrasi olahraga di rumah. (Pixabay)

Hitekno.com - Cek berikut 10 aplikasi olahraga rekomendasi HiTekno.com untuk kamu. Aplikasi yang membantu tetap bisa olahraga meski di rumah saja.

Olahraga merupakan kegiatan yang berfungsi untuk meningkatkan kualitas kesehatan seseorang baik itu secara fisik maupun psikis. Dengan rutin berolahraga, kamu juga akan menjadi lebih fit, memperbaiki metabolisme tubuh, dan tidak mudah terkena penyakit.

Di masa pandemi seperti sekarang ini tentu susah untuk bisa berolahraga di luar rumah. Akan tetapi, berada di rumah bukanlah alasan untuk bermalas-malasan dan mengabaikan kesehatan.

Justru, di saat seperti ini, kita perlu menaruh perhatian ekstra pada kesehatan fisik dan juga mental. Terutama, agar kita terhindar dari penyakit-penyakit lain dan juga bisa merasa bugar sepanjang waktu. Jika kamu belum terbiasa berolahraga di rumah, jangan khawatir. Sekarang ini sudah banyak aplikasi olahraga yang bisa membantu kamu.

Aplikasi olahraga yang tersedia di smartphone yang bisa digunakan untuk memandu. Aplikasi olahraga yang tersedia di iOS maupun Android itu dirancang dengan panduan gerakan yang bisa dilakukan setiap hari, tanpa membutuhkan alat tertentu. Sehingga, kita tak perlu kesulitan saat mau mulai menerapkannya di rumah.

Berikut 10 aplikasi olahraga yang HiTekno.com rangkum untuk kamu.

1. Home Workout - No Equipment

Aplikasi olahraga ini membantumu olahraga sendiri tanpa menggunakan alat dan tanpa perlu membayar PT (Personal Trainer). Karena sebenarnya sudah tersedia video-video yang menjelaskan cara-cara melakukan setiap gerakannya.

Latihan dada, perut, bahu, punggung, hingga perencanaan asupan makanan bagi kamu yang ingin menjalankan program diet, semuanya tersedia dalam aplikasi ini. Kamu juga bisa menyesuaikan level latihan sesuai dengan kemampuanmu.

2. 30 Day Fitness Challenge - Workout at Home

Dirancang oleh pelatih kebugaran profesional, aplikasi olahraga ini akan menantangmu untuk menyelesaikan seluruh latihan dalam waktu 30 hari. Kamu dapat memilih level latihan sesuai dengan kemampuan mulai dari pemula hingga profesional.

Lama waktu latihan pun akan disesuaikan dengan kebutuhan tubuh yang akan terus berkembang setiap harinya. Terdapat video-video pengarah yang akan mengajarkanmu melakukan gerakan-gerakan yang belum pernah kamu lakukan.

3. Freeletics: Personal Trainer & Fitness Workouts

Terdapat 900 variasi olahraga yang dapat kamu lakukan tanpa menggunakan alat. Tidak hanya menurunkan berat badan, aplikasi olahraga ini juga akan membantumu terbiasa melakukan gerakan-gerakan olahraga yang membentuk otot.

Kamu juga bisa bergabung dengan komunitas-komunitas olahraga dan melakukan kegiatan olahraga bersama yang pastinya akan semakin memotivasi kamu untuk memulai gaya hidup sehat.

4. BetterMe: Weight Loss Workouts

Aplikasi olahraga ini lebih dikhususkan untuk kaum wanita, karena jenis-jenis latihan yang disediakan lebih mengarah ke pengecilan ukuran bagian tubuh tertentu, yang seringkali menjadi masalah bagi perempuan.

Tidak hanya latihan tubuh, aplikasi olahraga ini juga menyediakan hingga ke latihan wajah agar tetap tampak awet muda. Bagi kamu yang belum pernah berolahraga, jangan khawatir, karena dalam aplikasi ini juga tersedia video langkah-langkah melakukan setiap gerakan olahraga, serta panduan diet yang baik sesuai kebutuhan tubuhmu.

Ilustrasi olahraga di rumah. (Pixabay)
Ilustrasi olahraga di rumah. (Pixabay)

5. Sworkit: Workouts & Fitness Plans

Sworkit juga akan mempermudahmu melakukan olahraga dimanapun kamu mau. Ada berbagai tipe latihan seperti strength, cardio, yoga, dan stretching yang bisa kamu gunakan sesuai kebutuhan.

6. Keep - Home Workout Trainer

Kamu juga bisa mengatur sendiri jenis latihan seperti apa yang kamu mau, dan melihat laporan perkembangan latihanmu. Terdapat lebih dari 400 latihan yang bisa kamu ikuti tanpa harus pergi ke tempat gym.

7. Workout Trainer: fitness coach

Aplikasi olahraga ini tidak hanya menyediakan berbagai metode latihan di rumah, namun juga menyediakan teknik-teknik latihan menggunakan alat-alat di tempat gym. Pelatih-pelatih bersertifikat juga siap memandumu baik melalui foto, audio, hingga video.

8. Seven - 7 Minute Workout

Aplikasi olahraga buatan Perigee, developer asal Swedia ini dilengkapi dengan panduan gambar bergerak, sehingga bisa digunakan oleh kamu yang awam dengan olahraga sekalipun. Selain itu, aplikasi olahraga ini juga bisa digunakan tanpa internet, jika kamu sudah mengunduh gerakan-gerakan yang ada terlebih dahulu.

9. Workout for Women

Aplikasi olahraga di rumah dari Leap Fitness Group yang dikhususkan bagi kamu kaum Hawa. Workout for Women merupakan aplikasi penghitung kalori yang terbakar saat olahraga. Aplikasi olahraga ini memungkinkan kamu membakar kalori dalam waktu 7 menit saja.

Aplikasi olahraga gratis ini dapat membantu kamu mendapatkan tubuh ideal dengan berbagai video latihan dari pelatih profesional. Selain mengontrol kalori yang telah terbakar, aplikasi ini juga memungkinkan untuk melihat kemajuan dari penurunan berat badan yang kamu inginkan.

10. Yoga Studio: Mind & Body

Aplikasi olahraga yang pernah mendapat Google Play Best Apps of 2016 dalam kategori Best Self Improvement ini cocok bagi kamu pecinta yoga. Yoga Studio menghadirkan berbagai video dan kelas latihan yoga dan meditasi dari pelatih profesional.

Aplikasi olahraga ini memfokuskan pada kombinasi kekuatan, fleksibilitas, relaksasi, dan keseimbangan yang cocok bagi semua tingkatan. Melalui Yoga Studio, kamu juga dapat menjadwalkan kelas latihan yang otomatis terhubung dengan kalender pribadi.

Kontributor: Afifah Cinthia Pasha

Berita Terkait