Gadget

Samsung Ungkap Jajaran TV 2021, dari Micro LED hingga Neo QLED

Inilah andalah Samsung untuk 2021.

Agung Pratnyawan

Samsung Unbox & Discover. (Samsung)
Samsung Unbox & Discover. (Samsung)

Hitekno.com - Samsung Electronics mengelar Unbox & Discover dalam rangka mengungkap sederet produk terbarunya untuk tahun 2021 di pasar TV. Menariknya, banyak teknologi baru yang ditawarkan perusahaan asal Korea Selatan ini.

Yakni lini Micro LED, Samsung Neo QLED, Lifestyle TV, monitor, dan soundbar yang diungkap dalam gelaran virtual tersebut.

Saat orang-orang menghabiskan lebih banyak waktu di rumah, inovasi terkini Samsung memungkinkan pengguna mendapatkan manfaat paling maksimal dari layar mereka—membuat mereka bisa bekerja lebih efisien, berkomunikasi dengan lebih efektif, dan mengeksplorasi passion mereka masing-masing.

"Di Samsung, kami dengan bangga senantiasa berinovasi untuk menjadikan hidup sehari-hari konsumen lebih baik. Selama setahun terakhir, teknologi yang awalnya sekadar "nice to have", kini telah menjadi kebutuhan, sebab rumah kita telah menjadi kantor, sekolah, gym, dan lebih lagi," kata James Fishler, Senior Vice President, Home Entertainment Division, Samsung Electronics America.

"Peran televisi dalam kehidupan kita telah berkembang—dan pada tahun 2021, Samsung terus mendefinisikan ulang peran televisi di seputar kebutuhan dan passion konsumen." lanjutnya. 

Samsung Neo QLED. (Samsung)
Samsung Neo QLED. (Samsung)

 

Selama berpuluh-puluh tahun, TV dipandang semata sebagai sarana untuk menonton film dan siaran; kini, TV telah menjadi ruang konferensi dan pusat kebugaran.

Dengan memanfaatkan banyaknya fitur yang tersedia pada televisi untuk pertama kalinya di setahun terakhir ini, orang-orang menemukan manfaat baru dari televisi dalam hidup mereka.

Lebih dari inovasi dalam fitur-fitur terbaru, kepemimpinan Samsung di dalam performa gambar telah menjadikan Samsung sebagai produsen TV global nomor satu di dunia selama 15 tahun berturut-turut. Pada tahun 2021, Samsung terus membuka jalan untuk menawarkan pengalaman visual yang luar biasa bagi penggunanya.

TV Micro LED Hadir ke Rumah

Samsung Micro LED. (Samsung)
Samsung Micro LED. (Samsung)

 

Dengan kecerahan luar biasa, warna hitam kelam, dan kualitas gambar yang mencengangkan, teknologi Micro LED menawarkan pengalaman menonton yang luar biasa dan berkesan. LED inorganik di dalamnya membantu mencegah burn-in dan memastikan bahwa layar tetap jernih sepanjang masa hidupnya.

Pada tahun 2018, Samsung memperkenalkan Micro LED dalam wujud "The Wall"—sistem modul-modul yang dapat dikonfigurasi hingga mencapai sebesar 292 inci yang menghadirkan pengalaman tiada banding. Dengan fleksibilitas seperti itu, "The Wall" membutuhkan instalasi profesional di rumah atau kantor.

Pada tahun 2021, Samsung mengumpulkan semua kemampuan dari teknologi Micro LED tersebut ke dalam form factor TV tradisional.

Sekarang, konsumen dapat menghadirkan pengalaman sinematik di rumah dalam layar edge-to-edge dengan desain indah, tanpa memerlukan bantuan profesional untuk merakit dan memasangnya.

TV Micro LED tersedia dalam ukuran 110 dan 99 inci secara global mulai akhir Maret 2021; ukuran 88 inci akan diluncurkan pada musim gugur; dan ukuran 76 inci di masa mendatang.

MICRO LED dapat menjadi layar 4-in-1. Dengan fitur 4Vue (Quad View), konsumen dapat menonton konten dari empat sumber berbeda secara bersamaan.

Saksikan beberapa pertandingan olahraga sekaligus, atau streaming panduan seraya memainkan video game. MICRO LED menghadirkan kualitas gambar seolah hidup dalam skala yang luar biasa besar—langsung ketika dikeluarkan dari kardusnya.

