Bantu Overclocking, Asus Hadirkan GPU Tweak III Open Beta

Tak hanya overclocking, GPU Tweak III juga membantu dalam monitoring hingga optimalisasi.

Agung Pratnyawan
Senin, 15 Februari 2021 | 14:02 WIB
Asus GPU Tweak III. (Asus)

Asus GPU Tweak III. (Asus)

Hitekno.com - Tak hanya meluncurkan hardware, Asus juga menawarkan berbagai solusi software. Yakni dengan hadirnya GPU Tweak III yang diluncurkan versi open beta untuk melakukan pengaturan hingga pemantuan kartu grafis.

Apa saja yang ditawarkan dari software ini? Asus menghadirkan GPU Tweak III open beta sebagai perangkat lunak yang membantu overclocking pada kartu grafis.

Dengan interface yang telah diperbarui, GPU Tweak III menempatkan semua kontrol overclocking inti serta kipas tepat pada bagian awal untuk membuat kinerja ekstra dari GPU menjadi lebih cepat dan mudah dari sebelumnya.

Baca Juga: Resmi Diluncurkan, Inilah Kartu Grafis Asus GeForce RTX 3060 12 GB Series

Opsi penyesuaian terbaru memungkinkan pengguna untuk mengubah ukuran dan mengatur ulang dashboard, jendela pemantauan, dan tampilan di layar sehingga pengguna dapat mengakses informasi tepat dengan yang mereka butuhkan pada waktu - waktu tertentu.

Setelah mengubah profil untuk game atau aplikasi tertentu, pengguna dapat mengkonfigurasi GPU Tweak III untuk mengelola pengaturan di latar belakang dengan menghubungkan program melalui fitur Profile Connect terbaru.

Pengaturan ulang dan pengujian

Baca Juga: Sambut Intel Core Gen 11, Asus Kenalkan Sederet Motherboard Z590

Asus GPU Tweak III - Overclocking. (Asus)
Asus GPU Tweak III - Overclocking. (Asus)

Pada pertengahan 2018, Asus meluncurkan program pengujian dan pengumpulan feedback dalam beberapa tahapan pada GPU Tweak II yang puncaknya dilakukan pada open beta jangka panjang melalui forum ROG.

Dengan menggunakan data pengguna dalam jumlah besar yang mencakup banyak konfigurasi hardware, tim GPU Tweak meningkatkan fungsionalitas inti overclocking, menyetel stabilitas mesin backend, dan meluncurkan fitur terbaru seperti OC Scanner dengan cara yang terukur.

Jadi, untuk versi ketiga dari GPU Tweak, Asus bertujuan untuk membangun arsitektur yang fleksibel yang dapat menjawab berbagai kAsus penggunaan untuk komunitas yang luas. Hampir setiap elemen user interface (UI) dapat diubah ukurannya, diatur maupun diwarnai ulang sehingga sesuai dengan kebutuhan pengguna serta memberikan sorotan pada metrik dan data yang ingin dilacak pengguna, menyesuaikan dengan sistem yang diinginkan.

Baca Juga: CES 2021, Asus Kenalkan Sederet Monitor Gaming hingga Konten Kreator

Lebih banyak lagi statistik kinerja yang dapat dipantau, dan semuanya dapat dilihat dengan dua cara berbeda, yakni melalui jendela desktop yang dapat diskalakan ataupun dalam sebuah permainan melalui tampilan OSD yang dapat disesuaikan yang dibuat khusus untuk GPU Tweak III.

Untuk membantu melacak metrik dari waktu ke waktu, saat ini pengguna juga dapat mengekspor log dan mengimpornya kembali untuk membandingkan performa antar sesi.

Di balik teknologi tersebut, penyetelan dan overclocking kartu grafis tetap menjadi fokus utama. Versi terbaru telah menjalani beberapa tahap pengujian untuk memastikan kinerja yang andal dengan semua kartu grafis pengguna Asus, ROG, dan TUF Gaming dengan tetap mempertahankan dukungan terhadap kartu grafis dari vendor lainnya. 

Baca Juga: Asus ZenBeam Latte L1 Dikenalkan, Proyektor Sekaligus Speaker Portabel

Preset OC dan Silent Modes telah dioptimalkan untuk GPU Nvidia dan AMD terbaru, dan pengguna yang menyetel kartu grafis mereka secara manual atau menggunakan OC Scanner sekarang dapat menggunakan fitur penyimpanan untuk menjaga pengaturan tetap sama saat membuat perubahan sistem.

Pengaturan kipas juga menyertakan opsi histeresis suhu dan periode polling agar pengguna dapat mengontrol seberapa cepat dan lancar kipas merespon perubahan termal.

Fitur Profile Connect

Asus GPU Tweak III - Profile Connect. (Asus)
Asus GPU Tweak III - Profile Connect. (Asus)

Game dan aplikasi memiliki tuntutan grafis yang berbeda, itulah sebabnya overclocking memungkinkan pengguna untuk membuat beberapa profil kinerja yang dapat ditukar melalui tombol menu atau hotkey.

Melalui fitur Profile Connect terbaru, GPU Tweak III menyediakan pendekatan otomatis untuk manajemen profil. Setelah melakukan penyetelan overclocking atau pengaturan kipas, pengguna dapat menyimpan profil dan menautkannya pada program yang diinginkan yang dapat dieksekusi sehingga GPU Tweak secara otomatis menerapkan pengaturan yang dibutuhkan saat bermain game atau menjalankan aplikasi.

