Gadget

Bocoran Baru, AMD Diduga Siapkan Kartu Grafis Khusus Mining

Susul Nvidia rilis kartu grafis khusus mining?

Agung Pratnyawan

AMD Radeon RX 6900 XT. (AMD)
AMD Radeon RX 6900 XT. (AMD)

Hitekno.com - Tren cryptocurrency tengah tinggi-tingginya, yang diikuti dengan maraknya penambangan koin kripto atau cryptomining. Yang pada praktiknya menggunakan kartu grafis dalam aktivitas mining hingga berdampak kelangkaan di pasaran.

Banyak kartu grafis yang awalnya ditujukan untuk para gamer, berujung diborong para penambang koin kripto. Ditambah lagi makin tingginya sejumlah uang kripto seperti Bitcoin, membuat banyak orang berbondong-bondong jadi miner.

Melihat tren ini, Nvidia selaku produsen GPU membuat kartu grafis khusus yang ditujukan kepada mining. Dan kini bocoran baru menunjukkan kemungkinan adanya produk serupa dari kompetitornya, yakni AMD.

Diwartakan Videocardz, ada bocoran kartu grafis baru dari AMD yang diduga memang disiapkan untuk penambang koin kripto. Kabar ini muncul dari driver baru untuk linux yang menujukkan secuil informasi.

Disebutkan kalau ada kartu grafis AMD dengan arsitektur RDNA1, yakni tertuang dalam patch note memperlihatkan NV12 tanpad dukungan Video Core Next (VCN), yang dengan kata lain tidak memiliki output display.

Patch note driver Linux yang diduga akan adanya kartu grafis AMD khusus mining. (Videocardz)
Patch note driver Linux yang diduga akan adanya kartu grafis AMD khusus mining. (Videocardz)

 

Dengan tidak adanya port output display, diduga kalau kartu grafis ini ditujukan untuk pasar mining. Memingat mesin cryptomining membutuhkan banyak VGA namun tidak semuanya disambungkan ke monitor, bahkan tidak ada display pun tak masalah.

Selain itu, kode Navi 12 juga belum ditemukan pada produk Radeon milik AMD yang tersedia di pasaran. Satu-satunya yang memakai node Navi 1x adalah Radeon Pro 5600M yang digunakan Apple pada Mac.

Rumor ini mengarah kalau AMD menyiapkan sejumlah seri yang diduga bernama RX 5700XTB, RX 5600B, dan RX 5700G, juga RX 5500XTB. Seri-seri ini diduga bisa dialihfungsikan untuk menambang uang kripto.

Kabar ini diperkuat oleh cuita leaker Komachi pada November 2020 silam, yang menyebutkan kalau AMD menyiapkan RX 5700XTB, RX 5700B, dan RX 5500XTB yang ditujukan untuk operasional sistem Blockchain.

Sayangnya tidak ada kabar dan konfirmasi resmi dari AMD terkait rumor kartu grafis khusus untuk mining ini. Dan sejauh bocoran ini, belum ada embel-embel Radeon pada perangkat yang diduga untuk para penambang koin kripto tersebut.

Kita nantikan saja kabar terbaru dari AMD, apakah benar akan meluncurkan kartu grafis khusus untuk penambangan kripto. Akankah langkah ini bisa meminimalisir gamer dan miner saling berebut kartu grafis?

Berita Terkait