Gadget

Motorola MicroTAC 9800X, HP Jadul Nike Ardilla Ini Ternyata Super Mahal

HP jadul yang dipakai Nike Ardilla ini harganya fantastis lho.

Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia

Nike Ardilla (Wikipedia/Ndoy), Motorola MicroTAC 9800X (Wikipedia/Public Domain)
Nike Ardilla (Wikipedia/Ndoy), Motorola MicroTAC 9800X (Wikipedia/Public Domain)

Hitekno.com - Nike Ardilla salah satu penyanyi mudah yang terkenal pada era 90-an kembali menjadi perbincangan. Salah satu potret lawas dirinya terlihat memakai Motorola MicroTAC 9800X, HP jadul yang ternyata super mahal di masanya.

Potret lawas Nike Ardilla tengah menggunakan HP jadul tersebut pun sempat ramai jadi perbincangan netizen, bahkan sampai viral di media sosial.

Motorola sendiri mengenalkan seri MicroTAC pada 1989 sebagai lini telepon seluler. Sedangkan Motorola MicroTAC 9800X menjadi varian tertingginya.

Dilansir dari Mobile Phone History, Motorola MicroTAC 9800X ini dirilis pada 1989 dengan bentuk flip yang ikonik khas ponsel jadul pada masanya.

HP jadul Motorola mulanya dirilis untuk merebut posisi teratas dalam pasar ponsel. Dengan handset kecil dan berat yang super ringan, Motorola MicroTAC 9800X menjadi ponsel yang berbeda dari perangkat lain di pasar smartphone.

Nike Ardila dan ponsel jadul. (instagram/serba_serbi.djadoel)
Nike Ardilla dan ponsel jadul. (instagram/serba_serbi.djadoel)

Saat Motorola MicroTAC 9800X rilis, pasar smartphone tengah diramaikan dengan ponsel berukuran besar mirip batu bata. Menentang tren, Motorola MicroTAC 9800X cukup mencuri perhatian.

Perangkat Motorola MicroTAC 9800X ini juga menjadi ponsel pertama yang membawa bentuk baru yaitu flip phone yang kemudian menjadi tolak ukur beberapa ponsel lipat lainnya dalam sejarah ponsel.

Walaupun tidak punya banyak fitur menarik, pengguna Motorola MicroTAC 9800X hanya dapat menggunakan perangkat tersebut untuk telepon.

Motorola MicroTAC 9800X. (Wikipedia/Public Domain)
Motorola MicroTAC 9800X. (Wikipedia/Public Domain)

Menurut gambar yang diunggah akun @serba_serbi.djadoel ini, pada masanya, Motorola MicroTAC 9800X dijual dengan harga yang cukup fantastis yaitu sekitar Rp 11 jutaan hingga Rp 19 jutaan.

Lebih lanjut, Motorola MicroTAC 9800X diduga merupakan handphone pertama yang digunakan penyanyi muda yang meninggal dunia pada 19 Maret 1995 di umur 19 tahun ini seperti diklaim dalam postingan viral di media sosial tersebut.

Melihat Motorola MicroTAC 9800X sebagai ponsel jadul yang digunakan Nike Ardilla, kamu pernah menemukan atau mencoba HP jadul ini? Perangkat lawas yang ternyata berharga mahal di masanya.

Berita Terkait