Gadget

Android 12 Bakal Punya Mode Game, Apa Bedanya?

Satu lagi fitur menarik dari Android 12.

Agung Pratnyawan

Android 12. (Google)
Android 12. (Google)

Hitekno.com - Android 12, update baru sistem operasi yang resmi dikenalkan dalam Google I/O 2021 belum lama ini. Apa saja yang hadir dalam pembaruan tersebut.

Menariknya, sistem operasi Android 12 ini telah dihadirkan untuk sejumlah perangkat. Yakni melalui Android 12 Beta yang sudah bisa diinstal untuk beberapa smartphone Android.

Di OS tersebut, ada sebuah fitur tersembunyi yang diyakini sebagai Game Mode khusus.

Menurut pengguna Reddit, Mode Game ini tersimpan di opsi Settings > Digital Wellbeing > Do Not Disturb > Schedules.

Pengguna bernama Kilarasx menemukan mode ini di bawah opsi Sleeping dan Event Schedules.

Mengutip Gadgetsnow, Jumat (21/5/2021), penempatan mode game ini mungkin sangat unik karena tidak biasa ditampilkan secara tersembunyi.

Namun ini menandakan Google sedang berencana menghadirkan mode tersebut langsung ke dalam sistem operasi tingkat inti.

Ilustrasi main game. (Shutterstock)
Ilustrasi main game. (Shutterstock)

 

Jika mode game diklik, laman akan mengarahkan ke menu baru yang menampilkan enam opsi untuk dipilih. Mulai dari Quick Screenshots, Screen Recording, On-screen FPS, hingga Dont Disturb.

Tak hanya Kilarasx, Android Authority pun menemukan mode yang sama ketika mencicipi Android 12 beta lewat Google Pixel 4.

Selain itu, ada pula opsi Game Optimisation dan YouTube Live. Artinya, Google memang mau menghadirkan fitur game mode ini langsung ke OS, bukan hanya sekadar ke software yang sudah banyak disediakan perusahaan lainnya.

Sayangnya, fitur Game Optimisation masih belum berfungsi saat ini. Diprediksi, Google akan mengaktifkannya untuk versi Android 12 beta selanjutnya.

Apakah HP Android kamu sudah mendapatkan pembaruan sistem operasi Android 12 Beta juga? Apakah sudah mendapati mode game tersebut? (Suara.com/ Dicky Prastya).

Berita Terkait