Gadget

Lagi Iseng dan Gabut, Desta Beli HP Nokia Jadul Legendaris Ini

Ada yang masih ingat masa kejayaan dari HP jadul satu ini?

Rezza Dwi Rachmanta

Desta membeli HP jadul Nokia Communicator. (Kolase Instagram)
Desta membeli HP jadul Nokia Communicator. (Kolase Instagram)

Hitekno.com - Bagi beberapa orang, HP jadul terkadang memiliki sebuah kenangan tersendiri. Aktor sekaligus penyiar radio, Desta, ternyata mempunyai kebiasaan absurd.

Dalam sebuah video, Desta tercyduk membeli sebuah HP jadul dari seri Nokia Communicator. Netizen ikut bernostalgia mengenai keberadaan HP jadul yang pernah jaya di masanya tersebut.

Pada akhir 90-an hingga awal tahun 2000, Nokia pernah meluncurkan seri Communicator yang ditujukan untuk kalangan pebisnis. Era 2000 hingga 2005, para pengguna Nokia Communicator seakan-akan mempunyai kebanggaan tersendiri.

Kepopulerannya hampir sama seperti Nokia N-Gage dan 6600 yang ketika meluncur langsung menjadi HP incaran anak generasi 90-an.

Bedanya, pemilik HP legendaris Nokia Communicator merupakan bapak-bapak atau pekerja muda yang ingin tampil trendi dengan HP berlayar besar. Meski Nokia Communicator generasi pertama mempunyai layar 4,5 inci, namun ukuran ini cukup besar di zaman tersebut.

HP Nokia Communicator yang dibeli oleh Desta. (Instagram/ ussfeeds)
HP Nokia Communicator yang dibeli oleh Desta. (Instagram/ ussfeeds)

Akun fanspage @ussfeeds membagikan video ketika Desta memberikan jawaban yang cukup absurd mengenai alasannya membeli HP jadul. Video tersebut sebenarnya diunggah oleh penyiar radio populer Kenny Angeline Djafar (@kennydjafar).

"Sumpah-sumpah, teman aku super random, jadi dia beli Communicator zaman dulu merek Nokia segede gaban ini, masih ada antenanya dong guys, siapa lagi kalau buka Deddy Mahendra Desta, si sultan. Jadi aku cobain, ternyata speakernya di bagian belakang. Nah kita dengerin ya alasan dia beli handphone ini," kata keterangan di dalam video.

Tak disangka, Desta menjelaskan bahwa dirinya sedang iseng sehingga membeli Nokia Communicator tersebut. "Gue kadang juga bingung sih tiap hari gue browsing-browsing apa ya, gue mau beli apa ya. Kadang-kadang gue suka iseng ngetik kata-kata di e-commerce. Kayak kemarin gue iseng aja nyari handphone jadul, kan keluar itu. Nah gue pengen beli inilah," kata Desta.

Desta. (Instagram/ desta80s)
Desta. (Instagram/ desta80s)

Kocaknya lagi, Desta mengaku sering iseng browsing membeli sesuatu yang aneh ketika dalam perjalanan dan juga saat ia sedang BAB di kamar mandi.

Sebagai informasi, terdapat beberapa seri Communicator termasuk Nokia 9000 (9000i), Nokia 9110 (9110i), Nokia 9210, Nokia 9500, dan seri terbaru yang dirilis pada 2007 yaitu Nokia E90 Communicator.

Tiga generasi terakhir mengusung layar berwarna sementara Nokia 9000 Communicator dan Nokia 9110 Communicator masih mengandalkan layar monokrom.

Nokia 9000 Communicator memiliki beberapa spesifikasi termasuk layar 4,5 inci (640 x 200), RAM 4 MB, memori internal 4 MB, dan Intel 80386EX.

HP Jadul Nokia 9000 Communicator. (GSMArena)
HP Jadul Nokia 9000 Communicator. (GSMArena)

Meski sekarang nampak menyedihkan, namun itu adalah spesifikasi tingkat tinggi yang ada pada akhir 90-an. Fitur-fitur dari Nokia Communicator berkembang menjadi layanan yang merupakan cikal bakal smartphone.

Video mengenai Desta yang lagi iseng dan gabut saat membeli HP jadul legendaris membuat netizen bernostalgia.

"HP bos pada zamannya..wkwk," kata @d*ni*ak*sma

"Bokap doang yang punya, anaknya layar kuning yang ada senter," kenang @nu*rah*pr*ta*awi*aya95.

Itulah tadi video yang menampakkan Desta saat ia lagi gabut dan iseng sehingga membeli HP jadul Nokia Communicator, absurd banget ya? (Video bisa dilihat melalui link ini)

Berita Terkait