Gadget

Bocoran Anyar, Samsung Bersiap Luncurkan Smart TV Mini LED

Smart TV dengan layar Mini LED siap dirilis pada 2021.

Dinar Surya Oktarini | Rezza Dwi Rachmanta

Logo Samsung. (Samsung)
Logo Samsung. (Samsung)

Hitekno.com - Tak hanya terkenal sebagai merek HP pintar terkemuka, Samsung juga punya reputasi unggul di pasar smart TV. Sebuah bocoran anyar mengklaim bahwa raksasa reknologi Korea Selatan tersebut bersiap merilis smart TV Mini LED.

Sebagai informasi, Samsung cukup masif dalam menghadirkan TV dengan latar LED. Kini Samsung bersiap merilis model smart TV baru dengan teknologi yang lebih canggih.

Berdasarkan bocoran dari blog teknologi IT Home, Samsung dilaporkan sedang memproduksi Mini LED baru untuk jajaran smart TV-nya.

Perusahaan diprediksi bakal merilis Mini LED smart TV-nya di pasar global pada semester pertama tahun depan.

Sayangnya, rincian tanggal serta bulan di tahun 2021 masih belum dikonfirmasi oleh Samsung. Dikutip dari Gizmochina, perusahaan diprediksi sedang berencana menjual sekitar 2 juta unit smart TV Mini LED pada 2021.

Gedung Samsung Campus. (Samsung)
Gedung Samsung Campus. (Samsung)

 

Seperti namanya, Mini LED TV menggunakan LED kecil dengan ukuran masing-masing 100 hingga 300 mikrometer sebagai backlight.

Jika ini disusun dengan cermat dan digunakan sebagai sumber cahaya, layar bisa menjadi lebih cerah dan menawarkan output yang lebih jernih.

Layar bakal menggunakan Filter QD dan Mini LED, yang menempatkan perangkat selangkah di atas TV QLED yang sudah dijual Samsung.

Raksasa teknologi Korea Selatan ini sudah memiliki dua lineup untuk smart TV premium, QLED dan Micro LED.

Ilustrasi smart TV. (Pixabay/ luis2500gx)
Ilustrasi smart TV. (Pixabay/ luis2500gx)

 

Perangkat dengan Mini LED akan menjadi alternatif lain dari Samsung di segmen premium. Sepertinya Mini LED dan Micro LED bakal menjadi ceruk pasar menggiurkan bagi para produsen.

Sebelumnya, Xiaomi telah meluncurkan Mi TV LUX Pro 82 inci 8K dengan banderol 49.999 yuan atau Rp 109 juta. Ini adalah smart TV pertama Xiaomi dengan panel Mini LED 82 inci beresolusi 8K dengan konektivitas 5G.

Pada September 2020, LG juga merilis LG Magnit dengan layar Micro LED 163 Inci di segmen super premium. Di tahun depan, tak hanya Samsung, diprediksi bakal lebih banyak produsen yang merilis smart TV dengan layar Mini LED.

Berita Terkait