Gadget

Cara Scan Barcode di HP Android, Mudah dan Cepat

Begini cara scan barcode di HP Android.

Dinar Surya Oktarini

Ilustrasi barcode. (Pixabay/mohamed_hassan)
Ilustrasi barcode. (Pixabay/mohamed_hassan)

Hitekno.com - Barcode adalah kode batang dengan bentuk garis yang bisa dibaca oleh mesin. Barcode pada dasarnya adalah susunan garis vertikal hitam dan putih dengan ketebalan yang berbeda, begitu cara scan barcode di HP Android.

Sangat sederhana namun sangat berguna, dengan kegunaannya untuk menyimpan data-data spesifik misalnya seperti kode produksi, tanggal kadaluarsa, serta nomor identitas lingkaran konsentris atau tersembunyi dalam sebuah gambar. Penggunaan barcode sangatlah membantu dalam menganalisis data trend penjualan dengan sangat cepat.

Akan tetapi supaya kita bisa mengetahui informasi yang tersimpan di dalam barcode atau QR code tersebut, kita memerlukan alat pembaca barcode. Tak perlu membeli alat, scan barcode bisa kamu lakukan dengan HP Android.

Cara scan barcode di HP Android cukup mudah, bahkan untuk beberapa HP versi terbaru sudah tersedia fitur bawaan. Berikut cara scan barcode di HP Android versi HiTekno.com.

Ilustrasi barcode. (Pixabay/viarami)
Ilustrasi barcode. (Pixabay/viarami)

Cara Scan Barcode di HP Android Menggunakan Aplikasi QR Code Reader

Ada banyak aplikasi scan barcode yang bisa kamu gunakan secara gratis. Aplikasi besutan Green Apple Studio ini dapat memindai beragam jenis kode QR dan barcode termasuk teks, URL, ISBN, kontak, email, Wi-Fi, maps dan lain sebagainya. Selain itu, fitur pemindai yang disematkan di dalam aplikasi ini juga memiliki respon yang cukup cepat.

1. Cara Scan Barcode di HP Android yang pertama unduh terlebih dahulu aplikasi QR Code Reader di Google Play Store.
2. Buka aplikasi QR Code Reader.
3. Arahkan kamera ke barcode atau QR code yang ingin dipindai.
4. Cara Scan Barcode di HP Android secara otomatis aplikasi ini akan menampilkan hasilnya.

Perbedaan Barcode dengan QR Code

Masih banyak yang menganggap barcode dan QR Code itu sama. Walau masih berupa konfigurasi kode dan pengembangan pendahulunya barcode, kedua kode ini mempunyai perbedaan dari segi bentuk serta penggunaannya. Cara scan barcode di HP Android lebih dulu dan sering dipakai untuk mengurutkan sebuah produk mengikut jenis dan harganya.

Sedangkan QR Code adalah temuan baru yang hadir mengikuti perkembangan teknologi sehingga dapat memuat banyak informasi dan mudah dibaca serta dipindai dengan perangkat pintar seperti smartphone.

Walau terbilang ketinggalan zaman, barcode masih luas digunakan untuk keperluan industri perdagangan yang memang membutuhkan bentuk fisik barcode yang dicetak pada produk itu sendiri.

Dengan begini kegiatan penjualan jauh lebih mudah dan inilah yang sering kita lihat jika kita membeli barang di toko dan kasir akan memindai barcode tersebut yang menjadikan segalanya lebih mudah. Cukup mudah bukan cara scan barcode di HP Android?

Kontributor: Afifah Cinthia Pasha

Berita Terkait