Gadget

6 Tablet Murah untuk Menggambar Lengkap dengan Stylus

Ini enam rekomendasi tablet murah untuk menggambar dengan dukungan stylus.

Agung Pratnyawan

Samsung Galaxy Tab S7. (dok. Samsung Indonesia)
Samsung Galaxy Tab S7. (dok. Samsung Indonesia)

Hitekno.com - Berikut ini ada enam tablet murah untuk menggambar yang bisa jadi pilihan menarik. Lebih mudahnya lagi, perangkat ini sudah dilengkapi dengan stylus untuk memudahkan menggambar.

Di era digital seperti sekarang ini, banyak bermunculan hobi dan profesi yang berhubungan dengan dunia maya, seperti desainer grafis dan ilustrator. Untuk menjalankan hobi dan profesi ini, dibutuhkan drawing tablet yang baik.

Bukan hanya bakat dan teknik, mereka juga didukung oleh drawing tablet dan perlengkapan lain yang sangat mumpuni. Bagus tidak selamanya mahal, karena ada tablet murah untuk menggambar terjangkau yang punya fitur menarik.

Kamu yang baru mulai atau sedang mencari peralatan baru bisa sekali melihat rekomendasi di bawah ini. Bahkan sekarang ini sudah banyak tablet yang lengkap dengan stylus. Stylus merupakan salah satu aksesoris yang cukup berguna bagi para pengguna tablet.

Seperti yang diketahui, stylus merupakan stick berbentuk seperti pulpen yang dapat dioperasikan di atas layar tablet. Stylus sendiri bisa digunakan untuk menggambar atau bahkan menulis pesan layaknya sedang menulis menggunakan sebuah pulpen.

Berikut 6 tablet murah untuk menggambar yang HiTekno.com rangkum untuk kamu.

1. Samsung Galaxy Tab S4

Samsung Galaxy Tab S4. (Samsung)
Samsung Galaxy Tab S4. (Samsung)

Tablet murah untuk menggambar seri lama untuk mendapatkan harga terbaik merupakan ide yang bisa dicoba. Samsung Galaxy Tab S4 merupakan drawing tablet yang sudah dilengkapi dengan pen dalam paket pembeliannya.

Layar tablet ini yang dihadirkan Samsung punya layar smooth untuk digunakan menggambar atau sekadar membuat catatan.

2. Microsoft Surface Pro 4

Microsoft Surface Pro 4. (Microsoft)
Microsoft Surface Pro 4. (Microsoft)

Tablet murah untuk menggambar untuk para desainer profesional, Surface Pro 4 mengalami banyak peningkatan dari produk sebelumnya, Pro 2. Terlebih untuk pensilnya.

Mungkin kamu akan kaget melihat harganya, namun mereka yang membeli banyak mengatakan jika pengeluarannya sebanding dengan yang mereka dapatkan.

3. Samsung Galaxy Tab S7+

Tablet Samsung Galaxy Tab S7+. (Samsung)
Tablet Samsung Galaxy Tab S7+. (Samsung)

Tablet murah untuk menggambar yang satu ini dijamin membuat siapapun terkesima. Samsung Galaxy Tab S7+ merupakan penerus dari Galaxy Tab S6 series yang menghadirkan berbagai peningkatan dari segi ukuran layar, baterai, dan dapur pacu.

Perangkat yang memiliki banderol harga sekitar Rp 15 jutaan ini sudah dilengkapi dengan chipset Snapdragon 865+, dijamin game seberat apapun bisa dimainkan dengan lancar. Dalam hal layar, ia dibekali panel Super AMOLED dengan resolusi WQXGA+.

Layar ini berukuran 12,4 inci dengan dukungan standar kualitas HDR10+ dan kerapatan 266 ppi. Samsung Galaxy Tab S7+ juga menyediakan fasilitas yang mendukung pengalaman sinematis, mengusung empat buah speaker yang disetel AKG dan Dolby Atmos.

Di segi ketahanan baterai, ada kapasitas sebesar 10.090 mAh yang disertai kemampuan fast charging 45 W. Tablet murah untuk menggambar ini juga bisa leluasa menulis dan menggambar menggunakan S Pen yang menawarkan tingkat latensi rendah. Belum lagi, tampilan pada layar juga terasa sangat mulus berkat kehadiran opsi refresh rate 120 Hz.

4. Samsung Galaxy Tab S7

Samsung Galaxy Tab S7. (Samsung)
Samsung Galaxy Tab S7. (Samsung)

Samsung Galaxy Tab S7 varian reguler dengan harga yang lebih bersahabat, yakni sekitar Rp12 jutaan. Tablet murah untuk menggambar ini hanya disertai dengan panel layar LTPS IPS LCD dengan ukuran 11 inch. Kapasitas baterainya pun kini hanya 8.000 mAh, tapi tentunya sudah lebih dari cukup untuk mentenagai tablet seukuran ini.

Kualitas layarnya kurang lebih tetap sama, seperti kehadiran HDR10+, laju penyegaran 120 Hz, dan dukungan S Pen. Hanya saja, kemampuan S Pen di sini mengalami penurunan dari segi latensi. Tidak seperti varian Plus yang mempunyai latensi 9 milidetik, kini Galaxy Tab S7 hanya memiliki latensi 26 milidetik.

5. Samsung Galaxy Tab S6

Tablet baru Samsung Galaxy Tab S6. (Samsung)
Tablet baru Samsung Galaxy Tab S6. (Samsung)

Samsung Galaxy Tab S6 adalah tablet dari Samsung yang dibekali dengan S-Pen canggih. S-Pen dari tablet ini memiliki tingkat akurasi yang bagus dan tergolong mudah untuk digunakan. Tidak hanya dibekali dengan stylus pen yang keren, tablet dengan layar 10.5 inch ini ditenagai chipset Snapdragon 855 dan disokong RAM berkapasitas besar, yakni 6 hingga 8 GB.

Tablet murah untuk menggambar Samsung Galaxy Tab S6 dapat menunjang produktivitas sehari-hari, bermain game berat, nonton YouTube dan Netflix hingga mengedit video.

6. Galaxy Tab A8 with S Pen

Samsung Galaxy Tab A8 with S Pen 2019. (Samsung)
Samsung Galaxy Tab A8 with S Pen 2019. (Samsung)

Samsung meluncurkan tablet dengan stylus pen terbaru dengan layar berukuran 8 inci. Tablet murah untuk menggambar yang dibekali fitur face unlock ini punya layar beresolusi full HD+ 1200 x 1920 piksel.

Tampilan layarnya memiliki kualitas yang tergolong bagus. Tablet murah untuk menggambar yang diotaki chipset Exynos 7904 octa ini punya performa lancar yang bisa menunjang produktivitas sehari-hari. Kalau kamu hobi berfoto, kamera utama 8MP dan kamera selfie 5MP ini juga bisa diandalkan. Performanya lancar hingga sudah mengantongi fitur face unlock.

Kontributor: Afifah Cinthia Pasha

Berita Terkait