Gadget

Kirin 9010 3 nm dari Huawei Tak Akan Hadir Tahun Ini, Kenapa?

Dengan fabrikasi 3 nm, diklaim bisa memasukkan lebih banyak transistor.

Agung Pratnyawan

Logo Huawei. (Huawei)
Logo Huawei. (Huawei)

Hitekno.com - Kirin 9010, chipset baru Huawei yang disebut-sebut akan menggunakan proses fabrikasi 3 nm dikabarkan siap untuk diungkap resmi.

Namun sayangnya, kabar lain menyebutkan kalau chipset baru 3 nm yang didesain HiSilicon ini tidak akan hadir di 2021 ini.

Kabar terbaru dari Kirin 9010 ini sempat ramai di forum Weibo China. Menurut bocoran dari salah satu tipster, Teme (RODENT950), chipset tersebut akan diberi nama Kirin 9010.

Berdasarkan laporan dari GSM Arena, Selasa (5/1/2021), Huawei dan berbagai produsen chipset lainnya memang merencanakan pembuatan chipset dengan node 3nm. Namun, rencana tersebut dinilai tidak akan terealisasi pada tahun ini.

Salah satu produsen chipset, TSMC, telah berencana untuk segera memproduksi chipset 3nm pada paruh kedua 2022.

Huawei kembangkan chipset berbasis node 3nm. [Twitter]
Huawei kembangkan chipset berbasis node 3nm. [Twitter]

 

TSMC sendiri merupakan pihak yang bakal bekerja sama dengan Huawei untuk membangun chipset 3nm. Dengan kata lain, chipset Kirin 9010 diprediksi akan muncul pada 2022, bukan tahun ini.

Bagaimanapun, node 3nm TSMC atau disebut sebagai N3 oleh perusahaan, bisa dibilang cukup mengesankan. Teknologi tersebut akan meningkatkan kepadatan transistor hingga 70 persen, di mana chipset modern saat ini sudah memiliki lebih dari 10 miliar transistor.

Node baru ini juga diprediksi mampu menghemat daya 25-30 persen dan peningkatan performa hingga 15 persen. Chipset yang dibangun dengan teknologi N3 akan jauh lebih cepat karena memungkinkan lebih banyak transistor yang dimasukkan ke dalam chip.

Selain itu, TSMC juga memiliki proses N4 yang sedang dalam tahap pengerjaan. Chipset ini diprediksi akan hadir sebelum N3, tepatnya pada awal 2022.

Itulah kabar dari chipset baru Kirin 9010 dengan fabrikasi 3 nm dari Huawei. Yang diprediksi baru hadir pada awal 2022 mendatang. (Suara.com/ Dicky Prastya).

Berita Terkait