Gadget

Lenovo ThinkEdge SE30 dan SE50, Embedded Komputer dengan Prosesor Intel

Lenovo akan memasarkan dua perangkat baru ini pada pertengahan 2021 mendatang.

Agung Pratnyawan

Lenovo ThinkEdge SE30. (Lenovo)
Lenovo ThinkEdge SE30. (Lenovo)

Hitekno.com - Lenovo resmi mengenalkan dua embedded komputer baru mereka dalam pameran Embedded World 2021 Digital, Senin (31/5/2021). Yakni Lenovo ThinkEdge SE30 dan Lenovo ThinkEdge SE30.

Perangkat embedded Lenovo ThinkEdge baru ini didukung oleh teknologi Intel dan dirancang untuk kebutuhan data masa depan.

Diperkirakan pada 2025, 75 persen data yang dihasilkan perusahaan akan diproses dengan edge. Survei yang dilakukan Lenovo pada Desember 2020 mengungkap bahwa solusi komputasi edge merupakan prioritas utama dan perlu penerapan yang cepat.

"Komputasi edge adalah infrastruktur penting untuk transformasi cerdas dalam perusahaan," kata Jon Pershke, wakil presiden Strategy and Emerging Business for Lenovo's Intelligent Devices Group.

Lenovo ThinkEdge SE30 ditenagai oleh Intel Core i5 vPro Generasi ke-11 yang dapat meningkatkan daya komputasi, mempercepat beban kerja AI, dan dibangun untuk penerapan edge di perusahaan dengan rentang suhu yang diperpanjang dari minus (-) 20 hingga 60 derajat Celcius.

ThinkEdge SE30. [Lenovo Indonesia]
ThinkEdge SE30. [Lenovo Indonesia]

 

Lenovo ThinkEdge SE30 akan dimulai dengan dukungan 4G secara global dan memiliki ketersediaan 5G dengan dukungan operator pada paruh kedua tahun ini.

Perangkat yang dapat digunakan di bidang manufaktur, perawatan, hingga ATM untuk ritel pintar itu juga menyediakan memori hingga 16GB dan penyimpanan 1TB.

Sementara itu, Lenovo ThinkEdge SE50 memiliki prosesor Intel i5 atau i7 vPro untuk komputasi industri dengan memori hingga 32GB.

Pengguna perangkat ini dapat menggabungkan dan menganalisis data real-time dari perangkat IoT. ThinkEdge SE50 dapat memfilter dan meneruskan data IoT di seluruh WAN ke cloud atau pusat data.

Telah dibekali peringkat IP50, Lenovo ThinkEdge SE50 memiliki penyimpanan hingga 2TB dan bekerja pada kisaran suhu nol hingga 50 derajat Celcius.

ThinkEdge SE30. [Lenovo Indonesia]
ThinkEdge SE30. [Lenovo Indonesia]

 

Lenovo ThinkEdge SE30 dan Lenovo ThinkEdge SE50 akan tersedia di pasar tertentu di seluruh dunia mulai pertengahan 2021.

Akan dipasarkan ke mana saja perangkat embedded komputer Lenovo ThinkEdge SE30 dan Lenovo ThinkEdge SE50 ini? (Suara.com/ Lintang Siltya Utami).

Berita Terkait