Gadget

Serius Tantang Android, HarmonyOS Kini Memiliki 134 Ribu Aplikasi

Huawei mengklaim bahwa lebih dari 4 juta developer siap membangun platform HarmonyOS.

Rezza Dwi Rachmanta

Ilustrasi HarmonyOS. (YouTube/ Huawei Mobile)
Ilustrasi HarmonyOS. (YouTube/ Huawei Mobile)

Hitekno.com - Upaya Huawei dalam meninggalkan Android secara perlahan rupanya tak main-main. Perusahaan baru-baru ini mengklaim bahwa platform HarmonyOS sudah memiliki 134 ribu aplikasi.

Dalam keterangan teranyar, perusahaan mengungkapkan bahwa lebih dari 130 ribu aplikasi sudah menggunakan HMS Core. Perlu diketahui, HMS Core sendiri terus berkembang dan kita telah melihat peluncuran versi 6.0 dengan dukungan yang diperluas untuk layanan cloud Huawei.

Tak hanya itu, Huawei juga mengumumkan bahwa lebih dari 4 juta developer atau pengembang telah menandatangani kontrak untuk membangun platform Harmony.

Dikutip dari GSMArena, perangkat yang memenuhi syarat untuk bermigrasi ke HarmonyOS 2.0 akan menyimpan aplikasi dan data (kecuali aplikasi yang mengandalkan Google Play Services).

Dengan kompatibilitas mundur, Huawei menantikan masa depan ketika HarmonyOS akan menjalankan aplikasinya sendiri, bukan aplikasi yang dirancang untuk Android.

Daftar perangkat Huawei yang menerima update HarmonyOS. (GSMArena)
Daftar perangkat Huawei yang menerima update HarmonyOS. (GSMArena)

Untuk semakin meningkatkan aplikasi dalam ekosistem HarmonyOS, perusahaan juga mengadakan penghargaan serta kompetisi khusus bagi pengembang.

Perusahaan meluncurkan Huawei HMS Global Application Innovation Competition 2021 yang mengundang pengembang untuk membuat aplikasi inovatif berbasis HMS Core.

Pengembang dari China, Eropa, Amerika Latin, Asia Pasifik, Timur Tengah, dan Afrika dapat berpartisipasi dalam kompetisi tersebut untuk memperebutkan hadiah senilai 1 juta dolar AS atau Rp 14,2 miliar.

Selain hadiah 1 juta dolar AS, Huawei juga akan menawarkan penghargaan lain, termasuk dukungan pemasaran, sumber daya cloud, insentif untuk menggunakan sistem pembayaran HMS Core dan lain-lain.

Produk Baru yang Didukung oleh HarmonyOS 2.(Huawei)
Produk Baru yang Didukung oleh HarmonyOS 2.(Huawei)

Beberapa waktu lalu perusahaan sudah mengumumkan bahwa puluhan ribu aplikasi sudah dapat dinikmati oleh lebih dari 10 juta pengguna.

Huawei bahkan mengklaim bahwa HarmonyOS adalah ekosistem seluler terbesar ketiga di dunia. Huawei juga bersiap "migrasi besar-besaran" setelah perusahaan berencana memberikan update ke HarmonyOS 2 pada 100 juta perangkat, baik smartphone dan tablet.

Mengingat Huawei begitu serius dalam melakukan manuver pada HarmonyOS, cukup menarik dinantikan apakah mereka dapat menjadi penantang utama Android dalam beberapa waktu ke depan.

Berita Terkait