Gadget

Bocoran Baru, Apple Uji Beragam Jenis Layar Lipat untuk iPhone

Tak cukup satu, Apple uji beberapa prototipe layar lipat untuk iPhone.

Agung Pratnyawan

Apple Store. (Pixabay/matcuz)
Apple Store. (Pixabay/matcuz)

Hitekno.com - Seperti dilaporkan sebelumnya, Apple tengah melakukan pengujian pada layar lipat yang diduga akan dipakai untuk iPhone. Kabar ini makin menguat dengan sejumlah bocoran baru.

Kabar paling baru, Apple telah melakukan pengujian di pabrik Foxconn pada dua versi layar lipat yang akan mereka gunakan. Paling terkini dilaporkan telah melalui pengujian Qualiti Control (QC).

Tak cukup satu, namun sampai dua proto tipe layar lipat yang disiapkan dalam pengujian di fasilitas milik Foxconn yang selama ini memproduksi iPhone.

Salah satu prototipe tersebut dikabarkan menyerupai Samsung Galaxy Fold dengan mekanisme lipat yang mirip dengan membuka dan menutup buku.

Sebagaimana melansir laman Phonearena, Selasa (9/2/2021), perangkat ini mengubah smartphone menjadi tablet saat dibuka.

Apple Store. (Pixabay/3005398)
Apple Store. (Pixabay/3005398)

 

Bentuk lain yang sedang diuji dan salah satu yang diduga disukai Apple adalah flip-style lipat yang mirip dengan Motorola Razr dan Samsung Galaxy Z Flip.

Desain ini memungkinkan iPhone masuk ke dalam saku. Saat unit dibuka akan menampilkan iPhone layar besar.

Terbaru, berdasarkan informasi rahasia Jon Prosser dari Front Page Tech, kabarnya Apple akan berdesain flip clamshell.

Sayang, Prosser tidak bisa memberinya alasan mengapa Apple memilih satu desain yang dapat dilipat daripada yang lain, tetapi mengatakan bahwa faktor bentuk clamshell mendapatkan sebagian besar perhatian dari Apple (dan kami akan menganggap Foxconn juga).

Keterangan rahasia mengatakan bahwa Apple ingin menawarkan clamshell yang dapat dilipat dalam berbagai warna.

Samsung Galaxy Z Flip. (Samsung)
Samsung Galaxy Z Flip. (Samsung)

 

Bukan sembarang warna. Prosser menyebutnya sebagai "warna menyenangkan" yang mengingatkan warna cerah yang lebih cerah dibandingkan dengan unit iPhone 12 Pro.

Ini menunjukkan bahwa Apple akan menargetkan HP layar flipnya ke audiens yang lebih muda. Prosser memprediksi, calon pembeli mungkin tidak memiliki uang tunai.

Untuk itu, kemungkinan Apple kan mendatangkannya dengan harga yang lebih rendah.

Mungkin Apple akan mengambil kebijaksanaan yang sama dan memasarkan "iPhone Flip" kepada generasi yang lebih muda. Apple mencoba kampanye serupa dengan Apple iPhone 5c yang ditawarkan dalam warna biru, hijau, pink, kuning, dan putih.

Sementara beberapa rumor sebelumnya tentang iPhone yang dapat dilipat menyerukan peluncuran tahun depan, Prosser mengatakan bahwa proyek tersebut belum terlalu jauh untuk siap untuk rilis 2022.

Itulah kabar terbaru dari Apple yang tengah menguji dua prototipe layar lipat di fasilitas Foxconn. Diduga akan digunakan untuk iPhone baru nantinya. (Suara.com/ Dythia Novianty).

Berita Terkait