Samsung Neo QLED Cocok untuk Setiap Rumah dan Setiap Passion

Samsung Neo QLED. (Samsung)
Samsung Neo QLED. (Samsung)

 

Ketika orang-orang beralih ke TV sebagai sarana penyaluran passion, Samsung mengembangkan Samsung Neo QLED untuk meningkatkan pengalaman menonton, apapun tontonannya.

Pengalaman menonton di Samsung Neo QLED dimungkinkan oleh Neo Quantum Processor dan Quantum Mini LED terbaru. Pada ukuran hanya 1/40 kali ukuran LED konvensional, Quantum Mini LEDs menghadirkan kendali pencahayaan yang sangat baik.

Dengan warna hitam yang kelam, cahaya yang lebih terang, dan teknologi upscaling yang lebih cerdas dari yang pernah ditawarkan Samsung TV manapun sebelumnya, Samsung Neo QLED menghadirkan gambar-gambar ultra realistik, baik ketika Anda menonton pertandingan sepakbola atau memainkannya di konsol game Anda.

Samsung Neo QLED juga memiliki fitur yang akan menaikkan level permainan. Samsung bangga menjadi Official TV Partner dari Xbox Series X di Amerika Serikat dan Kanada.

Pembaruan perjanjian kerja sama antara Samsung dan Xbox pada tahun ini membuat kedua pihak akan bersinergi menghadirkan pengalaman gaming yang tak tertandingi. Samsung Neo QLED dan QLED menawarkan kemampuan mutakhir unggulan yang menjadikannya pendamping yang fenomenal untuk mewujudkan gaming tingkatan lebih tinggi bersama Xbox Series X.

Sebagai tambahan, Samsung Neo QLED dan QLED membuat Anda melihat setiap detail dengan kejernihan 4k yang luar biasa, 120 frame per second yang mulus, dan response time rendah 5,8ms.

Guna menghadirkan performa gaming yang lebih optimal lagi ke dalam lini Samsung Neo QLED dan QLED 2021, Samsung juga berpartner dengan AMD untuk mengembangkan TV pertama dengan dukungan Freesync Premium Pro baik untuk PC dan game konsol untuk menyajikan pengalaman gaming HDR yang benar-benar special.

Sebagai tambahan, fitur Game Bar terbaru dari Samsung membantu gamer memonitor aspek-aspek permainan penting dengan cepat. Dari sana Anda juga bisa mengakses Super Ultrawide Gameview yang menghadirkan aspek rasio ultra-wide—biasanya hanya tersedia di gaming monitor—ke televisi.

Samsung Neo QLED. (Samsung)
Samsung Neo QLED. (Samsung)

 

Bagi mereka yang menggemari fitness, Samsung Neo QLED menghadirkan training kebugaran dan gaya hidup sehat ke rumah. Tahun lalu, di saat orang-orang tak bisa pergi ke gym, banyak yang mencari cara untuk tetap sehat di rumah. 

Samsung Health, platform yang lengkap untuk fitness dan mindfulness, yang diluncurkan pada musim semi 2020, dapat memenuhi kebutuhan itu. Samsung Health membantu kita tetap bugar berkat adanya aplikasi-aplikasi partner yang memenuhi berbagai tingkat kebutuhan fitness maupun kesehatan, disertai konektivitas yang seamless ke perangkat mobile dan wearable.

Pada 2021, Samsung Health menambahkan fitur Smart Trainer. Dengan kamera opsional yang dijual terpisah, Smart Trainer memanfaatkan AI untuk menganalisis postur Anda dan memberikan feedback secara real-time untuk membetulkan postur Anda ketika menggunakan video instruksional.

Pada tahun 2021, Samsung Neo QLED 8K (QN800A and QN900A) akan tersedia dalam ukuran 65, 75, dan 85inci, sementara model 4K-nya (QN90A and QN85A) akan menyajikan pilihan yang lebih beragam, dimulai dari 50inci.

Teknologi TV yang Mencerminkan Style Pengguna, Indoor Maupun Outdoor

Konsumen masa kini menginginkan pengalaman dan produk yang dibuat sesuai kebutuhan, selera pribadi, dan style mereka. Kategori Lifestyle TV menawarkan layar yang didesain bagi setiap konsumen dan setiap ruangan, baik di dalam maupun di luar ruangan.

