Gadget

Waduh, Nama Jaringan WiFi Disebut-sebut Bisa Merusak iPhone

Berikut ini cara mengatasi bug masalah jaringan WiFi tersebut.

Agung Pratnyawan

Apple iPhone 12 Pro Max. (Apple)
Apple iPhone 12 Pro Max. (Apple)

Hitekno.com - Peneliti Infosec, Carl Schou mengklaim telah menemukan bug aneh yang menyebutkan nama jaringan WiFi bisa merusak iPhone.

Awalnya ditemukan bug yang bisa menonaktifkan konektivitas WiFi iPhone dan semua fitur terkait. Namun ternyata lebih parah dari itu.

Carl Schou mendapati bug tersebut bisa lebih parah dari sekadar menonaktifkan konektivitas WiFi iPhone, namun bisa berimpas lebih jauh pada perangkat dari Apple ini.

Bug sebelumnya, yang melibatkan mencoba menyambung ke jaringan Wi-Fi bernama "%p%s%s%s%s%n", dapat dengan mudah diselesaikan dengan mengatur ulang konfigurasi jaringan iPhone.

Namun, kerentanan terbaru akan mengganggu jika kamu hanya berada di sekitar jaringan WiFi yang membawa nama SSID "%secretclub%power" dan tidak perlu mencoba menyambungkannya.

Jangan berpikir kamu dapat menghilangkannya hanya dengan mengatur ulang konfigurasi jaringan smartphone ke default pabrik.

Tampaknya, itu hanya dapat diatasi dengan mengatur ulang pabrik iPhone, yang merupakan proses jauh lebih rumit dan dapat menyebabkan hilangnya data yang tidak dicadangkan.

Ilustrasi WiFi Modem. (Pixabay)
Ilustrasi WiFi Modem. (Pixabay)

Namun, dilansir laman Phonearena, Selasa (6/7/2021), ada cara lain memperbaiki masalah, di mana kamu harus secara manual mengedit cadangan iPhone.

Kamu juga harus menghapus entri berbahaya dari jaringan yang dikenal .plist, tapi itu bisa jauh di atas lingkup pengetahuan pengguna biasa.

Kedua kerentanan tersebut mengeksploitasi kelemahan pengkodean format string tertentu yang membuat iOS mudah mengambil serangan sederhana namun berat ini.

Meskipun agak mudah menjaga dari bug pertama dengan tidak mencoba bergabung dengan jaringan tertentu.

Kerentanan baru ini tidak dapat dengan mudah ditangani karena tidak ada cara untuk mengetahui hotspot atau jaringan WiFi yang bernama aneh.

Kita nantikan saja sampai Apple meluncurkan update iOS untuk menutup bug nama jaringan WiFi yang bisa merusak iPhone ini. (Suara.com/ Dythia Novianty).

Berita Terkait