Dengan hanya sedikit penyetelan, sebuah game dapat diatur menggunakan FPS maksimum dan aplikasi yang menunjang produktivitas dapat dioptimalkan untuk melakukan aktifitas tanpa memerlukan pengaturan yang rumit.

Fungsionalitas dari Profile Connect juga terdapat pada profil OSD, memungkinkan pengguna menentukan tampilan sesuai dengan keinginan dan kebutuhan untuk setiap game atau aplikasi yang ingin digunakan.

Untuk melengkapi hal tersebut, GPU Tweak III juga menyertakan mode pratinjau OSD yang memungkinkan pengguna melakukan screenshots untuk mengoptimalkan posisi elemen pemantauan dalam interface game atau aplikasi favorit mereka.

Siklus Pengembangan Berbasis Komunitas

Asus GPU Tweak III - Monitor. (Asus)
Asus GPU Tweak III - Monitor. (Asus)

Tidak hanya sekadar memodernisasi software itu sendiri, Asus juga tengah mengubah seluruh pendekatan pengembangan GPU Tweak yang dilakukan. Untuk menjadikan GPU Tweak III sebagai software terbaik, Asus telah membangun model pengembangan yang berfokus pada komunitas yang menekankan feedback dan transparansi.

Pengguna dapat memberikan feedback secara langsung kepada tim pengembangan melalui formulir pengiriman di halaman web software terbaru, atau pengguna juga dapat berdiskusi tentang aktifitas overclocking yang sedang dilakukan pada Official Republic of Gamers Discord.

Peluncuran terbaru akan diumumkan di kedua tempat dengan catatan serta masalah yang telah diketahui untuk dipertimbangkan.

Asus memiliki beberapa fitur terbaru yang rencananya akan diluncurkan pada GPU Tweak di sepanjang tahun ini, namun pengembangan ini akan dilakukan secara berhati-hati dan berulang-ulang agar tidak mempengaruhi fungsionalitas inti software.

Setelah peluncuran versi open beta, pada halaman web juga akan diluncurkan versi stable dan juga versi beta sehingga pengguna dapat menentukan versi yang mereka inginkan.

Peluncuran versi stable hanya akan terdapat peningkatan pada kompatibilitas dan pemeliharaan, sementara itu fitur-fitur terbaru masih harus melalui serangkaian peluncuran versi beta hingga telah teruji dengan cukup ketat untuk menggabungkannya dengan versi utama.

Kemudian, seluruh informasi akan dipublikasikan melalui halaman web GPU Tweak III untuk memberikan informasi tentang update terbaru.

Ketersediaan

GPU Tweak III gratis untuk digunakan, dan versi open beta telah tersedia secara global untuk para ahli overclocking maupun para pemula yang ingin menggunakannya. Peluncuran pertama ini masih hanya tersedia dalam bahasa Inggris, dan bahasa lainnya akan diluncurkan di waktu mendatang.

Selama periode open beta, pengguna diharapkan untuk mencoba fitur terbaru pada GPU Tweak III, namun versi stable dari GPU Tweak II juga tersedia untuk pengguna yang lebih menyukai pengalaman klasik. Pengembangan pada GPU Tweak II akan dihentikan ketika periode open beta GPU Tweak III telah selesai.

Berita Terkait
TERKINI

Cek apa yang ditawarkan Huawei MateBook D 14 sebagai laptop premium....

gadget | 20:25 WIB

Lonjakan signifikan dalam laba bersih tersebut melebihi harapan pasar dan menandai tingkat profitabilitas tertinggi kedu...

gadget | 16:03 WIB

Berapa harga Huawei MatePad 11.5 PaperMatte Edition ini?...

gadget | 15:55 WIB

Catat tanggalnya, Xiaomi 14 siap rilis ke Indonesia....

gadget | 15:18 WIB

Berapa harga Samsung Galaxy A55 5G dan Samsung Galaxy A35 5G?...

gadget | 18:30 WIB

Dibekali kamera mumpuni, ini cara membuat konten sinematik dengan SamsungGalaxy S24 Series....

gadget | 12:19 WIB

Ini beberapa fitur unggulanPOCO M6 Pro yang diklaim memberikan pengalaman lebih bagi anak muda....

gadget | 12:00 WIB

Harga Samsung Galaxy A05s masih terjangkau, cek berapa sekarang....

gadget | 10:48 WIB

Jika Anda sedang mencari komputer tanpa CPU, Anda bisa cek 4 komputer dari Acer berikut ini....

gadget | 12:44 WIB

Mulai 2 Maret 2024, Vivo V30 sudah dapat diperoleh di seluruh gerai resmi dan mitra Vivo Indonesia....

gadget | 09:48 WIB

Cek seperti apa Huawei FreeBuds Pro 3 ini....

gadget | 18:50 WIB

Samsung akan terus mengembangkan Galaxy Buds Series untuk memberikan kualitas audio dengan kecerdasan dan konektivitas t...

gadget | 15:29 WIB

Redmi Note 13 Series resmi rilis, cek apa saja yang masuk....

gadget | 15:22 WIB

Cek dulu daftar harga Redmi Note 13 Series ini, resmi dihadirkan ke Indonesia....

gadget | 16:26 WIB

Laptop gaming bertema kucing, cek seperti apa Colorfire Meow....

gadget | 18:33 WIB

POCO Indonesia membekali HP baru ini dengan layanan after sales yang memadai....

gadget | 18:09 WIB

Redmi Note 13 Series dipastikan akan meluncur Februari 2024, cek apa yang ditawarkan....

gadget | 17:59 WIB
Tampilkan lebih banyak