Gadget

Perhatikan Hal Ini Sebelum Memilih Laptop Acer

Ada sejumlah kelebihan dan kekurangan laptop Acer dibanding laptop lain yang harus kamu ketahui.

Agung Pratnyawan

Laptop Acer. (Acer Indonesia)
Laptop Acer. (Acer Indonesia)

Hitekno.com - Bicara mengenai laptop, Acer merupakan salah satu brand yang memiliki popularitas cukup tinggi di Indonesia. Harganya yang bersahabat ditambah lagi dengan spesifikasinya yang berkualitas menjadi salah satu alasan laptop Acer asal Tiongkok ini digemari.

Perlu diketahui bahwa awal kemunculannya brand ini bukan memakai nama Acer, melainkan Multitech di tahun pertama berdirinya pada 1976. Pada tahun 1987 barulah perusahaan yang terletak di Taipei Country, Taiwan ini menggantinya namanya menjadi Acer.

Sampai saat ini Acer tidak hanya fokus pada pengembangan laptop atau desktop saja, tetapi juga memproduksi beberapa produk seperti smartphone, server dan lainnya. Acer sendiri telah mengalami banyak kemajuan dan juga kemunduran dalam pemasarannya.

Seperti yang terjadi di Amerika, dimana penjualan pangsa pasar produk laptop sedang menurun. Sementara di Eropa dan beberapa negara di Asia, termasuk Indonesia penjualannya terus meningkat.

Sebagai salah satu produsen laptop besar dunia, ada sejumlah kelebihan dan kekurangan laptop Acer dibanding laptop lain yang harus kamu ketahui. Acer merupakan laptop yang cukup digandrungi semua kalangan.

Selain harga yang ditawarkan cukup terjangkau ditambah dengan spesifikasi yang mumpuni di kelasnya, Acer termasuk laptop yang user friendly atau tidak sulit dalam perawatannya. Setiap komponen elektronik pasti memiliki keunggulan dan kelemahan disetiap produknya.

Seperti yang kamu ketahui tidak ada yang sempurna di dunia ini, apalagi hanya sekedar barang elektronik yang dapat mengalami kerusakan kapan saja. Terkadang terlalu lama kamu tidak menggunakannya bisa jadi salah satu penyebab kerusakan pada barang elektronik.

Laptop Acer. (Acer Indonesia)
Laptop Acer. (Acer Indonesia)

 

Masalah yang sering terjadi pada semua merek laptop tak terkecuali Acer sebenarnya hampir sama, yang membedakan hanya cara mengatasinya dan munculnya masalah tersebut tergantung juga pada pemakaian masing masing penggunanya.

Ketika kamu mendapakani masalah pada laptop acer yang sedang digunakan, jangan langsung berpikir untuk membuangnya, ataupun hanya menyimpannya di gudang. Cobalah untuk mengatasi masalah yang terjadi tersebut dengan kepala dingin.

Umumnya masalah yang sering terjadi pada laptop Acer muncul karena kamu kurang peka akan kesehatan laptop tersebut. Misalnya laptop yang tiba-tiba tidak dapat menyala padahal sebelumnya normal. Berikut ini penyebab masalah umum yang mengakibatkan laptop acer tidak dapat berfungsi secara optimal.

1. Posisi Meletakan Laptop Pada Saat Dinyalakan

Sirkulasi udara yang baik sangat dibutuhkan oleh manusia, begitu juga dengan laptop. Jika sirkulasi udara terhambat maka yang terjadi suhu di dalam ruang akan meningkat. Untuk mengatasi masalah pada laptop acer, sebenarnya dari pihak produsen sudah memberikan solusi yakni, adanya semacam ventilasi pada bagian samping dan bawah laptop.

Agar fungsi ventilasi tersebut bekerja secara optimal, usahakan meletakan laptop ketika menyala di tempat yang rata, jangan meletakannya pada tempat yang tidak rata dan kasar.
Alasannya karena jika kamu meletakkan laptop dalam kondisi menyala pada tempat yang empuk dan kasar akan mempengaruhi sirkulasi udara dari dalam laptop tersebut yang mengakibatkan laptop mengalami overheat.

