Gadget

Asus Hadirkan Server AMD EPYC 7003 Series, untuk Data Center dan HPC

Berbass AMD EPYC 7003, ini deretan server Asus terbaru.

Agung Pratnyawan

Server Asus RS720A-E11-RS24U AMD EPYC 7003 high-performance server. (Asus)
Server Asus RS720A-E11-RS24U AMD EPYC 7003 high-performance server. (Asus)

Hitekno.com - Asus tidak hanya memproduksi komponen PC dan laptop saja, namun juga memiliki sederet produk di kelas server juga workstation. Seperti paling baru, dikenalkan server berbasis AMD EPYC 7003 terbaru.

Kehadiran lini server berbasis prosesor AMD EPYC 7003 terbaru ini melengkapi portofolio asus dalam kelas server dan workstation.

Penawaran baru ini memiliki fitur server soket ganda dan soket tunggal dalam sasis 4U, 2U dan 1U dengan arsitektur, sasis dan desain modular baru untuk meningkatkan fleksibilitas dan skalabilitas sistem.

Asus juga memberikan dukungan untuk teknologi PCI Express (PCIe) 4.0, OCP 3.0 dan BMC terbaru untuk mendorong kinerja terdepan dan TCO yang ditingkatkan dengan kinerja server yang lebih baik.

Portofolio server berbasis AMD EPYC 7003

Server seri Asus RS720A, RS700A, RS520A dan RS500A-E11 yang baru menawarkan desain yang diperbarui berdasarkan prosesor AMD EPYC 7003 soket ganda dan soket tunggal.

Asus juga akan menawarkan pembaruan BIOS untuk mengaktifkan server berdasarkan prosesor AMD EPYC 7002 generasi sebelumnya, termasuk seri ESC4000A-E10, RS620SA-E10-RS12 dan RS500A-E10, untuk memanfaatkan semua fitur generasi baru ini, memastikan peningkatan dan kinerja yang konsisten, serta kompatibilitas dengan platform AMD terbaru.

Rangkaian baru ini akan didukung oleh server GPU seri Asus ESC yang akan datang dalam sasis 4U untuk mendukung hingga delapan GPU NVIDIA atau kartu akselerator Xilinx FPGA dalam satu sistem, dan dioptimalkan untuk AI, pembelajaran mendalam, dan beban kerja HPC. Daftar lengkap semua produk server Asus tersedia di: https://www.Asus.com/Commercial-Servers-Workstations.

Keamanan server dan infrastruktur yang ditingkatkan akan diterapkan dalam seri baru ini dengan mengintegrasikan PFR FPGA[i] sebagai solusi Root-of-Trust platform untuk ketahanan firmware, ditambah firmware reguler penjaga deteksi ancaman dan pemulihan dari serangan keamanan.

Prosesor seri AMD EPYC 7003 terbaru bertujuan untuk menawarkan kinerja yang luar biasa dan terus meningkatkan standar untuk pusat data moderen.

Berdasarkan arsitektur inti Zen 3, prosesor AMD EPYC terbaru membantu bisnis memberikan waktu yang lebih baik untuk mencapai hasil, diharapkan dapat memberikan peningkatan kinerja generasi hingga dua digit.

CPU AMD EPYC 7003 series dapat membantu perusahaan memaksimalkan keuntungan dari investasi software mereka dan memberikan keuntungan ROI yang menarik untuk pusat data.

Server Asus berbasis AMD EPYC 7003 Series. (Asus)
Server Asus berbasis AMD EPYC 7003 Series. (Asus)

 

Kinerja pemecah rekor, diverifikasi oleh SPEC.org

Memanfaatkan kinerja kepemimpinan komputasi prosesor AMD EPYC 7003, server Asus RS720A-E11 yang baru mencapai hasil No. 1 untuk kinerja dengan prosesor AMD EPYC 7763 ganda - mengamankan peringkat teratas di seluruh benchmark SPEC CPU2017, termasuk integer rate, floating- point rate, kecepatan integer dan floating-point untuk aplikasi komputasi intensif.

Hasilnya menunjukkan bahwa RS720A-E11 melanjutkan kepemimpinan Asus dengan prosesor AMD EPYC baru, memberikan kinerja luar biasa untuk industri server.

Arsitektur Asus CPU-balanced

Prosesor seri AMD EPYC 7003 baru, unggul dalam menyediakan fitur dan fungsionalitas lengkap untuk platform soket ganda dan soket tunggal. Server Asus yang baru memperkenalkan arsitektur yang seimbang dengan CPU untuk memungkinkan efisiensi kinerja CPU yang aman dan optimal.

Arsitektur ini memperluas bandwidth penuh ke konfigurasi CPU ganda atau tunggal, memungkinkan lebih banyak kemampuan komputasi dan efisiensi daya keseluruhan yang jauh lebih baik untuk beban kerja komputansi intensif.

Arsitektur ini memungkinkan pelanggan untuk memanfaatkan sepenuhnya kemampuan bandwidth dari arsitektur CPU ganda dengan satu CPU, sambil menawarkan fleksibilitas untuk mengupgrade di waktu mendatang dengan penambahan CPU kedua.

Desain modular serbaguna

Server Asus terbaru memperkenalkan desain modular baru untuk memungkinkan peningkatan konfigurasi yang mudah untuk memenuhi beban kerja pusat data yang semakin meningkat.

Misalnya, desain modul LAN onboard memungkinkan port LAN panel belakang default diganti dengan empat port LAN 1 Gb atau dua 10 Gb, dan satu slot PCIe 4.0 panel belakang dapat dialihkan untuk OCP Modul 3.0 - memungkinkan kecepatan transfer tingkat pusat data hingga 200 GB/s.

Solusi penyimpanan yang skalabel

Server Asus berdasarkan prosesor AMD EPYC 7003 yang baru memiliki fitur solusi penyimpanan yang dapat diskalakan untuk mendukung kinerja maksimum untuk fleksibilitas pusat data, dan memungkinkan interface SAS/SATA/NVMe standar industri melalui adaptor Broadcom Tri-Mode RAID untuk meningkatkan konektivitas dan keamanan. 

Drive NVMe yang fleksibel di panel depan memungkinkan penyimpanan yang luas

Manajemen infrastruktur IT jarak jauh

Dengan generasi ini, Asus juga memperkenalkan solusi manajemen server Asus ASMB10-iKVM baru untuk mendukung platform AMD terbaru.

Dibangun di atas chipset ASPEED 2600 yang berjalan pada AMI MegaRAC SP-X terbaru yang memberikan waktu boot BMC lebih cepat hingga 39% dibandingkan dengan chipset 2500, dan menampilkan kinerja jaringan BMC yang ditingkatkan, semua server Asus hadir dengan solusi ini dan memungkinkan manajemen jarak jauh server band melalui interface WebGUI, Intelligent Platform Management Interface (IPMI) dan Redfish API.

Asus Control Center (ACC) adalah software IT terintegrasi yang memungkinkan pembaruan BIOS jarak jauh, pemantauan beberapa sistem melalui perangkat seluler, dan pembaruan dan pengiriman perangkat lunak sekali klik, memungkinkan manajemen server yang lebih mudah untuk infrastruktur IT apa pun.

Berita Terkait