AMD EPYC dan Instinct MI100, Kombinasi Performa Tinggi untuk HPC

CPU AMD EPYC bakal jadi kombinasi terbaik untuk GPU AMD Instinct MI100.

Agung Pratnyawan
Selasa, 17 November 2020 | 15:30 WIB
AMD Instinct  MI100. (AMD)

AMD Instinct MI100. (AMD)

Hitekno.com - AMD makin memantapkan posisinya untuk pasar profesional, terlebih dalam industri high performance computing (HPC). Setelah menghadirkan prosesor AMD EPYC, kini dihadirkan GPU AMD Instinct MI100.

GPU untuk kelas HPC ini resmi dikenalkan dalam pameran virtual SC20 tahun ini, yang menawarkan dukungan pada ekosistem terbuka ROCm 4.0. Dalam gelaran tersebut, AMD juga menyoroti kolaborasi dengan Microsoft Azure dalam HPC cloud.

AMD juga tetap berada di jalur yang tepat untuk memulai pengiriman volume prosesor EPYC Generasi Ketiga dengan core "Zen 3" untuk memilih pelanggan HPC dan cloud pada kuartal ini sebelum peluncuran publik yang diharapkan pada Q1 2021, selaras dengan ketersediaan OEM.

Baca Juga: Sambut AMD Ryzen 5000 Series, G.SKILL Hadirkan Trident Z Neo DDR4 4000 CL16

Akselerator AMD Instinct MI100 yang baru, adalah akselerator GPU HPC terkencang di dunia untuk beban kerja ilmiah dan yang pertama melampaui hambatan performa 10 teraflop (FP64).

Dibangun pada arsitektur AMD CDNA baru, GPU AMD Instinct MI100 memungkinkan kelas baru sistem akselerasi untuk HPC dan AI saat dipasangkan dengan prosesor AMD EPYC Generasi kedua.

Didukung oleh platform komputasi akselerasi baru dari Dell, HPE, Gigabyte dan Supermicro, MI100, dikombinasikan dengan CPU AMD EPYC dan software ROCm 4.0, dirancang untuk mendorong penemuan baru menjelang era exascale.

Baca Juga: AMD Radeon RX 6000 Series Resmi Diungkap, Ini yang Ditawarkan

"Tidak ada dua pelanggan yang sama di HPC, dan AMD menyediakan jalur menuju teknologi dan kemampuan tercanggih saat ini yang sangat penting untuk mendukung pekerjaan HPC mereka, dari cluster kecil di lokasi, hingga mesin virtual di cloud, hingga exascale superkomputer, " kata Forrest Norrod, senior vice president and general manager, Data Center and Embedded Solutions Business Group, AMD.

"Menggabungkan prosesor AMD EPYC dan akselerator Instinct dengan software aplikasi kritis dan alat pengembangan memungkinkan AMD memberikan performa terdepan untuk beban kerja HPC."

AMD dan Microsoft Azure Tenagai HPC dalam Cloud

Baca Juga: AMD Radeon RX 6000 Series Akhirnya Diungkap, Langsung Tantang GeForce RTX

AMD Epyc. (AMD)
AMD Epyc. (AMD)

Azure menggunakan prosesor AMD EPYC Generasi Kedua untuk mentenagai virtual machine (VM) HBv2 untuk beban kerja HPC. VM ini menawarkan performa hingga 2x dari mesin virtual seri HB generasi pertama, dapat mendukung hingga 80.000 core untuk pekerjaan MPI, dan memanfaatkan bandwidth memori prosesor AMD EPYC Generasi Kedua hingga 45% lebih banyak daripada alternatif x86 yang sebanding.

VM HBv2 digunakan oleh banyak pelanggan termasuk The University of Illinois di Urbana-Champaign's Beckman Institute for Advanced Science & ology yang menggunakan 86.400 core untuk memodelkan virus tanaman yang sebelumnya membutuhkan superkomputer terkemuka dan Angkatan Laut AS yang dengan cepat menyebarkan dan mengukur cuaca yang ditingkatkan dan prediksi pola laut sesuai permintaan. HBv2 ditenagai oleh prosesor AMD EPYC Generasi Kedua juga menyediakan sebagian besar daya komputasi CPU untuk lingkungan OpenAI yang diumumkan Microsoft awal tahun ini.

Prosesor AMD EPYC juga telah membantu HBv2 mencapai pencapaian HPC cloud baru, seperti rekor baru untuk hasil penskalaan Cloud MPI dengan NAMD, 20 hasil teratas di Graph500, dan sistem file paralel HPC cloud 1 terabyte/detik pertama. Di antara tolok ukur ini dan aplikasi lainnya, HBv2 memberikan penskalaan 12x lebih tinggi daripada yang ditemukan di tempat lain pada cloud publik. 

