Gadget

Lenovo Yoga Pad Pro Dikenalkan, Tablet Jumbo Sekaligus Layar Eksternal

Tablet unik ini sudah ditenagai chipset Snapdragon 870 dan dibekali speaker premium.

Rezza Dwi Rachmanta

Lenovo Yoga Pad Pro bisa digunakan sebagai layar eksternal. (Lenovo)
Lenovo Yoga Pad Pro bisa digunakan sebagai layar eksternal. (Lenovo)

Hitekno.com - Lenovo baru saja mengenalkan tablet baru di kelas premium dengan fitur yang tak biasa. Mengusung nama komersial sebagai Lenovo Yoga Pad Pro, tablet juga bisa berfungsi sebagai layar eksternal.

Beberapa yang menjadi nilai jual adalah chipset kelas flagship, speaker premium, dan layar berukuran lega. Kita bahkan dapat menggunakan Lenovo Yoga Pad Pro sebagai layar eksternal untuk laptop dan smartphone melalui port micro-HDMI yang disertakan.

Menghubungkannya menjadi layar eksternal juga memungkinkan Anda mengaktifkan mode desktop, mirip seperti yang kita lihat pada fitur Samsung DeX.

Dalam situs resmi Lenovo, perangkat dapat digunakan sebagai layar eksternal yang terhubung dengan konsol Nintendo Switch.

Bicara soal jeroan, Lenovo Yoga Pad Pro ditenagai chipset Qualcomm Snapdragon 870 yang dipasangkan dengan RAM 8 GB dan memori internal 256 GB (UFS 3.0).

Tablet Lenovo Yoga Pad Pro bisa digunakan sebagai layar eksternal. (Lenovo)
Tablet Lenovo Yoga Pad Pro bisa digunakan sebagai layar eksternal. (Lenovo)

 

Perangkat menjalankan sistem operasi Android 11 yang dikustomisasi ke dalam antarmuka ZUI Lenovo. Tablet baru ini memiliki panel LCD LTPS 13 inci dengan resolusi 2.160 x 1.350 piksel (16:10) dan kecerahan puncak 400 nits.

Meskipun hanya mendukung fitur refresh rate standar 60 Hz, panel sudah dibekali HDR10, Dolby Vision, dan mencakup 100% spektrum sRGB.

Dikutip dari NotebookCheck, perangkat mempunyai empat speaker JBL (2x 2,5W dan 2 x 2W), Dolby Atmos, dan tiga mikrofon. Dengan layar jumbo, Lenovo Yoga Pad Pro juga dibekali baterai 10.000 mAh.

Lenovo Yoga Pad Pro mengusung layar jumbo. (Lenovo)
Lenovo Yoga Pad Pro mengusung layar jumbo. (Lenovo)

 

Masih belum diketahui apakah tablet mendukung fast charging, namun kita mengharapkan kecepatan pengisian daya ada pada rata-rata 45 W.

Meski menyasar segmen premium, tablet satu ini tak dibekali kamera belakang. Sepertinya Lenovo menganggap bahwa pengguna tablet tak terlalu mementingkan kamera belakang.

Lenovo Yoga Pad Pro dibekali kamera depan 8 MP bersama dengan sensor ToF. Fitur-fitur lainnya termasuk Wi-Fi dual-band, Wi-Fi 6, Bluetooth 5.2, dan USB-C 3.1.

Lenovo Yoga Pad Pro mengusung layar jumbo. (Lenovo)
Lenovo Yoga Pad Pro mengusung layar jumbo. (Lenovo)

 

Harga Lenovo Yoga Pad Pro dibanderol sebesar 3.300 yuan atau Rp 7,4 juta. Perangkat masih tersedia terbatas di China dan masih belum diketahui terkait ketersediaan secara global.

Mengingat seri Yoga banyak dikenalkan secara global, kita berharap bahwa tablet satu ini bisa segera tersedia ke pasar internasional sebentar lagi. Lenovo Yoga Pad Pro membawa fitur yang jarang ditemukan pada tablet lain sehingga menjadi pilihan menarik di kelas premium.

Berita Terkait