Gadget

Intel Iris Xe Hadir untuk Desktop, Pesaing Baru AMD dan Nvidia

Apakah Intel Iris Xe bisa menyaingi AMD dan Nvidia?

Agung Pratnyawan

Chip DG1 sebagai inti Kartu grafis Intel Iris Xe. (Intel)
Chip DG1 sebagai inti Kartu grafis Intel Iris Xe. (Intel)

Hitekno.com - Intel Iris Xe kartu grafis baru yang resmi dihadirkan, mulai masuk ke pasar desktop. Sebelumnya, GPU ini dihadirkan ke jajaran laptop bersama prosesor terbaru Intel.

Saat ini pasar chip kartu grafis desktop didominasi oleh AMD dan Nvidia. Terlebih untuk gaming, hanya ada Radeon dan GeForce yang saling bersaing sengit di pasar.

Melalui rilis resminya, Intel akhirnya mengungkap kartu grafis terbaru mereka. Bukan lagi untuk GPU laptop, akan dihadirkan GPU diskrit yang dikenalkan untuk PC desktop.

Berbeda dengan AMD dan Nvidia yang banyak menyasar gaming, Intel Iris Xe lebih ditujukan untuk keperluan pengguna umum dan binis kecil juga menengah. Yang nantinya akan dipasarkan kepada sistem integrator.

Sama seperti dua perusahaan GPU lainnya, Intel juga akan menggandeng sejumlah mitra dalam menghadirkan kartu grafis tersebut. Seperti Asus yang akan meluncurkan kartu grafis dengan chip Intel Iris Xe.

 

Kartu grafis Intel Iris Xe. (Intel)
Kartu grafis Intel Iris Xe. (Intel)

Intel menjelaskan kalau GPU baru mereka ini menawarkan opsi menarik yang ada di pasar. Yang akan mendukung tiga output display, hardware video decode dan akselerasi encoding, termasuk AV1.

Nantinya kartu grafis Intel Iris Xe juga mendukung Adaptive Sync, Display HDR, juga mendukung kemampuan tinggi dalam kecerdasan buatan termasuk dalam deep-learning.

Disampaikan pula kalau GPU Intel Iris Xe akan dilengkapi dengan 80 execution unit, 640 core, dan LPDDR4 4 GB memori video atau VRAM. GPU ini berjalan di 1500 MHz dan memory speed 4267 MHz.

Namun seberapa hebatnya lagi kartu grafis ini?

Seperti dilaporkan Tom's Hardware, GPU Intel Iris Xe ini telah menggunakan fabrikasi 10 nm SuperFIN. Dan disebutkan akan memiliki performa cukup untuk resolusi 1080p, namun tetap mendukung sampai resolusi 7680x4320.

Kartu grafis Intel Iris Xe desain dari Asus sebagai mitra. (Intel)
Kartu grafis Intel Iris Xe desain dari Asus sebagai mitra. (Intel)

Memang secara teknis terlihat biasa saja jika dibandingkan Radeon dari AMD maupun GeForce dari Nvidia. Namun GPU baru ini memberikan opsi yang menarik untuk pasar.

Seperti dalam rilisnya, Intel menghadirkan kartu grafis ini sebagai opsi bagi penggunaan umum dan bisnis. Tidak terlihat untuk menyasar pasar gaming seperi dua kompetitor tersebut.

Rencananya kartu grafis Intel Iris Xe versi desktop ini nanti akan tersedia pada Q1 2021 ini. Kita nantikan saja, seperti apa kinerja dan apa bisa bersaing melawan AMD dan Nvidia?

Berita Terkait