Gadget

Masuk ke Indonesia, Radiasi Jaringan 5G Ancam Kesehatan Manusia?

Menyusul kedatangannya ini, sejumlah rumor mengenai bahaya radiasi jaringan 5G lalu menjadi sorotan banyak pihak.

Amelia Prisilia

Ilustrasi jaringan 5G. (Pixabay)
Ilustrasi jaringan 5G. (Pixabay)

Hitekno.com - Mengganti jaringan 4G, akhirnya jaringan 5G bisa dicicipi oleh penggunanya di Indonesia. Bersamaan dengan perilisannya, banyak rumor yang lalu mempertanyakan mengenai radiasi jaringan 5G yang kemungkinan mengancam kesehatan manusia.

Jaringan 5G akhirnya dikenalkan di Indonesia pada Kamis (27/5/2021) lalu. Dan secara perlahan akan meluaskan jangkauan ke berbagai wilayah Indonesia. Lebih kekinian, jaringan ini menawarkan kecepatan dengan teknologi seluler generasi terbaru.

Sebagai informasi, jaringan 5G diklaim memiliki kecepatan hingga 100 kali lipat jika dibandingkan dengan jaringan 4G yang selama ini menjadi andalan provider dan gadget kekinian.

Menyusul kedatangannya ini, sejumlah rumor mengenai bahaya radiasi jaringan 5G lalu menjadi sorotan banyak pihak. Melansir dari South China Morning Post (SCMP), Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) lalu memberikan konfirmasinya.

WHO menyebut jika ada konsekuensi kesehatan potensial yang disebabkan oleh jaringan 5G. Namun, pada umumnya, penggunaan HP dengan jaringan internet dalam jangka panjang nyatanya memang berefek pada kesehatan manusia.

Ilustrasi iPhone dengan jaringan 5G. (unsplash/Frederik Lipfert)
Ilustrasi iPhone dengan jaringan 5G. (unsplash/Frederik Lipfert)

 

Secara khusus, Badan Pangan, Kesehatan Lingkungan dan Keselamatan Kerja (ANSES) Prancis menyebut jika penggunaan teknologi yang terhubung dengan internet dikhawatirkan dapat memberikan dampak pada kemampuan kognitif anak-anak.

Melansir dari Science Alert, serius menanggapi bahaya jaringan 5G ini, Belgia di awal tahun 2020 memutuskan untuk menghentikan tes jaringan karena masalah radiasi.

Namun, hal ini justru dibantah oleh Kepala Komunikasi Teknologi penyedia jaringan seluler di Inggris, EE Howard Jones yang menyebutkan bahwa panjang gelombang di jaringan 5G telah melewati masa uji dan telah sepenuhnya aman.

Sama halnya dengan teknologi lainnya yang memadukan gadget dan jaringan kencang, tidak dapat dipungkiri jika jaringan 5G jelas membawa efek radiasi yang buruk bagi kesehatan manusia jika digunakan dalam waktu yang lama.

Berita Terkait