Gadget

Gandeng LG, Samsung Garap Panel TV OLED?

Kesepakatan antara LG dan Samsung ini memang bukan yang pertama.

Dinar Surya Oktarini | Amelia Prisilia

Samsung TV. (Samsung)
Samsung TV. (Samsung)

Hitekno.com - Rumor menyebut jika kolaborasi antara Samsung dan LG akan segera dimulai pada tahun 2021 ini. Bukan tanpa alasan, rumor ini muncul usai Samsung disebut-sebut menggandeng LG untuk menggarap panel TV OLED anyarnya.

Belum mencapai kesepakatan resmi, Samsung dilaporkan masih dalam tahap pembicaraan terkait kerja sama yang dibangun bersama LG untuk panel baru dari keluarganya. Tidak menutup kemungkinan jika kesepakatan ini segera mencapai persetujuan.

Dilansir dari GSM Arena, pejabat Samsung dan LG memang sudah bertemu untuk membahas panel OLED dari keluarganya. Seorang pegawai LG lalu membocorkan sedikit informasi terkait hal ini.

Dilaporkan oleh pegawai LG tersebut, saat ini perusahaan masih belum menandatangani kontrak terkait pasokan yang diminta. Namun, konsultasi terkait produksi terus dilakukan terkait detail akhirnya.

Kesepakatan antara LG dan Samsung ini memang bukan yang pertama. Kedua perusahaan teknologi ini sempat membangun komunikasi sebelumnya untuk bekerja sama di masa lalu.

Logo LG. [Shutterstock]
Logo LG. [Shutterstock]

 

Jika kesepakatan keduanya resmi dilakukan, nantinya LG akan mengirimkan 1 juta panel ke Samsung di kuartal kedua tahun 2021 ini. Kebutuhan panel akan semakin meningkat hingga 4 juta di tahun 2022 mendatang.

Jalinan kerja sama Samsung guna kebutuhan panel TV OLED ini memang tidak biasa dilakukan oleh perusahaan Korea Selatan ini. Namun saat ini, Samsung memutuskan untuk beralih ke panel TV OLED dari LG sebagai pasokannya.

Kebutuhan Samsung ini terkait rencana perusahaan untuk melakukan peningkatan panel LCD. Samsung dilaporkan tengah mengerjakan prototype untuk TV OLED Quantum Dot yang menggunakan panel LCD dari LG sebagai andalannya.

Berita Terkait