2. Debu Atau Benda Asing Pada Keyboard

Masalah pada laptop Acer ini awalnya sering dianggap sepele oleh pengguna, jika kamu membiarkan hal tersebut dalam waktu yang lama, akan menimbulkan masalah yang serius.
Masalah serius tersebut misalnya keyboard yang tiba-tiba tidak dapat digunakan secara optimal, apalagi saat itu kamu sedang mendapatkan deadline dari pekerjaan yang diberikan oleh bos kamu.
Agar masalah tersebut dapat kamu antisipasi sebelumnya, sebaiknya secara berkala bersihkan debu atau benda asing yang menempel di atas dan sela-sela keyboard laptop Acer milikmu.

3. Charger Jangan Digulung

Masalah pada laptop Acer selanjutnya yang cukup sering dialami para penggunanya yakni tidak lancarnya suplai daya listrik dari charger ke laptop. Seringnya hal tersebut terjadi karena cara menggulung atau mengemas kabel charger setelah selesai pemakaian saat kondisi kabel sedang panas.

Akibatnya material dalam kabel yang sebagian besar adalah tembaga terjadi kerusakan. Tembaga jika dalam kondisi panas langsung kamu tekuk atau gulung biasanya akan patah, hal ini lah yang terjadi pada charger laptop kamu jika menggulung kabel dalam kondisi panas.

Maka dari itu, untuk mengantisipasi agar tidak terjadi kerusakan pada kabel charger laptop kamu, ketika akan mengemas atau menggulung kabelnya setelah kondisi kabel dingin atau diamkan dulu beberapa saat sebelum dikemas rapi.

4. Baterai Sudah Terisi Penuh Namun Tetap Di Charge

Sering bahkan hampir sebagian besar pengguna laptop pernah melakukan hal ini. Mereka rata-rata beralasan untuk antisipasi jika tiba tiba listrik mati, ada juga yang beralasan repot jika harus copot pasang kabel charge ke pengisi daya listrik.

Jika dalam waktu dekat kamu jarang melakukan hal tersebut mungkin efeknya tidak seberapa, tetapi jika kamu melakukan hal tersebut sering dan setiap saat dapat menimbulkan kerusakan fatal pada baterai dan konektor power laptop.

Padahal harga baterai dan servis konektor power laptop biayanya mahal. Agar masalah pada laptop acer seperti ini tidak terjadi, lakukan antisipasi dengan cara biasakan jika indikator pengisian sudah full segera cabut charger kamu dari colokan listrik.

Cara lainnya jangan sampai baterai laptop habis terkuras dayanya, karena jika hal ini terjadi berpengaruh menimbulkan kerusakan pada elemen baterai laptop kamu. Akibatnya baterai kamu harus mengulang dari awal pengisian daya listriknya. Efek selanjutnya baterai laptop kamu tidak kuat lagi.

Laptop Acer. (Acer Indonesia)
Laptop Acer. (Acer Indonesia)

 

5. Terlalu Banyak Software Yang Terinstall

Jika kamu pengguna Windows 8 atau 10, sebenarnya kamu sudah tidak memerlukan software antivirus, karena dalam 2 seri Windows tersebut sudah tertanam antivirus bawaan berupa Windows defender yang ampuh untuk menghapus semua virus pada laptop kamu.

Menggunakan software antivirus lebih dari satu memberatkan kerja dari prosesor laptop kamu, karena antivirus berjalan pada background yang artinya walaupun kamu tidak mengaktifkan antivirus tersebut tetapi aplikasi nya tetap aktif melakukan pemeriksaan.

Ketika antivirus melakukan pemeriksaan tersebut butuh tenaga besar dari RAM, jika sebagian RAM sudah digunakan oleh antivirus maka ketika kamu mengaktifkan aplikasi lain biasanya terasa berat pada prosesnya.

Cara mengatasinya, segera uninstall software yang kurang berguna tersebut melalui menu control panel yang terdapat pada tombol start.

6. Terlalu Banyak Membuka Tab Pada Browser

Membuka tab dengan jumlah banyak memang memudahkan kamu untuk mencari informasi dari internet. Namun hal tersebut dapat mengganggu kerja dari CPU laptop Acer kamu. Karena secara otomatis tenaga yang dipakai pun jadi besar saat kamu membuka tab pada browser terlalul banyak.

Ketika tenaga yang dipakai besar biasanya temperature dalam laptop menjadi semakin panas dan jika dibiarkan akan berakibat overheat. Masalah pada laptop acer tersebut sangat fatal akibatnya, karena jika terjadi overheat beberapa hardware yang menempel pada mainboard lama kelamaan akan rusak elemennya.

