Gadget

Kripto Tak Kunjung Pulih, Miner China Mulai Jual VGA Murah

Tidak hanya kartu grafis baru, para miner China juga mulai jumlah seri lawas dalam jumlah besar.

Agung Pratnyawan

Komputer penambang koin. (miningrigs.online)
Komputer penambang koin. (miningrigs.online)

Hitekno.com - Pasar cryptocurrency atau aset kripto yang sempat jatuh belum kunjung pulih mulai berdampak kepada para miner atau penambang. Termasuk miner China yang dilaporkan mulai menjual kartu grafis atau VGA mereka dengan harga murah meriah.

Seperti dilaporkan sebelumnya, anjloknya harga Bitcoin secara drastis beberapa waktu lalu membuat pasar aset kripto lainnya ikut terdampak. Bahkan sampai saat ini belum kembali ke harga sebelumnya.

Turunnya harga aset kripto ini berimbas pada aktivitas miner yang selama ini banyak dilakukan di China. Para penambang aset kripto ini mulai menjual peralatan miner mereka, termasuk VGA.

Dilaporkan PC Gamer, pembuat PC di Taiwan mendapati para miner China menjual kartu grafis mereka dalam jumlah besar. Baik dari VGA Nvidia seri RTX 30 maupun AMD seri 6000.

Tidak hanya VGA seri-seri baru yang dijual dalam jumlah besar, namun kartu grafis lawas pun ada. Termasuk dari generasi AMD Polaris yang ditengarai bekas untuk penambangan aset kripto.

Miner China mulai jual VGA murah. (hkepc)
Miner China mulai jual VGA murah. (hkepc)

HKEPC melaporkan banyak kartu grafis mulai dijual di forum-forum online oleh para miner China. Lengkap dengan beragam potret tumpukan VGA dari seri terbaru hingga lawas.

Nampak pula dalam potret, beberapa mesin ASIC miner juga tersusun dalam rak. Terlihat sudah tidak digunakan lagi untuk aktivitas penambangan aset kripto.

Meski saat ini diduga masih dijual-beli antar miner China, namun tidak menutup kemungkinan akan masuk ke pasar barang bekas. Yang nantinya akan membanjiri pasar sebagai kartu grafis murah.

Baik PC Gamer maupun HKEPC tidak menyarankan untuk membeli VGA bekas miner China ini. Karena sudah digunakan untuk aktivitas menambang aset kripto yang menyala 24 jam sehari dengan beban tinggi.

Belum lagi kartu grafis ini telah digunakan berbulan-bulan selama tren cryptocurrency awal tahun 2021 kemarin. Tak hanya itu, tidak diketahui bagaimana para penambang memperlakukan komponen PC ini.

Miner China mulai jual VGA murah. (hkepc)
Miner China mulai jual VGA murah. (hkepc)

Itulah laporan terkini para miner China yang mulai menjual VGA mereka dalam jumlah besar setelah digunakan dalam penambangan aset kripto. Tidak menutup kemungkinan nantinya nantinya membanjiri pasar barang bekas.

Berita Terkait