Gadget

Cara Mengatasi Aplikasi Google Crash di HP Android, Inilah Penyebabnya

Jangan panik, ikuti cara mengatasi aplikasi Google crash berikut ini.

Agung Pratnyawan

Ilustrasi HP Android. (Android)
Ilustrasi HP Android. (Android)

Hitekno.com - Aplikasi Google crash atau force close berkali-kali di HP Android kamu? Tenang, ada cara untuk mengatasi masalah ini.

Berikut HiTekno.com bagikan cara mengatasi aplikasi Google crash di HP Android yang sempat membuat ramai pengguna belum lama ini.

Salah satu masalah yang sering muncul bagi kamu pengguna smartphone adalah aplikasi force close atau yang dikenal istilah crash. Force close adalah keadaan dimana ketika menjalankan sebuah aplikasi lalu secara tiba-tiba aplikasi tersebut tertutup.

Hal tersebut umumnya akan disertai dengan notifikasi yang bertuliskan “Google terus berhenti”, bagaimana cara mengatasinya? Berikut adalah ulasan tentang cara mengatasi aplikasi google crash berkali-kali.

Cara Mengatasi Aplikasi Google Force Close

Untuk mengatasi masalah tersebut dapat melakukan beberapa langkah seperti yang dijelaskan di bawah, berikut adalah beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi Google force close:

1. Perbarui Instalan Aplikasi

Cara mengatasi aplikasi google selalu crash yang pertama lakukan adalah membuka Google Play Store, kemudian pilih perbarui aplikasi yang sering mengalami crash

2. Paksa Berhenti dan Hapus Data Aplikasi

Cara kedua adalah dengan cara melakukan force close secara manual dan menghapus data aplikasi, hal ini adalah cara yang bisa dilakukan untuk mengantisipasi aplikasi crash

3. Install Ulang Aplikasi

Cara selanjutnya adalah menginstall ulang aplikasi, seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa terjadinya crash dapat disebabkan oleh aplikasi yang tidak terinstall secara sempurna.

Cara untuk mengatasinya adalah dengan cara melakukan install ulang aplikasi tersebut, langkahnya adalah dengan cara:

  • Menghapus aplikasi yang sudah terpasang
  • Install kembali

4. Restart Smartphone

Cara keempat adalah dengan cara restart, restart disini terbagi menjadi dua jenis yakni soft restart dan hard restart.

Soft restart adalah restart yang umumnya dilakukan yakni menekan pada tombol tertentu kemudian mengganggu sistem melakukan booting, sedangkan hard restart adalah merestart smartphone secara keseluruhan

5. Hapus Cache

Yang perlu kamu lakukan adalah:

  • Buka pengaturan
  • Manajer aplikasi
  • Cari secara manual aplikasi yang mengalami crash, contoh: Google Chrome
  • Pilih opsi hapus cache

 

Penyebab Aplikasi Google Force Close

Alvin Tse mencoba memberikan saran terkait layanan Google yang bermasalah. (Twitter/ atytse)
Alvin Tse mencoba memberikan saran terkait layanan Google yang bermasalah. (Twitter/ atytse)

Sebelum mengambil keputusan untuk melakukan langkah-langkah lebih lanjut terkait force close pada aplikasi Google, kamu harus mengetahui terlebih dahulu kemungkinan penyebab-penyebab terjadinya crash tersebut.

Berikut adalah beberapa kemungkinan yang dapat menyeabkan aplikasi crash:

1. Aplikasi Tidak kompatibel

Penyebab yang pertama adalah aplikasi tersebut sudah tidak kompatibel dengan HP kamu, seperti yang diketahui bahwa setiap aplikasi yang dibuat pastinya memiliki spesifikasi tertentu agar dapat digunakan.

Dalam kasus ini ada kemungkinan aplikasi yang kamu pasang sudah tidak lagi dengan smartphone, sehingga menyebabkan sistem aplikasi tersebut tidak dapat berjalan sebagaimana mestinya

2. Data Aplikasi Corrupt

Kemungkinan ini dapat terjadi apabila menginstall sebuah aplikasi tidak melalui Google Play Store, artinya aplikasi yang kamu install statusnya adalah aplikasi illegal.

Hal ini terjadi karena ketika ada kemungkinan bahwa aplikasi yang kamu install tersebut tidak kompatibel dengan HP atau ada beberapa data aplikasi yang tidak utuh saat melakukan penginstalan

3. RAM HP Android Penuh

Hal ini dapat terjadi karena kapasitas Ram yang kamu miliki sudah mencapai batasnya, penyebab dari Ram penuh adalah karena terlalu banyak aplikasi-aplikasi berukuran besar yang terinstall pada smartphone

4. Cache yang Melebihi Batas

Cache atau file sampah juga dapat menjadi penyebab aplikasi ada HP Android menjadi crash, cara mengatasinya adalah dengan cara menghapus cache secara rutin.

Itulah cara mengatasi aplikasi Google crash atau force close berkali-kali di HP Android. Semoga membantu. (Suara.com/ Dhea Alif Fatikha).

Berita Terkait