Gadget

iPhone 8 vs iPhone 7, HP Mana yang Masih Layak Dibeli di 2021?

Jika tertarik untuk meminang iPhone 8 atau iPhone 7 sebagai andalanmu, simak ulasan perbandingan berikut ini ya.

Amelia Prisilia

iPhone 8 vs iPhone 7. (Apple)
iPhone 8 vs iPhone 7. (Apple)

Hitekno.com - Deretan perangkat dari Apple dari hari ke hari masih menjadi primadona. Jika di tahun 2021 ini kamu tertarik untuk meminang iPhone 8 atau iPhone 7 sebagai andalanmu, simak ulasan perbandingan berikut ini ya.

Melihat waktu perilisan, Apple lebih dulu memperkenalkan iPhone 7 di tahun 2016. Sedangkan perilisan iPhone 8 baru dilakukan kemudian di tahun 2017 bersama sejumlah seri baru dari keluarga Apple.

iPhone 8 dan iPhone 7 pada dasarnya menjadi dua perangkat peralihan di keluarga Apple. Saat merilis iPhone 8, sejumlah fitur lama di iPhone 7 justru ditinggalkan dan digarap baru dengan kecanggihan yang lebih kekinian.

Jika kamu sedang berencana untuk mengganti perangkat dan harus memilih antara dua perangkat andalan Apple ini, simak ulasan perbandingan antara iPhone 8 dan iPhone 7 berikut ini ya.

Layar

iPhone 8. (Apple)
iPhone 8. (Apple)

Secara layar dan tampilan, iPhone 8 dan iPhone 7 terlihat hampir mirip satu sama lain. Dua perangkat ini sama-sama dirilis dengan menggunakan layar berukuran 4,7 inci yang cukup memanjakan untuk penggunaan sehari-hari.

Jika iPhone 8 menggunakan layar Retina HD dengan True Tone dan 3D Touch, iPhone 7 justru meluncur dengan mengandalkan layar tipe IPS LCD seperti yang digunakan oleh seri-seri sebelumnya.

Soal warna, iPhone 8 hadir dalam empat pilihan warna yaitu merah, abu-abu, perak dan emas. Sedangkan iPhone 7 meluncur dalam lima pilihan warna seperti jet black, black, silver, gold, rose gold dan red.

iPhone 7 menjadi seri pertama dari Apple yang membawa warna jet black dengan finishing pekat yang ciamik. Sejumlah seri berikutnya juga turut dirilis dengan membawa warna jet black.

Kamera

iPhone 7. (Apple)
iPhone 7. (Apple)

Jika sebagian besar perangkat Android selalu hadir dengan dukungan kamera yang beragam dan bervariasi, Apple cenderung monoton dengan sektor kamera yang dimiliki.

Sulit membandingkan kamera iPhone 8 dan iPhone 7. Pasalnya, dua perangkat ini sama-sama membawa kamera utama 12 MP di bagian belakang dan kamera selfie 7 MP di bagian depan.

Soal kesamaan, iPhone 8 dan iPhone 7 sama-sama membawa fitur warna baru dengan piksel yang dalam serta stabilizer untuk foto dan video.

Jeroan

iPhone 8. (Apple)
iPhone 8. (Apple)

Mengenai jeroan, iPhone 8 dan iPhone 7 memiliki perbedaan yang mencolok. iPhone 8 tampil istimewa dengan chipset anyar dari keluarga Apple, sedangkan iPhone 7 masih menggunakan chipset seri lawas dari perusahaan tersebut.

iPhone 8 rilis dengan chipset A11 Bionic yang diklaim lebih cepat hingga 70 persen jika dibandingkan dengan chipset Fusion A10 yang digunakan oleh seri iPhone sebelumnya. Perangkat ini membawa tiga varian memori internal yaitu 64 GB, 128 GB dan 256 GB.

Di sisi lain, iPhone 7 masih menggunakan A10 Fusion yang selama ini digunakan oleh seri-seri iPhone lawas. Chipset ini ditemani dengan sejumlah varian memori internal yaitu 32 GB, 128 GB dan 256 GB.

Baterai

iPhone 8 vs iPhone 7. (Apple)
iPhone 8 vs iPhone 7. (Apple)

Tidak bisa dibandingkan dengan perangkat-perangkat Android, Apple cenderung memberikan kapasitas baterai yang minimalis untuk deretan perangkat yang diperkenalkan olehnya.

Jika kapasitas baterai perangkat ini dibandingkan, iPhone 7 jauh lebih unggul dengan dukungan baterai 1.960 mAh yang diklaim super awet. Sedangkan iPhone 8 hanya menggunakan baterai berkapasitas 1.821 mAh.

Walaupun membawa kapasitas yang jauh lebih kecil, iPhone 8 diklaim lebih awet karena mampu mengatur performa daya denan baik. Selain itu, iPhone 8 juga dapat diisi daya secara nirkabel atau tanpa kabel.

Harga

iPhone 8 vs iPhone 7. (Apple)
iPhone 8 vs iPhone 7. (Apple)

Saat pertama kali diperkenalkan, iPhone 8 dan iPhone 7 berada di rentang harga yang hampir sama dan cenderung fantastis untuk pasar Indonesia.

Namun, seiring berjalannya waktu, harga jual dua perangkat ini lalu mulai menurun. Hal ini tidak lain karena Apple tiap tahunnya terus merilis sejumlah perangkat baru dengan harga dan fitur yang beragam.

Di iBox, iPhone 8 dijual secara resmi dengan harga Rp 7.499.000 untuk varian terendah yaitu RAM 2 GB dan memori internal 64 GB. RAM 2 GB dan memori internal 128 GB dijual Rp 9.999.000.

Varian paling tinggi dari iPhone 8 dengan RAM 2 GB dan memori internal 256 GB dijual dengan harga cukup fantastis yaitu Rp 10.499.000.

Pada situs jual beli online, kamu bisa mendapatkan iPhone 7 dengan memori internal 32 GB seharga Rp 3 jutaan. Sedangkan untuk kapasitas 128 GB dijual Rp 4 jutaan dan kapasitas 256 seharga Rp 5 jutaan.

Kesimpulan

iPhone 8 vs iPhone 7. (Apple)
iPhone 8 vs iPhone 7. (Apple)

Tidak banyak perbedaan mencolok yang bisa ditemukan di iPhone 8 dan iPhone 7. Namun, jika kamu ingin mencicipi perangkat Apple dengan duet jeroan dan baterai handal, iPhone 8 wajib menjadi pilihanmu.

Namun, jika kamu memiliki budget yang terbatas namun ingin mencicipi perangkat Apple, iPhone 7 dengan chipset mumpuni bisa kamu jadikan pilihan untuk perangkat andalan yang digunakan sehari-hari.

Itu tadi ulasan perbandingan antara iPhone 8 dan iPhone 7. Menyesuaikan dengan budget yang dimiliki, kamu tertarik untuk membeli iPhone 8 atau iPhone 7?

Berita Terkait