Gadget

7 Laptop Murah untuk Mahasiswa Semua Jurusan Terbaik Juli 2021

Cek berikut ini ada tujuh Laptop Murah Untuk Mahasiswa.

Agung Pratnyawan

Laptop murah AMD Ryzen. (HiTekno.com)
Laptop murah AMD Ryzen. (HiTekno.com)

Hitekno.com - Laptop murah untuk mahasiswa tentunya akan berbeda-beda mengingat kebutuhannya pun memang berbeda tergantung jurusan yang dipilih. Mahasiswa jurusan Teknik Informatika misalnya, pasti membutuhkan spesifikasi laptop yang lebih tinggi dan mumpuni dibandingkan mahasiswa jurusan Sastra yang masih cukup dengan menggunakan laptop RAM 4GB. Laptop menjadi salah satu barang wajib yang dimiliki oleh mahasiswa.

Terlebih ketika kegiatan belajar mengajar dilaksanakan secara daring seperti sekarang ini. Selain berguna untuk mempermudah kegiatan belajar mengajar, laptop murah dengan spesifikasi mumpuni juga bisa membantu mahasiswa mengerjakan tugas dengan baik.

Namun laptop dengan spesifikasi tinggi juga memiliki harga yang terbilang sangat mahal. Tak perlu khawatir, ada banyak laptop murah dengan spesifikasi yang mumpuni yang bisa kamu pilih.

Berikut 7 laptop murah untuk mahasiswa yang HiTekno.com rangkum dari berbagai sumber.

1. HP 14s-dq2518TU Silver Celeron-6305U

HP 14s. (HP)
HP 14s. (HP)

Memasuki dunia perkuliahan kita tentu membutuhkan laptop dengan kecepatan transfer file yang tinggi. Di samping itu, banyaknya mata kuliah mengharuskan pelajar untuk menyimpan banyak file berukuran besar seperti hasil desain, makalah, ataupun proyek video.

Laptop murah untuk mahasiswa HP 14s-dq2518TU hadir dengan SSD yang bisa diandalkan. Bahkan, antarmukanya yang gunakan NVMe juga semakin menambah pada kecepatan perpindahan file, cocok untuk dijadikan lokasi penginstalan sistem operasi maupun aplikasi.

Dengan kapasitasnya yang sebesar 512 GB, kamu bisa leluasa instal aplikasi sebanyak apapun. Desainnya yang begitu ramping dan penuh gaya membuatnya lebih layak dibawa ke mana-mana. Ditambah lagi dengan beratnya yang hanya 1,47 kg, punggung kamu tidak akan mudah pegal walau harus membawa laptop seharian.

2. Asus M415DA - ATHLON 3050U

Asus M415DA. (Asus)
Asus M415DA. (Asus)

Laptop murah untuk mahasiswa lainnya adalah Asus M415DA. Hadirnya prosesor AMD Athlon Silver 3050U membuat laptop ini mampu berlari kencang. Memiliki base clock 2.3 GHz dan turbo boost hingga 3.2 GHz, kamu bisa mengetik di Word ataupun Excel tanpa mengalami hambatan. RAM-nya yang sebesar 4 GB juga sudah terbilang cukup untuk mengerjakan tugas harian.

Mengusung kapasitas SSD yang cukup besar juga membuatnya gesit dalam melakukan pemuatan sistem ataupun jalannya aplikasi. Bagi kamu yang tidak suka menatap layar yang kecil, di laptop sudah tersedia layar berukuran 14 inci dengan kualitas ketajamanan baik.

Mengusung resolusi Full HD dan rasio 16:9, pengguna dapat merasakan imersi yang baik saat menonton film, dan melakukan kelas online.

3. Zyrex NB Sky 232 Mini (64) II

Zyrex NB Sky 232 Mini. (Zyrex)
Zyrex NB Sky 232 Mini. (Zyrex)

Keunggulan laptop murah untuk mahasiswa ini tidak dilihat dari performanya, melainkan dari ukurannya yang portabel dan juga desainnya yang compact. Dari tata letak keyboardnya, kita bisa melihat kalau Zyrex NB Sky 32 Mini (64) sungguh tidak menyia-nyiakan ruang yang ada, memenuhi seluruh bidang dari ujung ke ujung untuk hadirkan keyboard yang nyaman.

Ditambah lagi, pengguna juga disuguhkan port USB type C dan juga slot microSD untuk kenyamanan memindahkan file ke storage eksternal. Prosesor Intel Celeron N4020 yang mentenagainya cukup handal dalam melakukan kegiatan sehari-hari. Laptop murah untuk mahasiswa memiliki layar 11 inci dan sudah ada memori SSD 256 GB.

