Tantangan Samsung dalam Membuat The Sero, TV Layar Rotasi Pertama

Samsung The Sero menawarkan pengalaman berbeda dalam menonton TV.

Agung Pratnyawan
Selasa, 29 Desember 2020 | 14:08 WIB
Samsung The Sero. (Samsung)

Samsung The Sero. (Samsung)

Hitekno.com - Samsung telah menawarkan inovasi baru dalam industri TV, yakni The Sero. TV rotasi pertama yang ditawarkan kepada konsumen.

Menyambut tahun baru yang sudah di penghujung mata, Samsung menawarkan satu pengalaman yang sepenuhnya baru dalam menikmati TV.

Samsung The Sero hadir sebagai TV pertama di dunia yang memiliki kemampuan untuk berotasi antara orientasi layar horizontal dan vertikal, semudah memutar smartphone atau tablet.

Baca Juga: Samsung The Sero, Diklaim Sebagai TV Pertama di Dunia dengan Layar Rotasi

The Sero hadir mendukung para pengguna berjiwa muda dan dinamis, yang banyak terhubung dengan smartphone dalam keseharian. Meskipun begitu, tidak sulit membayangkan seluruh keluarga menikmati keunggulan The Sero.

Hadirkan pengalaman dan konten terbaik smartphone pada layar lebih besar dengan kualitas gambar dan audio optimal, The Sero cocok untuk menikmati konten media sosial, layanan streaming, game, semuanya dibungkus dengan desain menarik demi sebuah pengalaman inovatif yang belum pernah ada.

Menjawab Tren Konsumsi Konten Vertikal

Baca Juga: Bawa Fitur Premium, Xiaomi Rilis Mi QLED TV 4K 55 Inci

Samsung The Sero. (Samsung)
Samsung The Sero. (Samsung)

Sebelum menciptakan The Sero, Samsung melakukan penelitian ekstensif mengenai tren yang ada di masyarakat dalam mengonsumsi konten.

Fomalhaut Sundamen, Head of TV/AV Product Marketing, Samsung Electronics Indonesia menjelaskan, "Dalam beberapa tahun terakhir, pengguna telah terbiasa menikmati konten media sosial, game, hingga video musik di smartphone mereka dengan orientasi vertikal. Tren yang paling menonjol selama pengamatan kami adalah bahwa berbagai perangkat, dari TV, PC hingga tablet dan smartphone, saat ini digunakan sebagai media konsumsi. Juga lebih banyak orang menggunakan layanan video streaming dibandingkan sumber media konvensional. Hasil pengamatan tersebut yang mendorong Samsung ingin meningkatkan pengalaman konten ini dengan memindahkannya ke layar yang lebih besar."

Dalam proses penciptaan The Sero, Samsung menghadapi tantangan besar dan bekerja keras merancang dan menentukan arah pengalaman spesifik yang akan dirasakan oleh pengguna.

Baca Juga: Coocaa 32S3G, Smart TV Murah di Bawah Rp 2 Juta

Mulai dari merancang pengalaman menonton seperti di smartphone, cara terbaik mengakses konten dan cara pengaturan konten dari jarak jauh, setiap fitur telah melewati pengujian ekstensif.

Tantangan pertama adalah mewujudkan layar yang dapat berputar dengan mulus dari horizontal ke vertikal maupun sebaliknya.

Diperlukan pengujian teknis yang panjang hingga akhirnya menghasilkan proses yang sangat mudah bagi pengguna saat ingin merotasi layar. Cukup menggunakan remote kontrol atau menggunakan asisten suara Bixby, layar akan berputar mulus.

Baca Juga: Samsung QLED 8K TV, Tawarkan Solusi Maksimal Hiburan Akhir Tahun

Bagian krusial selanjutnya adalah kemampuan mirroring yang kemudian menjadi salah satu fitur unggulan The Sero.