The Frame mentransformasikan TV menjadi karya seni yang bisa dipersonalisasikan sesuai dengan estetika dan dekorasi rumah. Melalui kerja sama yang baru pada Art Store, seperti NAVA Contemporary dan Etsy, The Frame menampilkan lebih banyak karya seni orisinil yang cocok dengan selera individu.

Kurasi koleksi seni personal Anda dari lebih dari 1.400 karya seni dari berbagai institusi ternama di dunia. The Frame juga menghadirkan ruang penyimpanan foto yang lebih besar, dari 500 MB pada 2020 menjadi 6 GB di 2021, sehingga Anda dapat menyimpan hingga 1.200 foto (seluruhnya) dalam kualitas UHD. Dari karya klasik favorit hingga fotografi yang memukau, Art Store akan memberi Anda akses ke berbagai konten untuk mempersonalisasikan ruangan Anda.

Pada tahun 2021, ada cara-cara baru untuk mengkustomisasi The Frame—mulai dari pilihan mounting baru seperti Slim Fit Wall Mount hingga lima pilihan bezel dan lebih banyak lagi tawaran dari pihak ketiga.

Sebagai tambahan, The Frame 2021 dibuat lebih ramping dari sebelumnya, dengan ketebalan hanya 24,9 millimeter, ketebalan yang kurang lebih sama seperti bingkai pigura biasa. Ini membuatnya tampil tetap menarik saat TV mati, sama seperti saat TV menyala.

Samsung juga menawarkan cara baru untuk memajang The Frame 2021 melalui My Shelf, aksesoris baru yang akan diluncurkan secara global tahun ini yang memungkinkan pengguna menciptakan dinding yang diatur dengan sentuhan personal untuk melengkapi layar dan dekor rumah.

My Shelf dapat dilekatkan pada The Frame berukuran 55, 65, dan 75 inci, dan akan tersedia dalam 4 pilihan warna: beige, putih, coklat, dan hitam.

Bagi Anda yang merindukan pengalaman di bioskop, The Premiere, proyektor triple laser pertama di industri dengan resolusi 4K, menandai era baru home cinema—semua dalam wujud yang ramping. Proyektor tradisional mungkin berat dan sulit dipasang—dan walaupun mampu menampilkan layar yang besar, resolusinya terkadang jauh di bawah TV biasa.

Adapun The Premiere dengan desain minimalis, sudut-sudut membulat dan lapisan kain, membuatnya dapat berpadu dengan hunian apapun. Untuk membantu konsumen menggunakan The Premiere di manapun di rumahnya, Samsung akan menawarkan layar yang dapat digulung yang dioptimalkan untuk The Premiere dalam tahun ini di Samsung.com. Cukup tempatkan Premiere sejauh 5 inci atau lebih ke dinding satu warna atau layar ALR dan siapkan popcorn.

Pada tahun 2020, Samsung memboyong performa layar yang terdepan di industri dari dalam rumah ke halaman, seiring keinginan konsumen untuk menikmati suasana di luar ruangan.

Dengan The Terrace, TV outdoor pertama Samsung, konsumen dapat menikmati kualitas gambar, performa audio, dan fitur pintar lainnya yang mereka harapkan dari Samsung di luar ruangan. Dan mereka dapat menikmatinya tanpa khawatir; The Terrace telah weather-resistant, dengan peringkat IP55 untuk melindungi perangkat dari air dan debu.

Perangkat ini juga mudah dipasang dan mudah disambungkan ke layanan TV kabel dan jaringan Wi-Fi. The Terrace tersedia dalam ukuran 55inci, 65inci, dan model 75inci Full Sun terbaru akan hadir untuk menyambut musim panas.

Layar yang Sesuai untuk Setiap Kebutuhan – Dari Produktivitas sampai Bermain

Pada tahun 2020, relevansi monitor di rumah berubah secara dramatis. Bagi banyak orang, itu artinya mereka harus memiliki layar tambahan untuk berbagai kebutuhan. Tiba-tiba, layar yang tadinya hanya digunakan untuk berbelanja online atau menjelajahi media sosial, menjadi sedemikian penting dalam kehidupan sehari-hari, sebab konsumen menggunakannya untuk bekerja, sekolah, atau bermain.