4. Acer Swift 1 Fresh

Acer Swift 1 Fresh. (Acer)
Acer Swift 1 Fresh. (Acer)

Acer Swift 1 Fresh diklaim memiliki ketahanan baterai hingga 15 jam pemakaian standar. Selain itu juga, bodinya yang tampak kokoh dan stylish mengusung desain aluminium sehingga membuatnya begitu tahan guncangan.

Kinerjanya mengandalkan Intel Pentium Silver N6000 yang hadir dengan 4 core dan juga 4 thread. Walau base clock-nya hanya memiliki frekuensi 1.1 GHz yang terbilang lambat, prosesor ini masih bisa raih frekuensi turbo clock sebesar 3,3 GHz. CPU ini juga mengusung TDP sebesar 6 W yang membuatnya hemat daya.
 
Di bagian dapur pacu lainnya dimanjakan dengan RAM 4 GB dan juga balutan grafis Intel UHD Graphics. Kapasitas SSD miliknya berlari pada antarmuka NVMe dan sudah memiliki kapasitas 512 GB. Dijamin, sistem operasi yang diinstal di memori ini akan berlari jauh lebih cepat dan responsif ketimbang HDD.

5. Lenovo V14-14 ADA Athlon Gold 3150U

Lenovo V14. (Lenovo)
Lenovo V14. (Lenovo)

Laptop murah untuk mahasiswa ini menghadirkan SSD berkapasitas besar di angka 256 GB. Lenovo V14 sudah hadir dengan antarmuka NVMe sehingga bisa mencapai kecepatan baca/tulis hingga 1 GB/s ke atas.

Tersedia satu slot SATA yang masih kosong untuk diisikan dengan HDD ataupun SSD lainnya. Selain itu, RAM-nya masih gunakan kapasitas 4 GB pada konfigurasi Single Channel. Cukup standar untuk laptop seharga 4 jutaan.

Bagian layarnya masih menggunakan resolusi HD pada ukuran 14 inci. Ditambah lagi, panelnya masih gunakan TN yang tidak se unggul IPS dari segi viewing angle ataupun reproduksi warna. Dapur pacu prosesor hadirkan CPU dari kubu merah berupa AMD Athlon Gold 3150U dengan dua inti dan empat untaian alias thread, menghadirkan clock speed maksimal hingga 3.5 GHz yang membuat pengalaman browsing semakin lancar.

6. Acer Aspire 3 Slim A314-22

Acer Aspire 3 Slim. (Acer)
Acer Aspire 3 Slim. (Acer)

Laptop murah untuk mahasiswa Acer, menawarkan build quality yang cukup kokoh pada Acer Aspire 3 Slim A314-22 sekalipun material bodinya mayoritas terbuat dari plastik. Laptop murah ini dibekali dengan prosesor dari AMD dan juga kartu grafis onboard, sehingga mampu memberikan kinerja layak bagi mahasiswa yang sekadar ingin lakukan riset ataupun menulis skripsi.

Kinerja SSD-nya sungguh berjalan baik sehingga kamu bisa dengan cepat menyalakan laptop dan segera lakukan presentasi tanpa jeda. Terlebih lagi, laptop murah untuk mahasiswa ini sudah hadirkan NVMe ketimbang SATA.

Sementara, agar pengguna dapat menatap layar dengan nyaman dalam durasi panjang, disediakan teknologi Acer ComfyView untuk mengurangi intensitas refleksi, semacam fitur anti-glare. Ukuran yang dihadirkan adalah 14 inci pada resolusi HD menggunakan panel TN (Twisted Nematic).

7. HP 15 Athlon Gold 3150U

Laptop HP 15-bw067AX. (HP)
Laptop HP 15-bw067AX. (HP)

HP 15 Athlon Gold 3150U memiliki daya tahan baterai yang bagus, hingga 11 jam dan 30 menit pemakaian campuran. Laptop murah untuk mahasiswa ini tentu bisa sangat membantu bagi pengguna yang sering bekerja di luar ruangan yang minim sumber daya. Hanya dengan satu kali pengisian penuh, laptop ini dapat menemani penggunanya seharian.

Tidak hanya cocok untuk menunjang produktivitas harian, prosesor yang tertanam di dalam HP 15 Athlon Gold 3150U cukup kuat untuk aktivitas hiburan. Menonton film dan bermain game-game ringan nyaman dilakukan di layarnya yang besar plus dukungan pengeras suara stereo yang mumpuni.

Itulah rekomendasi tujuh Laptop Murah Untuk Mahasiswa yang cocok digunakan berbagai jurusan.

Kontributor: Afifah Cinthia Pasha

Berita Terkait