Gadget

Miner Klaim Bobol Limit Nvidia GeForce RTX 3060 untuk Menambang Kripto?

Awalnya dihadirkan untuk gamer, kartu grafis ini tetap bisa disikat miner.

Agung Pratnyawan

Kartu grafis Nvidia GeForce RTX 3060. (Nvidia)
Kartu grafis Nvidia GeForce RTX 3060. (Nvidia)

Hitekno.com - Nvidia awalnya menghadirkan kartu grafis GeForce RTX 3060 untuk para gamer dengan memberikan limitasi agar tidak digunakan para penambang koin kripto seperti Bitcoin dan Ethereum. Namun siapa sangka, para miner atau penambang telah mengklaim bisa membobolnya.

GeForce RTX 3060 sendiri telah disematkan pembatasan khusus secara driver yang akan melimit kemampuannya dalam menambang koin kripto seperti Bitcoin maupun Ethereum. Termasuk sejumlah mata uang kripto lainnya juga terpangkas.

Namun kabar paling baru, diwartakan hkepc (10/3/2021), para miner di China telah bisa membobol limitasi yang dibuat Nvidia untuk kartu grafis tersebut. Bahkan bisa mengembalikan hashrate dalam menambang koin kripto, yakni 45 MH/s.

Limitasi yang dibuat Nvidia untuk kartu grafis ini membuatnya hanya bisa menghasilkan performa 22 sampai 23 MH/s untuk menambang. Kemampuan ini membuatnya setara dengan GeForce GTX 1060 yang telah diluncurkan beberapa waktu lalu.

Namun dengan mengganti VBIOS GeForce RTX 3060 tersebut, para penambang bisa mendapatkan 45 MH/s. Dengan menggabungkan sampai delapan kartu grafis ini sekaligus, miner mengklaim bisa mencapai 362,75 MH/s.

Miner bobol limiter Nvidia GeForce RTX 3060 untuk penambang koin kripto. (hkepc)
Miner bobol limiter Nvidia GeForce RTX 3060 untuk penambang koin kripto. (hkepc)

Namun screenshot yang dibagikan hkepc tersebut belum dapat dikonfirmasi kebenarannya. Meski begitu, sejak awal langkah Nvidia ini juga telah diprediksi akan terbobol oleh para miner yang menginginkan kartu grafis.

Dalam laporannya, hkepc menyoroti limitasi Nvidia ini pada koneksi antara GPU, driver, dan VBIOS. Tidak lain masih dalam tingkat software yang akan mengenali aktivitas minning Bitcoin dan Ethereum, juga sejumlah koin lainnya.

Jika terdeteksi melakukan penambangan, limiter ini akan aktif hingga membatasi kemampuan prosesing dari GPU. Sehingga diharapkan para miner tidak melirik kartu grafis ini untuk mesin mereka, dan menjadi solusi para gamer PC.

Mengingat kalangan gamer PC yang sekarang sedang kehabisan kartu grafis dari seri High-end hingga mainstream karena maraknya penambangan koin kripto. Terlebih sempat tingginya harga Bitcoin belum lama ini.

Namun langkah tersebut nampaknya bukan solusi permanen untuk kelangkaan kartu grafis karena diborong miner. Seperti dalam klaim diatas, limitasi pada Nvidia GeForce RTX 3060 diklaim telah bisa dibobol.

Berita Terkait