Untuk memenuhi permintaan ini, Smart Monitor adalah monitor "do-it-all" pertama dari Samsung—menggabungkan aspek terbaik dari monitor dan TV. Smart Monitor kompatibel dengan Wi-Fi, Bluetooth, Wireless DeX, dan Apple AirPlay 2, sehingga konsumen bisa bekerja dari mana saja tanpa harus terhubung ke PC. Dengan AirPlay 2, konsumen dapat menjalankan streaming, mengontrol, dan berbagi konten favorit mereka langsung dari iPhone, iPad, atau Mac ke monitor mereka.  

Ketika Anda butuh waktu untuk bersantai, Anda bisa menikmati serial-serial favorit dengan menyalakan platform Smart TV dan mengakses aplikasi streaming favorit Anda. Smart Monitor membantu konsumen tetap produktif saat dibutuhkan dan menghibur diri saat mereka butuh istirahat.

Pada tahun 2020, gaming monitor Odyssey G9 menjadi bahan pembicaraan—tahun ini, Samsung meningkatkan pengalaman dengan layar Quantum MiniLED dan fitur-fitur gaming premium.

Kurvatur layar 1000R yang dipadukan dengan teknologi layar Quantum MiniLED memberikan pengalaman tiada duanya kepada para gamer. G9 terbaru melengkapi jajaran lengkap gaming monitor lengkung dan datar Odyssey.

Untuk menikmati cara belajar dan bekerja yang baru, sembari tetap menjaga keamanan diri, kami memperkenalkan Samsung Interactive Display FLIP 75-inci, papan tulis digital yang dapat Anda gunakan untuk menulis, menggambar, dan mengedit. The Flip memiliki fitur-fitur konektivitas lengkap untuk sistem kerja dan belajar hybrid, yang akan membantu konsumen meraih kesuksesan, baik di ruang kelas, kantor, atau di rumah.

Dengan kualitas gambar 4K yang dioptimalkan dan visual yang mudah dibaca, satu tim yang terdiri dari 20 orang dapat bekerja secara bersamaan, melakukan sinkronisasi perangkat mereka untuk berbagi konten secara real-time.

The Flip memungkinkan pengguna melihat presentasi rekan kerja atau guru, seolah-olah mereka ada di sana secara langsung—menyajikan kemampuan bekerja bersama-sama sambil tetap stay safe.

Dirancang untuk mendorong kolaborasi yang lebih besar, meningkatkan produktivitas, dan memungkinkan pertukaran ide yang seamless, layar 75 inci melengkapi layar 55 inci, 65 inci, dan 85 inci, yang telah ada.

Suara yang Sepadan dengan Visual

Samsung HW-950A. (Samsung)
Samsung HW-950A. (Samsung)

 

Sementara Samsung TV menawarkan kualitas suara yang luar biasa dari speaker terkecil, tidak ada yang mampu melengkapi pengalaman home theater seperti soundbar Samsung.

Lini produk Q Series 2021 menggunakan teknologi eksklusif Q-Symphony, mensinkronisasi audio dari Samsung TV untuk menghadirkan suara 3 dimensi yang disempurnakan. Soundbar ini bahkan mengukur lingkungannya untuk memproyeksikan audio ke arah yang dibutuhkan dengan presisi.

Untuk pengalaman yang imersif, mendalam, dan kaya, Q950A menghadirkan 11.1.4 channel sound pertama di industri yang membawa Anda langsung ke pusat aksi. Fitur baru Bass Boost memungkinkan pengguna untuk menambahkan "lebih banyak boom" dengan satu klik saja.

Bagi mereka yang memutar musik dari perangkat mobile, Tap Sound membuatnya semudah mengetukkan perangkat ke soundbar. Dan Q950A mendukung beberapa voice assistant, termasuk Amazon Alexa dan Bixby, membuatnya lebih mudah mengendalikan pengalaman menikmati audio ini.

Passion, Style, Selera, dan Kebutuhan

Pada tahun 2021, Samsung melengkapi passion Anda, menyesuaikan dengan selera Anda, dan menghadirkan performa yang menyempurnakan semua pengalaman.

Dari puncak performa kemewahan TV Micro LED, hingga daya tarik estetis The Frame, Samsung mendefinisikan ulang peran TV di rumah Anda—di masa di mana TV menjadi jauh lebih relevan dari sebelumnya.

Berita Terkait