Baca Juga: AMD Ryzen 5000 Series, Diklaim Jadi Prosesor Gaming Terkencang

Menambah mesin virtual HPC HBv2 yang telah ada yang ditenagai oleh prosesor AMD EPYC Generasi Kedua, Azure mengumumkan akan menggunakan prosesor AMD EPYC generasi berikutnya, dengan kode nama 'Milan', untuk produk VM masa depan seri HB untuk HPC.

Anda dapat melihat lebih banyak tentang kolaborasi AMD dan Azure dalam video ini dengan Jason Zander dari Azure dan Lisa Su dari AMD.

AMD Menjadi Pilihan HPC

Ilustrasi data center. (Pixabay)
Ilustrasi data center. (Pixabay)

Prosesor AMD EPYC dan akselerator Instinct memiliki performa dan kemampuan untuk mendukung banyak beban kerja HPC di berbagai implementasi. Dari cluster kecil di pusat penelitian, hingga HPC komersial, di luar premis dan dalam cloud, hingga komputasi exascale, AMD terus memberikan performa dan pilihan untuk solusi HPC.

Hewlett Packard Enterprise (HPE), CSC Finland dan EuroHPC baru-baru ini memperkenalkan sistem pra-exascale baru, LUMI. Berdasarkan arsitektur superkomputer HPE Cray EX, LUMI akan menggunakan CPU AMD EPYC generasi berikutnya dan akselerator Instinct dan diharapkan dapat memberikan performa puncak 552 petaflops saat online pada tahun 2021, menjadikannya salah satu superkomputer terkencang di dunia.

Di luar LUMI, sistem HPC yang bertenaga AMD terus bertambah volumenya. Sejak SC19, sudah ada lebih dari 15 sistem superkomputer yang diumumkan menggunakan CPU AMD EPYC, GPU Instinct, atau keduanya. Highlight dari sistem termasuk 

  • Chicoma – Los Alamos National Laboratory – sistem ini didasarkan pada arsitektur superkomputer HPE Cray EX dan menggunakan CPU AMD EPYC Generasi Kedua, dikombinasikan dengan memori sistem 300 terabyte untuk penelitian COVID-19,
  • Corona – Lawrence Livermore National Laboratory – sistem ini baru saja ditingkatkan dengan pendanaan dari Coronavirus Aid, Relief and Economic Security (CARES) Act, menambahkan hampir 1.000 akselerator AMD Instinct MI50, mendorong performa puncak ke lebih dari 11 petaFLOPS,
  • Mammoth – Lawrence Livermore National Laboratory – cluster "memori besar" menggunakan Prosesor AMD EPYC Generasi Kedua untuk melakukan analisis genomik dan analisis grafik yang diperlukan oleh para ilmuwan yang menangani COVID-19.
  • Northern Data – sistem komputasi terdistribusi di Eropa yang menggunakan CPU AMD EPYC dan akselerator Instinct untuk aplikasi HPC skala besar seperti rendering, artificial intelligence, dan pembelajaran mendalam,
  • Pawsey Supercomputing Centre – Menggunakan arsitektur superkomputer HPE Cray EX dan CPU AMD EPYC masa depan serta akselerator AMD Instinct, superkomputer di Pawsey akan menjadi superkomputer paling bertenaga di Australia.

 

Selain itu, AMD juga mentenagai superkomputer berikut ini: Anvil and Bell – Purdue University, Big Red 200 – Indiana University, Bridges 2 – Pittsburgh Supercomputing Center, CERN, European Centre for Medium-Range Weather Forecasts, Expanse – San Diego Supercomputer Center, Goethe University Frankfurt, IT4Innovations National Supercomputing Center, Jetstream 2 – Indiana University, Mahti – CSC, Mangi – University of Minnesota, National Oceanic and Atmospheric Administration, Red Raider – Texas University, TinkerCliffs – Virginia

"Dengan superkomputer Expanse, tujuan kami adalah memberi ilmuwan dan peneliti akses cloud menuju mesin berperforma tinggi yang dapat menangani segala hal mulai dari astrofisika hingga zoologi," kata Michael Norman, Director San Diego Supercomputer Center.

