Gadget

Tak Mau Kalah dari Qualcomm dan Samsung, Huawei Siapkan Kirin 910

Kirin 9010 menggunkan teknologi fabrikasi terkecil yang melebihi Qualcomm dan Samsung.

Agung Pratnyawan

Logo Huawei. (Huawei)
Logo Huawei. (Huawei)

Hitekno.com - Saat Qualcomm menghadirkan Snapdragon 888 dan Samsung juga mengenalkan Exynos 1080, Huawei tidak tinggal diam. Yakni melalui HiSilicon, disiapkan chipset baru yakni Kirin 9010.

Chipset baru Huawei ini merupakan seri peningkatan dari Kirin 9000 dan Kirin 9000E yang ditujukan untuk menyaingi dua kompetitornya tersebut.

Mengutip NDTV, Minggu (3/1/2021), Kirin 9010 akan didasarkan pada teknologi berbasis 3 nanometer (3nm). Berbeda dengan kedua chipset sebelumnya yang menggunakan teknologi 5nm.

Rilisnya chipset baru Huawei ini, sebagai respons dalam mempertahankan bisnis chipsetnya secara global. Sebagaimana diketahui, Huawei diberikan sanksi Amerika Serikat yang menyebabkan perusahaan mengalami kekurangan pasokan.

Sebuah laporan baru-baru ini dari Counterpoint Research juga menunjukkan bahwa perusahaan asal China tidak menerima pertumbuhan apapun pada kuartal terakhir 2020. Mereka hanya berhasil mempertahankan 12 persen pangsa pasar chipset smartphone di seluruh dunia.

Bocoran chipset Kirin 9010. [Twitter]
Bocoran chipset Kirin 9010. [Twitter]

 

Pertumbuhan stagnan Huawei ini setidaknya berimbas pada chipset asal Taiwan, MediaTek. Perusahaan tersebut berhasil melampaui Qualcomm sebagai pemasok chipset terbesar di dunia untuk pertama kalinya.

Tahun lalu, Richard Yu selaku CEO Huawei Consumer Business Group mengindikasikan bahwa pihaknya akan berhenti membuat chip andalan karena tekanan yang dilakukan AS.

"Tahun ini mungkin menjadi tahun terakhir bagi chip high-end Huawei Kirin," jelas Yu pada Agustus 2020.

Oleh karena itu, rumor terbaru mengenai chipset Kirin 9100 disinyalir sebagai langkah terakhir untuk melampaui Qualcomm Snapdragon maupun Samsung Exynos.

Perpindahan ke proses 3nm juga disebut sebagai langkah kompetitif dan signifikan, mengingat kedua chipset pesaingnya hadir dengan teknologi 5nm.

Sebagai informasi, tahun lalu Huawei menghadirkan HiSilicon Kirin 9000 sebagai chipset andalan terakhirnya. Prosesor ini memulai debut pada Huawei Mate 40 Pro dan Mate 40 Pro Plus pada Oktober. Sedangkan untuk Kirin 9000R hadir pada Mate 40.

Itulah Kirin 9010, chipset baru dari Huawei untuk menjawab tantangan Qualcomm Snapdragon 888 dan Samsung Exynos 1080. (Suara.com/ Dicky Prastya).

Berita Terkait