Gadget

Mengenal Apa Itu Broadband 5G, Fixed Wireless Access, dan MiFi?

Inilah beragam kesiapan MediaTek menyiapkan platform untuk jaringan 5G.

Agung Pratnyawan

Chip MediaTek. (MediaTek)
Chip MediaTek. (MediaTek)

Hitekno.com - Apakah kamu tahu apa itu Broadband 5G, Fixed Wireless Access, dan MiFi yang mulai didengungkan bersamaan ramainya pemakaian jaringan 5G. Termasuk MediaTek yang ikut mempopulerkannya.

Mari mengawali Broadband 5G dengan MediaTek T750. Platform 5G ini dirancang untuk perangkat CPE (consumer premise equipment) yang dapat menghadirkan Akses Nirkabel Tetap (Fixed Wireless Access/FWA) di gateway atau router, dan perangkat Mobile Hotspot (MiFi).

Platform T750 dapat menerima koneksi data multi-Gigabit 5G dan mengubahnya menjadi Wi-Fi 6 lokal dan hingga dua koneksi Ethernet 2.5Gbps untuk digunakan di rumah atau di kantor.

Akses Nirkabel Tetap (Fixed Wireless Access) 5G

Pertumbuhan perangkat rumah pintar yang pesat, ditambah dengan lonjakan orang yang bekerja dari rumah, juga yang mengikuti kelas online dan yang menggunakan layanan seperti tele-health dan konferensi video, kini membutuhkan konektivitas broadband berkecepatan tinggi yang merata.

Peluncuran dan cakupan layanan 5G terus meningkat dengan cepat, serta laju pertumbuhannya seringkali lebih cepat daripada layanan fiber dan kabel multi-Gigabit lainnya, menjadikan 5G FWA menjadi pilihan yang menarik bagi banyak orang baik saat ini dan hingga dekade selanjutnya.

Firma analis IDC memperkirakan pasar router dan gateway global 5G dan LTE-connected akan tumbuh dari sekitar USD 979 juta pada tahun 2019 menjadi hampir menyentuh USD 3 miliar pada tahun 2024.

Counterpoint Research juga memproyeksikan akses nirkabel tetap jaringan 5G tumbuh dari 10,3 juta pelanggan pada tahun 2020 menjadi lebih dari 450 juta pelanggan pada tahun 2030.

Ilustrasi jaringan 5G. (Pixabay)
Ilustrasi jaringan 5G. (Pixabay)

 

5G MiFi

Sementara itu, mobile hotspot (MiFi) 5G, sebagai perangkat bertenaga baterai yang sangat mudah dikantongi, memungkinkan satu atau banyak pengguna mengakses internet sangat cepat dengan mengubah broadband 5G ke Wi-Fi lokal.

Kemudahan ini akan sangat berguna kapan saja terutama saat bepergian, seperti perjalanan atau wisata keluarga dengan grup tour, yang menyediakan internet di dalam kendaraan, atau saat perjalanan bisnis di luar negeri.

MediaTek T750

Terlepas dari perbedaan perangkat antara FWA dan MiFi, MediaTek T750 merupakan platform yang sangat ringkas dan sangat serbaguna, yang memungkinkan para pengguna menggunakan keduanya sebagai basis teknologi.

Teknologi ini dibuat khusus untuk data, dan chip 7nm sangat hemat daya dengan teknologi MediaTek 5G UltraSave yang mana berarti dapat bekerja sepanjang hari dengan daya baterai. Perbedaan dari keunggulan perangkat ini akan langsung terasa saat digunakan karena teknologi ini jauh melampaui apa yang dapat ditawarkan oleh perangkat generasi sebelumnya.

Platform MediaTek T750 adalah chipset komprehensif yang mencakup MT6890 5G-integrated 7nm SoC, MT6190 12nm Transceiver, plus ET, GNSS dan PMIC.

Fitur-Fitur Utama Platform MediaTek T750 (MediaTek MT6890 5G-integrated SoC):

  • Powerful quad-core Arm Cortex-A55 2GHz
  • Memori ultra-fast LPDDR4X di 4266Mbps
  • Up to 4.7Gbps DL, 2.3Gbps UL
  • Dukungan untuk jaringan 5G sub-6GHz standalone dan non-standalone (SA/NSA), ditambah dukungan multi-mode 2G-5G yang komprehensif
  • Agregasi operator 2CC 5G (FR1) dalam mode FDD dan TDD
  • Dukungan hingga agregasi operator 4G LTE 5CC
  • GPU tanam dan driver tampilan untuk tampilan HD hingga 720p
  • Empat antarmuka PCIe yang memungkinkan pilihan modul Wi-Fi dan Bluetooth, termasuk dukungan untuk MediaTek MT7915 Wi-Fi 6 / Bluetooth 5.x
  • Dua antarmuka SGMII 2.5Gbps untuk memungkinkan berbagai konfigurasi LAN
  • Antarmuka PCM untuk telepon land-line eksternal

Berita Terkait