Gadget

Oppo Resmi Kenalkan HP Layar Gulung dan Kacamata AR Anyar, Ini Detailnya

Perusahaan mengklaim bahwa Oppo X 2021 adalah HP layar gulung pertama di dunia.

Dinar Surya Oktarini | Rezza Dwi Rachmanta

HP gulung OPPO X 2021. (Oppo)
HP gulung OPPO X 2021. (Oppo)

Hitekno.com - Pada hari ini (17/11/2020), Oppo INNO Day resmi digelar dengan acara pusat di Shenzhen, China. Perusahaan merilis sebuah produk futuristis termasuk HP layar gulung.

Tony Chen, pendiri dan CEO Oppo menjelaskan bahwa perangkatnya ini menggunakan paten eksklusif perusahaan dan diharapkan menjadi perangkat masa depan.

Oppo mengenalkan dua perangkat dan satu aplikasi yaitu Oppo AR Glass 2021, Oppo X 2021, serta teknologi Oppo CyberReal.

Mereka menjelaskan bahwa perusahaan lebih memilih mengembangkan HP layar gulung dibandingkan dengan HP layar lipat yang justru dianggap "konvensional".

Oppo X 2021 membawa layar OLED dengan ukuran 6,7 inci. Namun setelah ditarik ke samping, layar gulungnya bisa melebar dengan menyentuh ukuran hingga 7,4 inci.

Layar gulung Oppo X 2021. (Oppo Zoom Conference)
Layar gulung Oppo X 2021. (Oppo Zoom Conference)

 

Didukung oleh Powertrain Roll Motor milik Oppo, pelat 2-in-1 (yang mendukung kehadiran layar tanpa celah) dan laminasi layar Warp Track berkekuatan tinggi, perangkat ini memiliki layar yang dapat digulung bebas seperti scroll.

Aryo Meidianto selaku PR Manager OPPO Indonesia menjelaskan bahwa gerakan scroll ini mirip seperti pada roda tank atau backhoe.

Layar gulung Oppo X 2021 ketika ditarik. (Oppo Zoom Conference)
Layar gulung Oppo X 2021 ketika ditarik. (Oppo Zoom Conference)

 

"Perangkat Oppo X 2021 adalah puncak dari eksplorasi dan eksperimen, layar ponsel pada perangkat Oppo. Dalam prosesnya, Oppo telah mengumpulkan banyak pengalaman dan paten. Dalam pengembangan prototipe, Oppo telah mengajukan 122 paten, 12 di antaranya terkait mekanisme layar gulung," tulis Oppo pada keterangan resmi lewat Zoom Conference.

Teknologi serta perangkat pada Oppo INNO Day masih dalam tahap prototipe sehingga masih belum diketahui mengenai peluncuran secara komersial maupun harganya.

Perusahaan juga mengenalkan Oppo AR Glass 2021, sebuah kacamata AR yang diklaim lebih ringan serta minimalis dibandingkan generasi pendahulunya.

Oppo AR Glass 2021 hampir 75 persen lebih ringan jika dibandingkan generasi pendahulunya. Perusahaan mengklaim bahwa kacamata AR terbaru mereka dapat menawarkan sensasi seperti menonton layar 90 inci pada jarak 3 meter.

Oppo AR Glass 2021. (Oppo Zoom Conference)
Oppo AR Glass 2021. (Oppo Zoom Conference)

 

"Cahaya yang dipancarkan dari layar OLED 0,71 inci dibiaskan oleh spektroskop ke mata manusia, bersama speaker dengan amplitudo besar yang telah disesuaikan dan desain aksustik rongga belakang dengan model semi terbuka, menciptakan pengalaman menikmati home theater yang setara dengan menonton layar 90 inci pada 3 meter," tulis penjelasan resmi Oppo.

Tak hanya HP layar gulung dan kacamata AR, perusahaan juga mengenalkan Oppo CyberReal.

Itu adalah sebuah aplikasi Augmented Reality yang membangun dunia digital berdasarkan dunia fisik (nyata), dibuat berbasis pada teknologi Oppo Cloud.

Oppo CyberReal. (Oppo Zoom Conference)
Oppo CyberReal. (Oppo Zoom Conference)

 

"CyberReal itu paduan kompleks dari berbagai teknologi penginderaan. Untuk menentukan suatu posisi, CyberReal akan memanfaatkan status gabungan antara IMU (Inertial Measurement Unit), GPS, Wi-Fi, Bluetooth dan informasi jaringan," kata petinggi Oppo saat mempresentasikan CyberReal.

Perusahaan mengklaim bahwa Oppo CyberReal menawarkan penentuan lokasi berpresisi tinggi secara real-time yang memungkinkan pemosisian lebih tepat dibandingkan sebuah peta navigasi.

Oppo X 2021 yang diklaim merupakan HP layar gulung pertama di dunia serta Oppo AR Glass 2021 diyakini bakal menjadi perangkat masa depan dengan teknologi baru.

Berita Terkait