Gadget

Jaringan 5G Hadir di Indonesia Pekan Ini, Apakah Perlu Ganti Kartu SIM?

Ini penjelasan Telkomsel soal jaringan 5G di Indonesia.

Agung Pratnyawan

Ilustrasi SIM Card. (Pixabay)
Ilustrasi SIM Card. (Pixabay)

Hitekno.com - Telkomsel bakal segera menghadirkan jaringan 5 ke Indonesia pekan ini. Tepatnya 27 Mei 2021, sejumlah area dan kota akan merasakan internet 5G. Ketika sudah terjangkau, apakah perlu ganti kartum SIM untuk bisa merasakannya?

Namun yang pasti, untuk bisa merasakan internet jaringan 5G yang dihadirkan Telkomsel ini dibutuhkan perangkat smartphone 5G lebih dulu.

Tetapi apakah perlu kartu SIM 5G untuk menikmatinya?

Direktur Utama Telkomsel, Setyanto Hantoro, dalam jumpa pers di Jakarta, Senin (24/5/2021), mengatakan bahwa berbeda dengan ketika perpindahan ke 4G, internet 5G tak mewajibkan pengguna berganti ke kartu SIM 5G.

"Untuk saat ini, tidak perlu ganti kartu SIM. Dengan catatan sudah menggunakan kartu 4G," jelas Setyanto dalam jumpa pers yang disaksikan dari Bogor, Jawa Barat.

SIM Card
SIM Card

Sementara soal harga paket internet 5G, Setyanto mengatakan informasi lebih rinci akan diumumkan pada 27 Mei saat peresmian teknologi baru tersebut. Ia hanya memastikan bahwa harga internet 5G akan terjangkau atau affordable.

"Paketnya tinggal tunggu tanggal main. Kami akan berikan layanan terbaik," kata Setyanto, "Yang pasti kami akan memberikan harga affordable, denga layanan terbaik secara kecepatan, latensi, dan kapasitas yang jauh dari 4G."

Lebih lanjut Setyanto membeberkan bahwa layanan 5G Telkomsel akan mulai tersedia di beberapa kota, mulai dari Jakarta, secara terbatas. Di Jakarta yang disasar adalah kawasan pemukiman.

"Yang fokuskan adalah wilayah pemukiman, misalnya di Kelapa Gading, Widya Chandra, dan BSD (Tangerang)," beber dia.

Seperti diwartakan sebelumnya Telkomsel akan menjadi operator seluler pertama yang menyediakan internet 5G secara komersial di Indonesia mulai pekan ini. Hak ini diperoleh setelah Telkomsel mengantongi izin dari Kominfo pada 21 Mei kemarin.

Itulah penjelasan Telkomsel yang mengatakan tidak perlu ganti kartu SIM untuk bisa merasakan jaringan 5G nantinya. (Suara.com/ Liberty Jemadu).

Berita Terkait