"Prosesor AMD EPYC Generasi Kedua telah membantu kami mencapai performa fantastis dengan Expanse, memungkinkan peneliti kami melakukan lebih banyak sains daripada sebelumnya. Kami juga memiliki kolaborasi yang hebat dengan AMD dan telah bekerja sama untuk menciptakan forum bagi pelanggan AMD HPC untuk berbagi pengalaman, informasi, dan banyak lagi, untuk lebih menguntungkan penelitian HPC."

Membuka Jalan Menuju Komputasi Exascale

AMD Instinct  MI100. (AMD)
AMD Instinct MI100. (AMD)

Untuk membantu para peneliti memulai jalur menuju exascale, AMD telah memberikan akses Oak Ridge National Labs ke akselerator AMD Instinct MI100 yang baru, yang memberikan lompatan besar dalam performa komputasi dan interkoneksi.

Akselerator AMD Instinct MI100 memungkinkan kelas baru sistem terakselerasi dan menghadirkan kemampuan komputasi heterogen sesungguhnya dari AMD untuk HPC dan AI.

Dirancang untuk melengkapi prosesor AMD EPYC Generasi Kedua, dan dibangun pada AMD Infinity Architecture, AMD Instinct MI100 menghadirkan kemampuan komputasi heterogen seseungguhnya dari AMD untuk HPC dan AI.

"Frontier, yang didukung oleh AMD, menunjukkan peningkatan besar dalam daya komputasi dibandingkan dengan sistem saat ini. Hal ini memungkinkan para ilmuwan untuk menjawab pertanyaan yang sebelumnya tidak kami miliki," kata Bronson Messer, director of science, Oak Ridge Leadership Computing Facility.

"Kemampuan untuk menjalankan simulasi molekuler yang tidak hanya beberapa juta atom, tetapi beberapa miliar atom, memberikan representasi sains yang lebih realistis, dan untuk dapat melakukannya sebagai hal yang biasa dan berulang kali akan mengarah pada sejumlah besar penemuan penting."

AMD terus memberikan performa, kapabilitas dan skala yang diperlukan untuk memberi daya pada beban kerja HPC saat ini dan di masa depan, tidak peduli apakah mereka membantu mahasiswa di pusat penelitian, meningkatkan efisiensi aerodinamis untuk produsen mobil, atau memberikan wawasan berharga untuk terobosan medis kritis.

Berita Terkait
TERKINI

Cek apa yang ditawarkan Huawei MateBook D 14 sebagai laptop premium....

gadget | 20:25 WIB

Lonjakan signifikan dalam laba bersih tersebut melebihi harapan pasar dan menandai tingkat profitabilitas tertinggi kedu...

gadget | 16:03 WIB

Berapa harga Huawei MatePad 11.5 PaperMatte Edition ini?...

gadget | 15:55 WIB

Catat tanggalnya, Xiaomi 14 siap rilis ke Indonesia....

gadget | 15:18 WIB

Berapa harga Samsung Galaxy A55 5G dan Samsung Galaxy A35 5G?...

gadget | 18:30 WIB

Dibekali kamera mumpuni, ini cara membuat konten sinematik dengan SamsungGalaxy S24 Series....

gadget | 12:19 WIB

Ini beberapa fitur unggulanPOCO M6 Pro yang diklaim memberikan pengalaman lebih bagi anak muda....

gadget | 12:00 WIB

Harga Samsung Galaxy A05s masih terjangkau, cek berapa sekarang....

gadget | 10:48 WIB

Jika Anda sedang mencari komputer tanpa CPU, Anda bisa cek 4 komputer dari Acer berikut ini....

gadget | 12:44 WIB

Mulai 2 Maret 2024, Vivo V30 sudah dapat diperoleh di seluruh gerai resmi dan mitra Vivo Indonesia....

gadget | 09:48 WIB

Cek seperti apa Huawei FreeBuds Pro 3 ini....

gadget | 18:50 WIB

Samsung akan terus mengembangkan Galaxy Buds Series untuk memberikan kualitas audio dengan kecerdasan dan konektivitas t...

gadget | 15:29 WIB

Redmi Note 13 Series resmi rilis, cek apa saja yang masuk....

gadget | 15:22 WIB

Cek dulu daftar harga Redmi Note 13 Series ini, resmi dihadirkan ke Indonesia....

gadget | 16:26 WIB

Laptop gaming bertema kucing, cek seperti apa Colorfire Meow....

gadget | 18:33 WIB

POCO Indonesia membekali HP baru ini dengan layanan after sales yang memadai....

gadget | 18:09 WIB

Redmi Note 13 Series dipastikan akan meluncur Februari 2024, cek apa yang ditawarkan....

gadget | 17:59 WIB
Tampilkan lebih banyak