Samsung bekerja keras mewujudkan cara termudah bagi pengguna untuk mirroring konten smartphone ke The Sero tanpa proses merepotkan.

Hasilnya, fitur Tap View memungkinkan pengguna cukup mengetukkan smartphone di bagian layar The Sero untuk memulai mirroring konten.

Integrasi The Sero-smartphone ini turut diperkuat kemampuan intuititf The Sero untuk berputar mengikuti orientasi smartphone pengguna, apakah digunakan dalam format vertikal ataupun horizontal.

Pengalaman yang Sepenuhnya Berbeda bersama The Sero

Samsung The Sero. (Samsung)
Samsung The Sero. (Samsung)

Lukman Sardi, aktor dan insan perfilman Indonesia mengungkapkan, "Kesan pertama saya akan The Sero adalah ‘Wow!’. Benar-benar unik dan canggih. Saya yakin tidak hanya saya yang ingin bisa menikmati konten smartphone di layar TV yang lebih besar, dengan suara yang lebih jelas dan nyaring. Bersama The Sero, kini saya bisa menikmati konten smartphone dengan seluruh keluarga, dengan lebih banyak orang, tanpa harus berebut melihat layar smartphone yang terbatas. Apalagi sangat mudah menghubungkan smartphone dan The Sero, cukup ketuk smartphone pada layar TV dan langsung bisa menikmati konten smartphone di The Sero, sangat smooth. Kini saya bisa mengajak istri dan anak bersama-sama menyaksikan konten IGTV menarik yang baru saya temukan, lalu berpindah menonton Youtube atau Netflix dengan mudah sesuai mood kami."

Bagaimana dengan kualitas konten mirroring pada The Sero? Berkat dukungan AI Upscaling, konten yang ditampilkan di The Sero akan ditingkatkan untuk menampilkan gambar berkualitas 4K. Resolusi gambar yang rendah secara otomatis akan diperbaiki untuk tampilan gambar berkualitas 4K yang lebih baik. 

Demikian pula halnya mengenai posisi speaker dan keluaran suara. Secara desain, posisi speaker The Sero terletak di bawah penyangga vertikal.

Fungsinya adalah agar saat memutar video, game, dan musik, speaker The Sero memberikan suara yang hidup dan jernih karena diposisikan menghadap ke depan dan menyampaikan suara langsung ke pendengar.

Speaker woofer-nya menghasilkan resonansi yang lebih besar dan suara bass yang lebih dalam dan kaya berkat konfigurasi saluran 4.1 dan keluaran 60W yang kuat.

Desain Unik dan Menonjol

Samsung The Sero. (Samsung)
Samsung The Sero. (Samsung)

The Sero tampil dengan desain modern yang dipastikan akan menonjol di ruang mana pun baik dalam tampilan vertikal atau horizontal.

Bentuk Sero yang berbeda dan unik menjadi satu alternatif desain interior yang menarik, yang bahkan diganjar dengan penghargaan International Forum (iF) Design Award 2020.

Fitur Portrait Mode dapat menampilkan jam, wallpaper, foto favorit, ataupun efek suara untuk melengkapi interior ruangan. Menurut riset konsumen yang dilakukan Samsung setelah peluncuran awal, tujuh dari sepuluh pengguna memaksimalkan fitur Portrait Mode.

Selain memakai konten yang disediakan, beberapa pengguna secara kreatif mengkonfigurasi sendiri tampilan gambar yang dipilih untuk muncul saat standby mode. Pengguna ternyata sangat menikmati kebebasan pengaturan layar vertikal untuk menampilkan karya mereka sendiri.

Lukman Sardi menambahkan, "Desain The Sero itu tidak biasa, ‘stand out’ dan pasti mencuri perhatian siapapun, baik saat tampil dalam format vertikal atau horizontal. Bagi saya, The Sero tidak hanya berfungsi sebagai TV namun juga menambah estetika rumah, terlebih saat TV tidak digunakan untuk menonton pun saya dapat menampilkan foto keluarga favorit di situ, membuat suasana di rumah jadi hangat dan lebih menyenangkan."

