Gadget

Cara Merawat HP jadul yang Tak Terpakai, Jangan Sembarang Simpan!

Jangan sembarang simpan HP jadul, bisa mudah rusak.

Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia

iPhone 5s dan Xiaomi Redmi 4X. (Hitekno.com).
iPhone 5s dan Xiaomi Redmi 4X. (Hitekno.com).

Hitekno.com - Smartphone atau handphone (HP) menjadi teman setia siapa saja, namun seiring perkembangan sering kali diganti dengan yang baru. Lalu bagaimana nasib HP jadul setelah tak terpakai?

Ada yang menjual, membuang, bahkan ada yang disimpan. Untuk yang masih ingin menjaganya, ada cara merawat HP jadul yang sudah tidak terpakai agar tetap awet.

Satu hal yang perlu kamu tahu, menyimpan HP jadul ternyata ada cara khususnya lho.

Mungkin beberapa di antara kamu pasti sering menyimpan HP jadul yang sudah tidak berfungsi. Entah tujuannya apa, salah satunya adalah karena HP jadul tersebut menyimpan banyak kenangan manis. Gitu nggak?

Kalau kamu salah satu yang sering menyimpan smartphone jadul, kamu wajib banget merawatnya. Tentu saja untuk menjaga kondisinya agar tidak mudah rusak.

Smartphone Symbian Nokia. (Amazon)
Smartphone Symbian Nokia. (Amazon)

 

Bagaimana cara merawat HP jadul agar tidak mudah rusak? ikuti cara berikut ini.

  • Pertama, jika HP kamu masih berfungsi normal, kamu wajib banget mengisi daya baterai HP hingga penuh secara berkala ya.
    Mengisi daya baterai secara berkala ternyata cukup membantu agar HP jadul kamu tidak cepat rusak walau sudah tidak berfungsi normal.
  • Kedua, beruntung jika kamu masih memiliki box HP jadul tersebut. Kalau ada, sungguh penting untuk melepas baterai dan meletakan HP kembali ke box ya
    Tips satu ini bisa dilakukan untuk tipe HP dengan baterai yang bisa dilepas. Kalau non-removable, jangan coba-coba nekat untuk membuka baterainya ya.
  • Ketiga, kondisi baterai pada HP jadul ternyata tidak bisa disepelekan. Walaupun sudah tidak terpakai, penting sekali untuk mengecek baterai HP kamu secara berkala, paling lambat 3 bulan sekali.
    Mengecek kondisi fisik baterai HP tidak boleh sampai diacuhkan begitu saja ya.
  • Keempat, walaupun sudah tidak terpakai, kamu harus menyalakannya sesekali. Ya sekalian nostalgia dengan kenangan lama kamu di HP jadul tersebut.
    Jangan lupa untuk mencoba berbagai fitur di HP jadul kamu ya.
  • Kelima, jangan simpan HP kamu di tempat lembab atau bahkan di dalam lemari ya. Untuk menjaga smartphone jadul agar tidak cepat rusak, kamu perlu meletakkannya pada tempat dengan pencahayaan baik dan sejuk ya.
    Perlu kamu ketahui, menyimpan HP jadul di lemari sangat tidak disarankan ya. Efeknya cukup parah, bahkan smartphone kamu bisa kena jamur hingga jadi makanan tikus yang iseng lho.

Tips terakhir untuk merawat HP jadul yang sudah tidak terpakai adalah dengan memberikannya pada anggota keluarga yang lain ya. Faktanya, HP bisa juga jadi warisan untuk adik atau kakakmu atau bahkan orangtuamu lho. Selamat mencoba!

Itulah bagaimana cara merawat HP jadul agar tidak mudah rusak. Selamat mencoba.

Berita Terkait