Gadget

Nokia Berminat Pakai Sistem Operasi HarmonyOS dari Huawei

Nokia X60 series disebut-sebut akan jadi smartphone pertama di luar Huawei yang memakai HarmonyOS.

Agung Pratnyawan

Logo Nokia. (Nokia)
Logo Nokia. (Nokia)

Hitekno.com - Nokia dilaporkan berminat dengan sistem operasi baru yang dikenalkan Huawei, yakni HarmonyOS. Brand ternama ini berencana untuk memasangkan pada smartphone mereka.

Menurut laporan terbaru, Nokia bahkan menyiapkan HP baru untuk menggunakan HarmonyOS buatan Huawei.

Disebutkan bahwa smartphone selanjutnya yang akan tiba adalah Nokia X60 dan X60 Pro.

Mengutip Gizchina, Jumat (2/7/2021), Nokia X60 series ini akan memakai HarmonyOS yang dibuat Huawei. Ada juga kamera utama dengan sensor 200 MP, layar melengkung, dan baterai besar hingga 6.000mAh.

Kamera 200MP akan menjadi perubahan besar dalam industri smartphone. Sebab saat ini smartphone dengan sensor tertinggi masih ada di angka 108MP.

Diyakini Nokia berusaha memberikan tantangan besar kepada para pesaing lewat smartphone yang masuk kategori flagship ini.

Sayangnya belum ada informasi terkait prosesor yang digunakan, namun dipastikan chipset itu akan mendukung internet 5G.

Ilustrasi HarmonyOS. (YouTube/ Huawei Mobile)
Ilustrasi HarmonyOS. (YouTube/ Huawei Mobile)

Rumor ini bisa dikatakan cukup mengejutkan karena Nokia bukan perusahaan China. Tapi ini tidak menutup kemungkinan bahwa HMD Global selaku pemilik lisensi untuk menggunakan sistem operasi dari perusahaan lain seperti Huawei.

Jika laporan ini benar, maka Nokia X60 series ini akan menjadi smartphone pertama non-Huawei yang menggunakan sistem operasi tersebut. Ini juga jadi peluang baru untuk Huawei dalam mendorong lebih banyak brand untuk mengadopsi HarmonyOS.

Sebelumnya Nokia juga menggunakan sistem operasi Windows OS sebagai pengganti Android beberapa tahun silam. Setelah Windows OS dinyatakan gagal, smartphone Nokia kemudian ikut menghilang di pasaran.

Kini Nokia telah kembali bersama HMD Global dan sekali lagi menggunakan Android. Penggunaan HarmonyOS akan memberi warna sendiri untuk Nokia.

Itulah ketertarikan Nokia untuk menggunakan sistem operasi HarmonyOS buatan Huawei pada smartphone mereka. (Suara.com/ Dicky Prastya).

Berita Terkait