The Sero cocok dengan ruangan mana pun di rumah, tidak hanya ruang tamu. Sero dapat berfungsi sebagai monitor vertikal besar untuk menampilkan gambar atau video pekerjaan dalam ruang belajar atau ruang kerja.

Di dapur atau ruang makan, The Sero dapat berfungsi sebagai layar untuk memutar video resep atau sebagai sumber musik untuk memberikan atmosfer selama waktu makan.

Bila digunakan untuk kebutuhan komersial, seperti di restoran atau kafe, The Sero dapat berfungsi sebagai layar promosi untuk video atau sebagai buku menu digital.

"Di masa depan akan semakin banyak orang yang menggunakan perangkat mereka dalam skenario atau situasi yang tidak dapat mereka lakukan dengan TV konvensional. Samsung mendobrak batasan dengan The Sero, menunjukkan bahwa TV kini dapat menampilkan berbagai macam konten sekalipun dalam format vertikal, menyesuaikan orientasi TV dengan konten, serta dapat menjadi bagian pelengkap dari interior ruangan yang mencerminkan pribadi penggunanya," tutup Fomalhaut.

Samsung The Sero telah tersedia di Indonesia dalam ukuran 43 inci dengan harga Rp. 18.999.000,-. Untuk pembelian The Sero hingga 14 Januari 2021, dapatkan hadiah langsung berupa Samsung Galaxy A51.

Berita Terkait
TERKINI

Cek apa yang ditawarkan Huawei MateBook D 14 sebagai laptop premium....

gadget | 20:25 WIB

Lonjakan signifikan dalam laba bersih tersebut melebihi harapan pasar dan menandai tingkat profitabilitas tertinggi kedu...

gadget | 16:03 WIB

Berapa harga Huawei MatePad 11.5 PaperMatte Edition ini?...

gadget | 15:55 WIB

Catat tanggalnya, Xiaomi 14 siap rilis ke Indonesia....

gadget | 15:18 WIB

Berapa harga Samsung Galaxy A55 5G dan Samsung Galaxy A35 5G?...

gadget | 18:30 WIB

Dibekali kamera mumpuni, ini cara membuat konten sinematik dengan SamsungGalaxy S24 Series....

gadget | 12:19 WIB

Ini beberapa fitur unggulanPOCO M6 Pro yang diklaim memberikan pengalaman lebih bagi anak muda....

gadget | 12:00 WIB

Harga Samsung Galaxy A05s masih terjangkau, cek berapa sekarang....

gadget | 10:48 WIB

Jika Anda sedang mencari komputer tanpa CPU, Anda bisa cek 4 komputer dari Acer berikut ini....

gadget | 12:44 WIB

Mulai 2 Maret 2024, Vivo V30 sudah dapat diperoleh di seluruh gerai resmi dan mitra Vivo Indonesia....

gadget | 09:48 WIB

Cek seperti apa Huawei FreeBuds Pro 3 ini....

gadget | 18:50 WIB

Samsung akan terus mengembangkan Galaxy Buds Series untuk memberikan kualitas audio dengan kecerdasan dan konektivitas t...

gadget | 15:29 WIB

Redmi Note 13 Series resmi rilis, cek apa saja yang masuk....

gadget | 15:22 WIB

Cek dulu daftar harga Redmi Note 13 Series ini, resmi dihadirkan ke Indonesia....

gadget | 16:26 WIB

Laptop gaming bertema kucing, cek seperti apa Colorfire Meow....

gadget | 18:33 WIB

POCO Indonesia membekali HP baru ini dengan layanan after sales yang memadai....

gadget | 18:09 WIB

Redmi Note 13 Series dipastikan akan meluncur Februari 2024, cek apa yang ditawarkan....

gadget | 17:59 WIB
Tampilkan lebih banyak