Yang paling sering terkena imbasnya adalah konektor power dan socket keyboard. Jika hal tersebut terjadi, maka kamu dapat mengatasinya dengan cara cukup mengurangi tab browser yang sudah terbuka tersebut atau me-minimize browser sudah dapat menurunkan suhu panas dalam ruang CPU laptop.

7. Salah Memilih Cooling Pad

Alat yang satu ini cukup membantu menurunkan temperatur panas pada laptop. Namun kamu harus pintar dalam memilihnya karena jika asal, bukan dingin yang didapat tetapi suhu pada laptop bisa menjadi semakin panas.

Saat kamu akan membeli cooling pad sebaiknya perhatikan terlebih dahulu posisi lubang ventilasi laptop yang berada di bawah, kemudian pilih cooling pad dengan posisi kipas dibawah ventilasi laptop kamu.

Ada banyak pilihan bentuk dan model cooling pad di pasaran, jika ada pilih yang posisi kipasnya di kanan kiri cooling pad tersebut, agar udara panas yang berada di dalam laptop dapat keluar dengan cepat.

Tidak semua barang elektronik selalu memiliki kekurangan, di balik itu semua pasti ada sebuah kelebihan yang dapat menarik minat kamu untuk memilikinya. Yuk, simak beberapa keunggulan yang dimiliki oleh laptop Acer yang wajib kamu ketahui.

A. Desain Yang Menarik

Dalam membeli laptop tidak hanya sekedar memperhatikan spesifikasinya. Memang urusan spesifikasi jadi pertimbangan yang utama, namun perihal desain laptop tidak bisa diabaikan begitu saja.

Apalagi di zaman sekarang, sebagian besar masyarakat turut mempertimbangkan dari sisi desainnya. Untuk itulah Acer selalu berusaha mengedepankan konsep desain yang futuristik. Sejumlah produk terbarunya sangat cocok dengan generasi milenial karena memiliki tampilan yang menarik dan modis.

Bahkan untuk perangkat segmen entry-level di desain dengan tampilan yang cukup modern. Begitu pula untuk laptop kelas atas, desainnya tidak kalah apik dengan merek lainnya. Berbagai macam fitur pun sayang untuk dilewatkan.

Selain itu dari desainnya ini kita bisa melihat bahwa Acer selalu menghadirkan produk-produk yang dinamis dengan menawarkan berbagai pilihan warna menarik.

B. Harga Yang Bersahabat

Salah satu alasan banyak orang yang memilih laptop Acer tak lain karena harganya yang bersahabat. Bahkan di pasaran laptop, harga produk-produk dari Acer bisa dibilang paling murah diantara semua brand laptop.

Kamu bisa mendapatkan laptop yang memiliki spesifikasi tinggi dengan harga yang lebih terjangkau. Segmentasi harga laptop Acer yang tersedia sangat luas sehingga kamu bisa memilih laptop sesuai dengan kebutuhan dan isi dompet.

Mau mencari laptop dari harga murah hingga mahal bisa ditemukan dengan mudah. Meski memiliki harga yang lebih terjangkau, kualitas laptopnya tidak perlu diragukan lagi.

C. Service Support Yang Mudah Ditemukan

Salah satu hal yang terpenting dalam memilih merek laptop adalah layanan servicenya. Sebab akan terasa percuma bila membeli laptop berkelas dengan harga mahal apabila sulit menemukan layanan service supportnya.

Hal ini untuk menghindari sesuatu yang tidak terduga, walaupun laptop memiliki build quality kelas atas tetap ada risiko kerusakan. Jika kamu membeli laptop Acer, tidak perlu khawatir sebab Acer cukup terkenal karena memiliki pelayanan servis yang sangat baik.

Service center Acer sendiri begitu mudah dijumpai hampir di seluruh wilayah di Indonesia. Selain itu proses klaim garansinya juga tidak ribet. Dengan pelayanan yang memuaskan pastinya sahabat arena pun tidak akan dibuat kecewa.

D. Garansi Yang Ditawarkan Menarik

Garansi produk laptop Acer standarnya adalah selama 1 tahun. Namun, ada beberapa produk laptop Acer yang mendapatkan garansi selama 3 tahun. Semakin lama masa garansi, akan membuat konsumen semakin nyaman dan senang.

Guna menjawab tantangan dalam memenuhi kebutuhan konsumen dari berbagai kalangan, laptop Acer terus mencoba berinovasi dengan menghadirkan produk berkualitas dengan harga yang mampu dijangkau. Dari kelebihan yang dimiliki laptop Acer, apakah kamu tertarik memilikinya?

Berita Terkait